Apa Itu Kain Tenun Sikka? Ini Jawaban dan Rekomendasi Produknya

0
2421
kain tenun sikka
Sumber: Instagram @pendopoindonesia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia identik dengan suku, tradisi, dan kebudayaan yang bermacam-macam. Salah satu warisan budaya Indonesia yang cukup terkenal hingga mancanegara adalah kain tenun tradisional.

Kain tenun adalah kain yang dibuat dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Di Indonesia, kain tenun yang mempunyai nilai estetika di cukup tinggi pun beragam, seperti kain Ulos, Songket, dan Sikka.

Ruparupa Banner

Nah, kali ini, kami akan membahas salah satu kain tenun yang populer, yaitu kain tenun Sikka.

Apa Itu Kain Tenun Sikka?

Kain Sikka adalah kain tenun yang menjadi tradisi turun-temurun di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Jenis kain ini banyak digunakan untuk pakaian sehari-hari, mahar, dan busana saat upacara adat.

Kamu bisa menemukan banyak motif menarik yang sarat makna pada kain tenun Sikka. Sebagai contoh, ada Utang Sesa We’or atau kain Sikka dengan gambar burung murai berpasangan yang biasa digunakan oleh pengantin.

Mengutip dari kemendikbud.go.id, motif kain Sikka yang sudah diakui sebagai Hak Kekayaan Intelektual sampai saat ini berjumlah 52.

Karena melalui proses yang cukup panjang, durasi pembuatan kain tenun Sikka pun umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan.

motif kain tenun sikka
Motik kain Sikka yang estetik dan sarat akan makna.

Rekomendasi Produk Kain Tenun Sikka

Tidak melulu berbentuk kain, kain Sikka juga banyak diproduksi menjadi barang kebutuhan sehari-hari, seperti berikut ini.

Baca Juga:   Anda Termasuk Beruntung Jika Punya 6 Kartu Debit/Kredit Ini

1. Tas Serut dari Kain Tenun Sikka

Tas serut yang terbuat dari kain Sikka ini mempunyai ukuran sekitar 30 x 20 x 5 cm. Jadi, kamu bisa memakai serut ini untuk membawa handphone, dompet, dan barang-barang lainnya saat sedang berpergian.

tas serut kain sikka
Pendopo Sikka Tas Serut 1122

Beli di sini

2. Sandal dari Kain Tenun Sikka

Kamu juga bisa bikin penampilan lebih stylish dengan sandal selop motif Sikka ini. Karena ringan dan cukup empuk, sandal selop ini dapat kamu padukan dengan gaya busana formal dan informal.

 

sandal selop kain sikka
Pendopo Sikka Pilv Sandal 1122

Beli di sini

sandal selop sikka
Pendopo Sikka Lala Sandal 1122

Beli di sini

3. Kalung Lilit Sikka

Kain Sikka juga hadir dalam berbagai aksesori seperti kalung di bawah ini. Kalung lilit Sikka berukuran 20 x 5 x 5 cm ini terbuat dari bahan terbaik sehingga aman dan lembut di kulit. Selain itu, kalung ini juga awet dan aman untuk digunakan sehari-hari.

kalung lilit kain sikka
Pendopo Sikka Kalung Lilit Kain 0922

Beli di sini

4. Anting Lilit Sikka

Selain kalung, ada pula anting lilit yang terbuat dari kain Sikka. Desain anting berukuran 10 x 5 x 2 cm ini cukup menarik sehingga bisa kamu pakai saat ke acara pesta dan berkumpul bersama teman serta kerabat.

anting lilit kain sikka
Pendopo Sikka Anting Lilit Kain 0922

Beli di sini

5. Rompi dari Kain Sikka

Rompi dengan lebar bahu mencapai 33 cm ini mempunyai tampilan yang modis. Apalagi, rompi ini terbuat dari bahan katun berkualitas sehingga nyaman ketika dikenakan.

Baca Juga:   5 Tips Jitu Memilih Warna Cat Tembok Rumah yang Cocok

Karena desainnya yang stylish, rompi Sikka ini bisa kamu padukan dengan berbagai jenis bawahan.

 

rompi sikka
Pendopo Sikka Rompi Wanita Tm02 1122

Beli di sini

rompi kain sikka
Pendopo Sikka Rompi Wanita Tm05 1122

Beli di sini

6. Gaun Sikka

Kami juga menyediakan gaun Sikka dengan panjang 110 cm dan 125 cm buat kamu yang ingin tampil elegan. Tenang saja, tekstur gaun ini halus, lembut, dan ringan ketika digunakan.

 

gaun sikka
Pendopo Sikka Dress Sm Tm01 1122 – Cokelat

Beli di sini

gaun kain sikka
Pendopo Sikka Long Dress Sleeveless 1122

Beli di sini

7. Kemeja Sikka Pria

Selain pakaian dan aksesoris untuk wanita, kamu juga bisa menemukan kemeja pria yang menawan dari kain Sikka.

Kemeja dengan lingkar dada 110 cm dan lebar bahu 47 cm ini hadir dalam dua pilihan, yakni kemeja lengan pendek dan lengan panjang. Tentunya, kamu dapat menggunakan kemeja Sikka buat ke kantor dan acara formal lainnya.

 

kemeja kain sikka
Pendopo Ukuran M Sikka Kemeja Pendek Ikt05 1120

Beli di sini

kemeja sikka
Pendopo Ukuran M Sikka Baju Atasan Pria Ikt03 1120

Beli di sini

 

Nah, itu dia berbagai produk kain tenun Sikka dari Pendopo yang bisa kamu dapatkan melalui ruparupa.

dapatkan produk khas nusantara lainnya hemat hingga 70% klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga, produk khas Nusantara, dan mainan anak dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu Informa, ACE, Selma, Pendopo, Ataru, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.