Ingin Renovasi Rumah Hemat Bujet? Ikuti Tips ini!

0
4302
tips renovasi rumah

Memasuki tahun baru, rasanya suasana rumah pun ingin diganti. Entah karena rasa bosan ataupun penataan rumah yang sudah terlihat kusam dan ketinggalan zaman.

Memang menata ulang rumah  memakan waktu dan biaya mahal. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang untuk mewujudkan rumah impian kamu.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Renovasi Rumah yang Hemat Bujet?

Agar bisa menghemat uang, berikut cara cerdas renovasi rumah yang bisa kamu lakukan.

1. Membuat Rencana Anggaran

Langkah paling pertama yang harus kamu pikirkan adalah menentukan rencana anggaran proyek. Pasalnya, perencanaan anggaran termasuk bagian yang sangat krusial dalam menentukan desain dan nominal yang harus kamu keluarkan.

Jika tidak didasari perhitungan yang tepat, maka kamu tidak akan memiliki gambaran jelas tentang jumlah barang yang perlu kamu belanjakan. Bisa-bisa malah jadi boros.

Dari anggaran tersebut, kamu bisa memperkirakan harga renovasi rumah. Kemudian, kamu bisa memanggil kontraktor untuk membantu mewujudkan rumah impian sesuai anggaran.

Namun, jika ingin melakukan renovasi mandiri, kamu bisa membuat bagan piramida keuangan untuk menentukan skala prioritas yang harus kamu beli terlebih dahulu. Acuan ini akan membantu kamu mengetahui besaran biaya nantinya.

2. Mencari Penawaran Khusus

Tips renovasi rumah selanjutnya adalah mencari penawaran khusus. Biasanya, saat memasuki awal tahun, toko bangunan kerap memberikan penawaran khusus pada material dan alat-alat bangunan.

Nah, bagi kamu yang memang sudah memiliki rencana renovasi rumah, ini dia saatnya belanja bahan bangunan sedari sekarang.

Baca Juga:   Ingin Belanja Hemat? Ikuti Year End Sale, Promo Akhir Tahun dari ruparupa.com

3. Lakukan Renovasi secara Bertahap

Ingat, jangan pernah lakukan renovasi secara terburu-buru. Jika kamu ingin melakukan semua pekerjaan sekaligus, maka tentunya perbaikan ini bisa menyebabkan overbudget dan bisa jadi rencana renovasi pun gagal.

Sebaiknya, kamu menentukan skala prioritas bagian rumah yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Dengan teknik ini, kamu bisa mulai cicil menabung dan hasilnya pun bisa memuaskan.

Selain itu, kamu juga jadi bisa memiliki waktu untuk menelusuri seisi rumah dan mencari bagian yang perlu perbaikan.

4. Perhatikan Komposisi Warna dan Desain

Suasana rumah bisa menjadi kurang nyaman bila warna dan perkakasnya mulai terlihat usang. Sebenarnya, kamu tidak perlu selalu melakukan renovasi rumah besar-besaran, lho.

Cukup cat ulang rumah dan mengganti perabot yang rusak tersebut, hunian akan terlihat seperti baru.

Misalnya, menggunakan komposisi warna putih pada ruangan kecil, maka ruangan akan tampak menjadi lebih luas dan hidup. Lalu, kamu bisa mencoba bermain dengan wallpaper atau statement wall yang bermotif batu alam.

komposisi warna renovasi rumah
Arthome Wallpaper 3d Soft Leather Channel – Putih

Beli di sini

Kamu juga bisa menambah jendela minimalis buat pencahayaan alami. Pasalnya, pencahayaan sangat baik bisa membuat ruangan jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sumber: unsplash.com/@jakobowens

Untuk bagian lantai, tidak harus selalu berupa keramik, lho. Kamu bisa mengubahnya dengan lantai vinyl atau parket. Kemudian, kombinasikan dengan elemen dekorasi seperti karpet bulu.

5. Bermain dengan Pencahayaan Lampu

Jika suasana rumah tampak suram, maka kamu mungkin perlu memperbaiki pencahayaan di ruangan. Pastikan lampu yang digunakan telah sesuai dengan fungsinya dan berada di lokasi yang tepat.

Kamu juga bisa menempatkan lampu spotlight pada area-area rumah yang menonjol, seperti pada hiasan dinding dan dekorasi sekitarnya. Cara ini dapat membuat atmosfir ruangan akan terasa berbeda dan lebih hidup, deh.

renovasi rumah lampu lantai
Fleur Lampu Lantai – Putih

Beli di sini

6. Hindari Kredit dan Utang

Biaya renovasi rumah memang memakan biaya yang cukup besar. Namun, sebaiknya biaya renovasi rumah sebaiknya dilakukan secara tunai.

Minimalisir penggunaan kredit atau pinjaman berjenis apapun untuk membayar material dan biaya kontraktor. Dengan pembayaran tunai, kamu bisa terhindar dari nilai suku bunga yang tinggi dan kemungkinan terjebak terlilit hutang di masa mendatang.

7. Belanja di ruparupa

Untuk mendapatkan material dan perabot kekinian, kamu bisa segera mengunjungi ruparupa.

Milik perabot rumah tangga
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja ruparupa menyediakan aneka ragam kebutuhan rumah tangga, peralatan pertukangan, hingga elemen dekorasi berkualitas premium dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu INFORMA, ACE, SELMA, ATARU, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi ruparupa sekarang juga. Selamat berbelanja!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.