8 Ide Makanan Penutup untuk Merayakan Tahun Baru 2023

0
13652
dekorasi halloween

Pergantian tahun memang menjadi momen yang ditunggu banyak orang. Tidak heran bila di akhir tahun banyak orang yang menyiapkan berbagai masakan menarik buat disantap bersama keluarga, mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup. 

Bukan tanpa alasan, kita harus menyediakan makanan penutup khusus sebagai pencuci mulut. Soalnya, tahun baru pasti identik dengan menu bakar-bakar, seperti memanggang daging, sosis, dan ikan.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Ide Makanan Penutup yang Bisa Disajikan Saat Tahun Baru?

Yuk, buat momen pergantian tahun semakin berkesan dengan makanan penutup berikut ini. 

1. Es Buah

makanan penutup
sumber: resepkoki.id

Setelah puas makan berbagai menu bakar-bakaran, kamu bisa menyegarkan tubuh dengan menu es buah bersama kerabat dan orang tersayang. Tambahkan topping nata de coco sebagai pelengkap agar es buah terasa semakin nikmat.

Menu satu ini cocok buat kamu yang tidak mau repot. Cukup sajikan es buah di dalam satu wadah besar dan siapkan gelas-gelas kecil, seperti rekomendasi kami berikut ini.

wadah makanan penutup
Kris Set 26 Pcs Wadah Saji Minuman

Beli di sini

2. Macaroon

makanan penutup
sumber: unsplash.com

Macaroon merupakan kue kering manis yang bagian luarnya bertekstur renyah, dan lembut pada bagian dalamnya. Kue satu ini memiliki bentuk bulat dan berbagai warna yang cantik.

Tidak heran kalau makanan satu ini kerap menarik perhatian banyak orang. Susun macaroon di atas nampan  saji agar terlihat lebih menggiurkan, seperti berikut

Baca Juga:   10 Menu Makanan Takjil yang Lezat dan Tanpa Minyak
nampan makanan penutup
Krishome Wadah Saji Marble 2 Tingkat

Beli di sini

3. Dessert Box

makanan penutup
Sumber: Bella Watson

Belakangan ini, dessert box menjadi sangat populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya berisi puding dan kue tiramisu. Ada juga yang membuat biskuit pada bagian bawahnya, kemudian dilapisi cream dengan tekstur lembut.

Kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, lho. Tentunya, hidangan penutup satu ini sangat nikmat sehabis menyantap menu tahun baru.

makanan penutup

4. Moci Isian Buah

mochi
sumber: nm_meiyee

Tidak hanya berisi stroberi, moci yang memiliki tekstur kenyal ini juga bisa dinikmati dengan berbagai isian buah lainnya, seperti, mangga, kiwi, dan lain-lain.

Kamu perlu menikmatinya dalam keadaan dingin setelah bersantap agar terasa lebih lezat. Sajikan moci di wadah estetik berikut ini.

wadah makanan penutup
Appetite Set 3 Pcs Nebula Wadah Saji Dengan Nampan

Beli di sini

5. Panna Cotta

panna cotta
sumber: unsplash.com

Sekilas, panna cotta memiliki bentuk menyerupai puding. Namun, makanan yang berasal dari Italia ini terbuat dari krim manis yang harus kamu kentalkan dengan gelatin dan masukkan ke dalam botol kecil. Lalu, dinginkan di dalam kulkas agar terasa lebih lezat.

Teksturnya lembut dan ringan di mulut, membuatnya sangat nikmat bila kamu jadikan makan penutup. Apalagi, setelah menyantap berbagai hidangan berat.

6. Chocolate S’mores

makanan penutup
sumber: unsplash.com

Chocolate s’mores merupakan biskuit yang dibuat dengan isian berupa lapisan coklat dan marshmallow leleh. Makanan satu ini sangatlah populer di Amerika dan Kanada.

Selain mudah dibuat, makanan penutup ini pastinya akan disukai anak-anak karena rasa manis dan tekstur lembutnya. Kamu bisa membuatnya di rumah dengan menyiapkan biskuit dan lelehkan marshmallow sebagai isian.

Baca Juga:   4 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Eco-Friendly

7. Choco Lava Cake

lava cake
sumber: unsplah.com

Seperti gunung meletus yang memiliki lava, makanan ini memiliki saus coklat leleh pada bagian dalamnya. Bagian tengah pada kue inilah, yang membuat choco lava cake populer di seluruh penjuru dunia.

Gunakan piring kecil estetik untuk menyajikannya agar hidangan terasa semakin menggiurkan.

makanan penutup
Kris 20 Cm Piring Dessert Porcelain Coupe

Beli di sini

8. Yoghurt atau Es Krim

makanan penutup
sumber: unsplash.com

Makanan penutup terakhir ini mudah kamu cari, menyegarkan, dan disukai oleh siapa saja. Bila kamu ingin sesuatu yang cepat dan instan,  hadirkan yoghurt atau es krim sebagai hidangan penutup.

Kamu bisa membuat beberapa varian rasa, mulai dari milky hingga rasa buah-buahan sebagai pilihan. Tentu, rasanya akan sangat menyegarkan di mulut.

Itu dia beberapa makanan penutup yang bisa kamu hidangkan di perayaan malam tahun baru.

Agar hidangan penutup terlihat lebih menarik, kamu bisa menatanya dengan berbagai alat makan cantik yang bisa dibeli melalui ruparupa.com.

Dapatkan peralatan makan hemat hingga 50%
klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menjual berbagai peralatan rumah tangga, furnitur, dekorasi, hingga peralatan berkebun dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.