5 Kelebihan Bahan Katun Sebagai Kain Kebaya

0
2678
kelebihan bahan katun untuk kebaya
Sumbr: gayamadha.com

Memiliki acara penting dalam waktu yang dekat, tapi bingung harus memilih pakaian yang sopan dan terlihat elegan? Mungkin kamu bisa coba menggunakan salah satu pakaian khas wanita Indonesia, yakni kebaya.

Awalnya, kebaya berasal dari China, yang kemudian dialkulturasi menjadi pakaian tradisional Indonesia. Bentuk kebaya pun telah mengalami banyak perkembangan, mulai dari model, motif kain, hingga bahan kain yang digunakan.

Ruparupa Banner

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu bahan kain kebaya yang populer, yaitu bahan katun.

Apa Kelebihan Bahan Katun Untuk Membuat Kebaya?

Katun merupakan salah satu jenis bahan yang paling sering digunakan untuk membuat pakaian. Belakangan, kain katun mulai digemari untuk menjadi kebaya. Soalnya, ada beberapa kelebihan dari bahan ini, seperti berikut.

1. Memiliki tekstur lembut dan halus

Kelebihan bahan katun yang pertama adalah memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga tidak membuat kulit menjadi iritasi akibat gesekan kain yang kasar.

Baca Juga:   Intip 4 Cara Ikat Kain Batik untuk Tampil Lebih Bergaya

Dengan demikian, jika menggunakan kebaya dari bahan katun, kamu pun akan lebih nyaman dan tidak gatal karena tekstur kain yang kasar.

2. Daya serat tinggi

Bahan katun memiliki daya serap yang cukup tinggi. Maka dari itu, penggunaan kebaya dari katun cocok untuk acara outdoor, yang kerap kali menyebabkan tubuh mudah berkeringat.

kelebihan bahan katun untuk kebaya
Sumber: Freepik

3. Tidak panas

Selain sifatnya yang mudah menyerap keringat, bahan katun juga memiliki serat kain yang lebih sejuk daripada kain lainnya. Jadi, kamu tidak akan mudah merasa gerah.

4. Mudah dibersihkan

Katun merupakan salah satu bahan kain yang cenderung mudah untuk dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan yang ekstra.

Berbeda dari kebaya dengan bahan bordiran atau brokat yang sulit untuk dibersihkan. Kamu hanya perlu mencuci katun kebaya dengan deterjen yang lembut agar tidak  karena merusak motifnya.

5. Memiliki kandungan antibakteri

Kelebihan bahan katun lainnya adalah memiliki kandungan antibakteri yang mampu menangkal kulit mudah menjadi iritasi, alergi, serta gatal-gatal, terutama bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitif.

kelebihan bahan katun
Sumber: Freepik

Rekomendasi Kebaya Katun

Bagi kamu yang ingin menggunakan kebaya ke acara formal, tetapi tidak ingin terlihat berlebihan, kami memiliki beberapa rekomendasi kebaya katun dengan bentuk sederhana seperti berikut ini.

Baca Juga:   5 Teknik Pembuatan Batik dan Cara Membedakannya

1. Kebaya warna gelap untuk acara indoor

Untuk menghadiri acara di dalam ruangan sebaiknya kamu menggunakan pakaian netral yang tidak mencolok, seperti hitam, putih, atau biru navy. Meski berwarna netral, tetapi warna pakaian ini akan membuat penampilan kamu lebih menonjol.

Kamu bisa menggunakan rekomendasi kebaya katun berwarna biru navy seperti berikut ini.

kebaya bahan katun
Pendopo Ukuran 12 Set Kebaya Kutu Baru Panjang

kebaya bahan katun

Beli di sini

2. Kebaya warna satin untuk acara lamaran dan pernikahan

Kamu memiliki banyak undangan untuk menghadiri acara lamaran dan pernikahan teman atau sepupu? Bila ya, kamu bisa menggunakan kebaya modern dari bahan katun berwarna cerah, seperti rekomendasi kebaya berikut ini.

kebaya modern
Pendopo Ukuran L Kebaya Wanita Kartini Rubiah – Pink

kebaya modern

Beli di sini

3. Kebaya celana yang nyaman untuk anak-anak

Bagi kamu yang memiliki anak, kamu bisa memberikannya jenis kebaya celana yang nyaman, seperti rekomendasi kami berikut ini.

kebaya bahan katun
Pendopo Ukuran 12 Set Kebaya Kutu Baru Panjang

kebaya bahan katun

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dan rekomendasi kebaya dari katun yang bisa kamu gunakan untuk menghadiri acara penting.

Kamu bisa menemukan berbagai pilihan kebaya, beserta kain-kain berkualitas hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti Selam, ACE, Informa, dan masih banyak lagi.