9 Menu Natal dan Tahun Baru Khas Indonesia

0
8701

Tidak terasa aroma natal dan tahun baru mulai semakin dekat nih. Pastinya perayaan ini merupakan momen penting untuk kamu berkumpul dan merayakan acara ini bersama keluarga maupun kerabat dekatmu. Meskipun perayaan penting seperti natal di setiap negara pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun, tradisi makan malam bersama merupakan momen yang tidak akan pernah terlewatkan di belahan dunia manapun. Tak heran lagi jika banyak yang menunggu momen ini untuk menikmati beragam menu hidangan spesial khas natal.

9 Menu Natal dan Tahun Baru Khas Indonesia

Selain momen doa bersama, pastinya acara natal tidak akan terlepas dari kumpul bersama sambil menyantap makanan bersama. Nah, kira-kira kamu sudah ada ide mau masak apa belum? Kalau belum, ini saatnya kamu mencoba berbagai menu rangkaian makanan cita rasa khas Indonesia yang pastinya enak banget. Penasaran kan? Yuk simak inspirasi menu hidangan lezat untuk menemani momen santapan natal kalian!

Ruparupa Banner

Klappertart

klappertaart
Sumber: instagram/@imeldasel

Kuliner khas Manado memang tak pernah mengecewakan lidah. Salah satunya adalah kue Klappertaart yang merupakan makanan dari peninggalan zaman pendudukan Belanda di Manado. Secara harafiah, klappertaart memiliki makna kue kelapa. Sesuai namanya, kue ini terbuat dari bahan dasar utama parutan kelapa dengan campuran susu, terpung terigu, telur, dan mentega.

Klappertaart dapat diolah menjadi dua jenis hidangan yaitu, klappertaart panggang dan kukus. Umumnya, klappertaart akan disajikan pada wadah cetakan alumunium foil. Tujuannya untuk membantu menahan suhu panas saat proses pemanggangan maupun menjaga komponen rasa saat diletakkan di chiller.

Untuk cara pembuatannya, klappertaart panggang biasanya menggunakan roti dan menghasilkan potongan padat layaknya kue basah. Sedangkan klappertaart kukus akan menghasilkan tekstur kue lembut bak puding dan gampang meleleh. Untuk menambah cita rasa khas yang wangi, kamu dapat menambah taburan kacang kenari, bubuk kayu manis, kismis, dan irisan kacang almond pada permukaan atasnya.

Ayam rica-rica

Sumber: greatnesia.id

Menu ayam rica dengan cita rasa pedas khas Manado memang memiliki tampilan yang sangat menggugah selera. Makanan khas Manado yang satu ini terbuat dari olahan cabe merah dan beberapa bumbu rempah asli Indonesia untuk menghasilkan cita rasa khas yang pedas dan gurih secara bersamaan. Proses pembuatannya tergolong mudah dan sederhana, kamu cukup menghaluskan bumbu rempah yaitu kunyit, jahe, serai, cabai merah, bawang putih, gula dan garam secara bersamaan dengan chopper. Selanjutnya, kamu tinggal mengukus ayam dan menambah penyedap rasa sesuai seleramu. Kunci dalam pembuatan ayam rica adalah fissler panci presto khusus agar bumbu dapat meresap dan menghasilkan tekstur ayam yang lembut.

Baca Juga:   15 Rekomendasi Hadiah Tukar Kado di Bawah Rp100 Ribu
fissler panci presto Dapatkan panci presto kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com

Babi panggang

Sumber: thespruceeats.com

Pada beberapa wilayah di Indonesia seperti Bali dan Manado memang kerap menyajikan babi panggang sebagai salah satu hidangan khas natal. Biasanya proses pembuatan babi panggang membutuhkan waktu yang lama dengan proses guling manual dengan arang hingga matang merata. Kini, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi. Kamu dapat dengan mudah dan praktis menyajikan babi panggang dengan menggunakan air fryer.

Proses penyajiannya juga sangat singkat. Pertama, kamu dapat memilih bagian pork belly atau dikenal dengan samchan. Bagian ini cenderung akan memberikan tekstur garing dan juicy yang lezat dari perpaduan kulit dan juga lapisan lemak daging di bawahnya. Kemudian, kamu dapat meletakkannya ke dalam air fryer secara polos ataupun menambahkan bumbu optional seperti penyedap rasa, garam, dan lada. Selanjutnya? Voila! Daging samchan crispy siap disantap.

Bagaimana? Praktis bukan? Kamu tidak perlu pusing menyediakan aneka bahan dan menghabiskan waktu saat menunggu proses pemangganan. Selain itu, air fryer sendiri cenderung lebih sehat karena mengurangi penggunaan minyak berlebih di dalam makanan. Dengan ini kamu dapat menikmati santapan lezat dan juga sehat secara bersamaan.

