6 Tips Dekorasi Ruang Belajar Anak Agar Lebih Nyaman

0
1506
ruang belajar anak

Anak yang masih berusia dini akan lebih mudah terdistraksi selama belajar. Untuk itu, kamu perlu menciptakan ruang belajar khusus di rumah biar si kecil jadi lebih konsentrasi dan termotivasi selama mengerjakan tugasnya. 

Tak hanya itu, ruang belajar juga bisa memberikan privasi dan ketenangan, lho!  Jadinya, mereka bisa bebas bereksperimen tanpa merasa diganggu.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Ruang Belajar?

Yuk, simak beberapa hal berikut ini.

1. Gunakan Palet Warna Cerah

ruang belajar anak
Ruang belajar anak berwarna cerah

Cek inspirasi

Saat mendekorasi ruang belajar untuk si kecil, hindari memakai palet warna gelap karena bisa menciptakan suasana yang gelap. 

Sebaiknya gunakan palet warna cerah, seperti biru, hijau, kuning, merah muda, oranye, dan ungu.  Soalnya, warna cerah bisa merangsang imajinasi anak, memberikan efek menyegarkan, dan menstimulasi kreativitas si kecil.

2. Pakai Kursi dan Meja Belajar Ergonomis

ruang belajar anak
Gunakan kursi belajar ergonomis untuk mendukung pembelajaran

Cek inspirasi

Meja dan kursi yang nyaman akan meningkatkan produktivitas si kecil dalam belajar.  Bila anak berusia 2-6 tahun, kamu bisa menggunakan kursi belajar plastik dengan warna-warna yang terang. 

Sedangkan anak yang sudah menginjak usia 8 tahun ke atas, pilihlah kursi dan meja ergonomis untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan postur tubuh mereka, ya. 

Kursi ergonomis biasanya memiliki penyangga punggung dengan pengatur ketinggian yang bisa diatur. Jadi, mereka tidak mudah pegal ketika belajar.

Selain itu, pastikan ukuran meja sesuai dengan tinggi badan anak supaya posisi duduk mereka lebih leluasa saat belajar. 

3. Siapkan Rak Penyimpanan

ruang belajar anak
Pilih rak tingkat untuk menyusun perlengkapan belajar

Cek inspirasi

Nah, kamu juga perlu nih menyiapkan rak penyimpanan untuk meletakkan buku dan alat tulis. Pilih jenis rak tingkat dan susun semua perlengkapannya secara teratur biar tidak berantakan, ya.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Alat Kebersihan Elektronik Hemat Hingga 60% di Home Living Week ruparupa

Cukup letakkan barang-barang yang paling sering digunakan di bagian paling depan atau dalam jangkauan, seperti buku pelajaran dan kamus. Sedangkan untuk alat tulis, kamu bisa menyimpannya ke dalam tempat khusus.

4. Tambahkan Lampu Meja

Eglare Lampu Meja Led Cct 8w - Putih
Gunakan lampu meja untuk mendukung pembelajaran si kecil

Cek inspirasi

Cahaya alami memang jadi opsi terbaik untuk mengurangi risiko sakit mata selama mereka belajar. 

Namun, kamu tetap perlu meletakkan lampu meja agar si kecil bisa membaca, menulis, dan menggambar dengan lebih mudah.

Pilih lampu dengan tingkat kecerahan yang bisa diatur untuk membantu menciptakan suasana kondusif, ya.

5. Gunakan Penyejuk Ruangan

air cooler
Pasang air cooler untuk menyejukkan ruang belajar

Cek inspirasi

Biar si kecil tidak kegerahan selama belajar, pastikan juga kamu memasang penyejuk ruangan. 

Kamu bisa nih memakai air cooler karena sudah dilengkapi filter udara untuk membantu menyaring partikel debu, allergen, dan polutan lainnya. 

Jadinya, kualitas udara di ruang belajar akan lebih meningkat, sehingga bisa menjaga kesehatan paru-paru mereka.

6. Letakkan Tanaman Hijau di Sudut Ruangan

ruang belajar anak
Tanaman hijau bisa menghasilkan oksigen yang bagus untuk anak

Cek inspirasi

Tanaman hijau memiliki kemampuan alami untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Jadinya, si kecil akan merasa lebih segar dan nyaman selama belajar. 

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kehadiran tanaman hijau di sekitar anak bisa meningkatkan konsentrasi, pemikiran kreatif, dan produktivitas belajar mereka, lho!

Nah, itu dia enam tips dekorasi ruang belajar anak yang bisa kamu terapkan. 

Baca Juga:   Tutorial Belanja di ruparupa.com Pakai Metode Scan and Shop

Intinya, ruang belajar anak yang nyaman bukan hanya tentang tata letak furniturnya, tetapi juga mencerminkan minat dan kepribadian si kecil.

Tak perlu khawatir, semua perlengkapan ruang belajar anak di atas bisa kamu beli melalui situs belanja ruparupa, lho! 

Hanya di ruparupa, kamu bisa menemukan aneka perabot dan peralatan rumah tangga berkualitas dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, Toys Kingdom, Krisbow, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi. 

Biar kamu bisa belanja dengan lebih hemat, gunakan voucher dari JULO senilai Rp100 ribu tanpa minimal belanja. Promo ini hanya berlaku dari tanggal 15-31 Mei 2023, lho! Yuk, belanja sekarang juga!

promo julo

JULO adalah perusahaan finansial teknologi inovatif yang bertujuan untuk memberikan solusi akses kredit digital kepada masyarakat di Indonesia, melalui basis aplikasi smartphone.

Didirikan pada akhir tahun 2016, pinjaman JULO saat ini dapat diakses di seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan JULO berbasis di Jakarta dan didukung oleh perusahaan-perusahaan modal ventura terkemuka. JULO secara resmi mengantongi izin usaha penyelenggara layanan sesuai surat OJK nomor KEP-16/D.05/2020 pada 19 Mei 2020.

JULO telah di download oleh lebih dari 10 juta pengguna dan telah menyalurkan kredit digital kepada 1 juta nasabah di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut terkait JULO, silakan kunjungi website kami di https://julo.co.id.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.