10 Peralatan Dapur Esensial yang Wajib Ada di Rumah

0
2553
Sumber: Unsplash.com

Pindah ke rumah baru pasti membutuhkan banyak persiapan. Selain perabot, ada juga peralatan dapur esensial yang sudah harus tersedia di rumah. Jadinya, kita pun bisa lebih mudah untuk memasak.

Kamu tidak harus langsung memiliki semua perabot di dapur. Namun, kamu bisa mengisi dapur secara perlahan dari peralatan dapur esensial terlebih dahulu.

Ruparupa Banner

Apa Saja Perlengkapan Dapur Esensial Wajib di Rumah?

Agar kamu bisa memilih peralatan dapur yang harus di dahulukan terlebih dahulu, kamu bisa cek daftar alat masak dan perlengkapan makan berikut ini.

1. Kompor

Untuk memasak di dapur, pasti kamu membutuhkan kompor. Sekarang, kamu bisa menemukan kompor gas dan listrik dengan mudah.

Biasanya, satu rumah memiliki setidaknya 2 tungku kompor. Semakin banyak tungku kompor, maka semakin cepat dan mudah untuk memasak banyak hidangan. Bahkan, sekarang ada kompor yang terdiri dari 3-4 tungku.

Namun, kamu perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan kompor. Bila menggunakan kompor gas, pastikan gas terpasang dengan rapat dan benar, sehingga tidak terjadi kebocoran gas yang bisa berakibat fatal.

Sedangkan bila kamu menggunakan kompor listrik, hindari mengubah suhu secara ekstrim, terutama ketika kompor sedang di suhu tinggi. Soalnya, kompor listrik butuh waktu untuk mengatur suhu.

Bila kamu sedang mencari kompor gas dan kompor listrik berkualitas dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkanya hanya di ruparupa.com, seperti rekomendasi kami berikut ini.

peralatan dapur wajib
Kris Kompor Induksi 2 Tungku 3500w

Beli di sini

peralatan dapur wajib
Rinnai Kompor Gas 2 Tungku Ri-302s – Hitam

Beli di sini

2. Wajan dan Panci

Peralatan dapur berikutnya yang wajib ada di rumah adalah wajan dan panci. Kedua alat masak ini menjadi prioritas utama untuk ada di dalam dapur.

Namun, bentuk wajan dan panci berbeda, lho. Biasanya, wajan berbentuk setengah lingkaran yang cekung dan memiliki dua telinga sebagai pegangan. Alata masak ini digunakan buat menumis dan menggoreng.

Sementara itu, panci berbentuk silinder, yang biasanya sudah disertai penutup dan memiliki dua telinga juga sebagai pegangan. Biasanya, panci digunakan untuk merebus, mengukus, atau menggoreng.

Baca Juga:   5 Tips Beli Kulkas Buat di Rumah Baru

Nah, kamu bisa menggunakan wajan dan panci seperti rekomendasi kami di bawah ini.

Krischef 40 Cm Wajan Enamel – Hitam

Beli di sini

Selma 24 Cm Paris Panci Casserole – Abu-abu Tua

Beli di sini

3. Spatula

Spatula adalah alat masak berfungsi untuk mengaduk dan meratakan bahan makanan yang ada di wajan, teflon, atau panci sekalipun. Bahan spatula ada yang terbuat dari  kayu, stainless steel, silikon, dan nilon.

Bila kamu suka memasak di wajan yang terbuat dari aluminium, maka kamu bisa menggunakan spatula stainless steel.

Namun, kalau memasak di teflon yang memiliki lapisan anti lengket, lebih baik gunakan spatula dari kayu atau silikon ,seperti di bawah ini.

Krischef Spatula Turner Nilon

Beli di sini

4. Blender

Peralatan dapur berikutnya yang wajib disiapkan di rumah adalah blender. Selain bisa membuat jus buah, kmau bisa memakai blender untuk menghaluskan bumbu.

Namun, jenis blender dibedakan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, hand blender, yang bisa digunakan untuk menghaluskan bahan makanan atau full size blender, yang bisa kamu gunakan untuk membuat jus.