 

Dapatkan Klaz Air Fryer berkualitas hanya di Ruparupa.com

Ikan bumbu kuning

Sumber: resepedia.id

Heemm.. Hanya dengan melihat gambarnya, kita sudah bisa membayangkan nikmatnya aroma rempah pada menu yang satu ini. Warna kuning yang menonjol disini berasal dari perpaduan kunyit dan rempah-rempah lain seperti kemiri, bawang, jahe, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pemilihan jenis ikan bumbu kuning, kamu dapat menggunakan ikan gurame, kembung, bandeng, tenggiri, kakap, ataupun ikan patin.

Jika kamu ingin membuat hidangan yang praktis tanpa perlu repot meracik bumbu sendiri, kini bumbu kuning juga tersedia dalam kemasan bungkusan di pasar ataupun supermarket. Untuk menikmati ikan bumbu kuning khas Ambon ini, kamu bisa mencoba menyantapnya dengan nasi hangat dari ricecooker ataupun menggunakan papeda.

Sate ayam panggang

Sumber: flickr.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas nusantara yang satu ini? Selain untuk santapan sehari-hari, rupanya sate juga sering menjadi menu andalan pada perayaan natal di Indonesia. Meskipun tampilannya yang terlihat sederhana, namun soal rasa jangan diadu. Makanan yang cukup populer ini membutuhkan tiga tahapan proses pembuatan, yakni marinasi bumbu rempah, pemanggangan, dan terakhir adalah olesan kecap.

Sumber: kitchenesia.grid.id

Untuk membawa hidangan kamu to the next level, kamu dapat menyajikan sate bersamaan dengan bumbu kacang tanah klasik. Daripada membelinya dari pedagang kaki lima atau restoran, kamu bisa mencoba untuk membuat sate nikmat, lezat, dan sederhana sendiri ala rumahan, loh. Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini telah beredar bumbu kacang kamasan yang pastinya tidak kalah enak dengan jajanan luar.

Baca Juga:   12 Tema Pohon Natal Unik untuk Di Rumah Anda

Kue lappet atau lampet

Sumber: cookin.id

Camilan khas Sumatera Utara yang satu ini pastinya sudah tidak asing dilihat kan. Kue ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kue lampet beras dan pulut. Jajanan tradisional kue lampet akan dikukus dengan balutan lapisan daun pisang untuk menahan adonan agar tidak mudah hancur. Berdasarkan jenisnya, lampet beras terbuat dari bahan utama tepung beras dengan isian parutan kelapa dan juga gula merah. Rasa unik yang asin manis ini sangat cocok bila disajikan dalam keadaan hangat.

Sumber: cookandrecipe.com

Sedangkan lampet pulut menggunakan bahan utama tepung ketan dengan isian yang sama. Namun, biasanya kue lampet pulut dapat disajikan dengan cara yang sedikit berbeda, yakni dengan menambahkan campuran labu atau ubi ungu sebagai pewarna alami pada bagian luarnya.

Ikan bumbu arsik

Sumber: Instagram.com/@fajarirwan

Gurih pedas dari ikan bumbu arsik memang selalu menjadi makanan andalan perayaan natal di Sumatera Utara. Cita rasa khas yang kompleks  ini berasal dari perpaduan ragam rempah yang digabungkan menjadi satu. Namun, kunci utama bumbu dari masakan arsik ini rupanya adalah andaliman. Tak perlu diragukan lagi, rasa yang dihasilkan pun pastinya akan terasa campuran sensasi pedas, gurih, segar, dan aroma makanan yang menggugah selera.

Sup brenebon

Sumber: resepkekinian.com/ photo by @icha.irawan

Lagi-lagi menu masakan natal asal Manado yang memang tidak pernah gagal membuat nafsu makan bertambah. Sup brenebon memiliki isian daging/iga sapi atau daging babi bercampur dengan kacang merah dan kuah kaldu kental yang hangat. Selama proses penyajiannya, kamu membutuhkan fissler panci presto hingga daging benar-benar empuk dan matang secara merata. Untuk topping sajian sendiri dapat kamu sesuaikan dengan seleramu, seperti tambahan wortel, tomat iris, dan jeruk sambal.

Itu dia inspirasi menu hidangan lezat khas Indonesia yang cocok untuk memeriahkan santapan Natal dan tahun barumu. Untuk mempermudah proses pembuatan hidangan spesialmu, berikut kamu hadirkan sejumlah rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu coba.

Kris Oven 21 ltr
Dapatkan Celcio & Co Pemanggang Arang Bbq Portabel Berkualitas di Ruparupa.com
Ataru chopper manual hanya Rp 64.900
Kris chopper mini

Selain menyediakan peralatan kebutuhan memasak, Ruparupa.com juga menyediakan furnitur serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Tunggu apalagi? Saatnya kamu mengunjungi Ruparupa.com dan dapatkan semua kebutuhan rumahmu dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.