5 Kelebihan Alat Masak Kayu yang Perlu Kamu Ketahui

0
611
Sumber: ruparupa.com

Memiliki peralatan dapur estetik dilengkapi dengan peralatan menawan, siapa yang tidak mau? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat masak kayu. Tidak hanya estetik, ternyata ada banyak kelebihan menggunakan alat masak kayu, lho.

Apalagi, alat masak kayu cenderung lebih murah dibandingkan dengan bahan lainnya, seperti silikon. Selain itu, peralatan dengan bahan ini juga ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

Ruparupa Banner
Sumber: pexels.com

Lalu, Apa Saja Kelebihan Alat Masak dari Kayu?

Agar kamu tidak ragu lagi untuk membeli peralatan masak dari kayu, simak beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Bahan Kayu Tahan Panas

Ketika masak, kita pasti akan menggunakan api yang memakai suhu panas. Jika menggunakan peralatan masak plastik, tentu akan beresiko meleleh. Sedangkan kalau memakai bahan logam, maka ganggangnya akan terasa sangat panas.

Nah, berbeda dengan alat masak kayu yang tidak menghantarkan panas. Meskipun didiamkan dalam suhu tinggi, alat masak kayu tidak akan meleleh, hancur, atau panas. Jadi, lebih aman digunakan saat memasak.

2. Bahan Kayu Tidak Menggores Permukaan Panci

Punya panci anti lengket? Tentu, salah satu perawatan yang harus kita lakukan adalah tidak menggunakan spatula logam.

Soalnya, hal tersebut bisa menyebabkan lapisan anti lengket panci terkelupas. Bila dibiarkan, lapisan tersebut akan termakan dan membahayakan kesehatan kita.

Nah, bila kita menggunakan spatula dari kayu yang permukaannya halus, maka bisa menjaga lapisan anti lengket panci tidak tergores. 

3. Kayu Adalah Bahan Non-reaktif

Kelebihan berikutnya adalah sifat alat masak ini yang non-reaktif. Bahan kayu tidak akan bereaksi dengan asam dalam makanan sehingga tidak akan mengeluarkan bahan kimia berbahaya.

Cooking Color Chirou Set Alat Masak Dengan Tempat

Beli di sini

Krischef Sendok Masak Kayu Solid

Beli di sini

4. Bahan Kayu Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, alat masak kayu juga termasuk ramah lingkungan. Soalnya, kayu adalah bahan alam yang terbarukan, dapat terurai, dan tidak beracun. Tentu saja hal tersebut bisa menjadi alasan kuat untuk memilih alat masak kayu. 

Baca Juga:   20 Ide Desain Dapur Minimalis 3x3 yang Tampak Mewah

5. Bahan Kayu Memiliki Desain yang Indah dan Tahan Lama 

Selain itu, bahan kayu juga sangat kuat dan tahan lama asalkan dirawat dengan benar. Peralatan masak kayu bisa menahan suhu yang panas tanpa meleleh atau rusak.

Namun, pengamplasan secara rutin bisa membantu mengurangi bekas bakar atau noda yang menempel. 

Culinart Olive Spatula Kayu Solid – Natural

Beli di sini

Itu dia 5 kelebihan memiliki peralatan masak bahan kayu. Dengan menggunakan peralatan makan dari kayu, kamu juga bisa mendapatkan suasana dapur minimalis yang alami. Jadi, apakah kamu semakin tertarik untuk memakai peralatan masak kayu?

Nah, jika kamu sedang mencari peralatan masak berbahan kayu, kamu bisa kamu temukan mudah hanya di ruparupa.com.

Di situs belanja online ini, kamu juga bisa menemukan berbagai model perabot rumah tangga kekinian dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

#BerawalDariRumah, masakan yang nikmat akan selalu dirindukan. Yuk, pastikan kamu memakai alat masak berkualitas.