Nah, kami punya rekomendas blender terbaik yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

jenis blender
Novis Pro Blender 1.9 Ltr – Merah

Beli di sini

5. Cobek

Cobek adalah alat masak tradisional yang terdiri dari dua benda, yaitu mangkuk atau piring dan yang lainnya adalah alat ulek berbentuk bulat agak panjang.

Alat ini biasanya digunakan untuk menggiling, menumbuk, menguleng, dan mencampur bahan-bahan makanan. Selain itu, cobek kerap digunakan untuk membuat bumbu, jamu, atau sambal.

Alat daput satu ini harus terbuat dari bahan yang keras ,seperti kayu, batu, keramik, atau logam. Namun, di Indonesia sendiri cobek dari batu alam atau batu vulkanik adalah yang paling umum digunakan.

Nah, kami juga punya rekomendasi cobek dari kayu yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

Cooking Color Prun Cobek & Ulekan Kayu

Beli di sini

6. Alat parut

Perlengkapan dapur wajib selanjutnya adalah alat parut. Benda ini digunakan untuk memotong, mengiris, atau menghaluskan bahan makanan.

Biasanya, dalam satu alat parut sudah tersedia 4 jenis pisau parutan yang berbeda bentuk. Jadinya, kamu cukup menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut rekomendasi alat parut yang bisa kamu gunakan di rumah.

 

peralatan dapur di rumah
Krischef Parutan Mini

Beli di sini

alat dapur di rumah
Cooking Color Prun Parutan 4 Sisi – Abu-abu

Beli di sini

7. Alat Penghancur Bawang

Alat dapur satu ini dijamin bisa menghemat banyak waktu kamu. Pasalnya, bawang adalah bumbu dapur yang akan banyak digunakan untuk memasak.

Baca Juga:   5 Cara Memilih Kipas Angin yang Tepat

Dengan penghancur bawang, kamu tidak perlu lagi mencincang bawang dengan pisau yang bisa memakan waktu lama. Kalau pakai alat penghancur bawang, hanya dibutuhkan beberapa detik saja. Nah, berikut rekomendasi alat penghancur bawang berkualitas.

peralatan dapur esensial
Joseph-joseph Duo Penghancur Bawang – Merah

Beli di sini

8. Air Fryer

Nah, perabot dapur satu ini bisa membantu kamu membuat menu makanan praktis. Salah satu olahan mudah dengan air fryer adalah hidangan ayam agar lebih krispi.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memasak dengan air fryer. Misalnya, tidak memasukkan terlalu banyak makanan, tidak menggunakan terlalu banyak atau sedikit minyak, dan potongan makanan tidak terlalu kecil.

Selain itu, ada juga beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer, seperti makanan basah, olahan tepung, dan nasi.

alat masak praktis
Philips 4.1 Ltr Air Fryer Hd9252/90 – Hitam

Beli di sini

9. Toaster

Buat kamu yang ingin lebih cepat saat membuat sarapan, kamu wajib punya alat toaster. Kamu bisa menggunakan toaster untuk memanggang roti tawar menjadi lebih renyah dan enak.

Cara merawat toaster pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencabut colokannya ketika tidak digunakan. Biasanya, toaster memiliki baki untuk menampung remah roti.

Untuk itu, kamu perlu rutin membersihkan baki, lalu buang remah-remah yang masih ada dalam sela toaster dengan cara membalikannya.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi toaster yang bisa kamu gunakan di rumah.

peralatan dapur
Kels Harwin Toaster – Putih

Beli di sini

10. Teko Listrik

Peralatan dapur yang praktis dan wajib ada di rumah untuk merebus air adalah teko listrik. Alat ini bisa mempercepat membuat air mendidih untuk masak dan juga membuat minuman hangat.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi teko listrik yang bisa kamu gunakan di rumah.

Kels 1 Ltr Hudson Teko Listrik – Hitam

Beli di sini

Itu dia peralatan dapur esensial yang wajib ada di dapur kamu. Bila kamu sedang mencari perlengkapan rumah tangga dan perabot untuk mengisi dapur, kamu bisa menemukannya dengan mudah hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyiapkan berbagai perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi, di situs belanja online ini.