13 Jenis Louhan yang Cantik, Cocok Dipelihara di Rumah

0
91839
jenis louhan

Bagi pecinta ikan, Anda pasti sudah tidak asing dengan ikan louhan. Ikan hias yang juga dikenal dengan sebutan ‘flowerhorn fish‘ ini memang sangat cantik dan menarik. Namun, selain terkenal akan kecantikannya, banyak juga yang percaya bahwa ikan ini dapat membawa peruntungan, lho. Jika Anda tertarik untuk mempeliharanya di rumah, berikut terdapat beberapa jenis louhan yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, disimak!

1. Louhan Cencu (Zhen Zhu)

jenis louhan cencu
Sumber : happyfish.pets

Yang pertama ada jenis ikan Louhan Cencu. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan louhan lokal, lho. Karakteristiknya yaitu memiliki pola bintik pada tubuhnya. Louhan Cencu juga cenderung memiliki warna merah pada bagian tubuh hingga tengah badannya, lalu berwarna kuning keemasan dari tengah tubuh hingga ekornya.

Ruparupa Banner

2. Jenis Louhan SRD

jenis louhan srd
Sumber : happyfish.pets

Ikan Louhan SRD atau yang memiliki nama panjang Super Red Dragon ini memiliki jenong yang besar, bahkan bisa dikatakan paling besar diantara yang lain. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna merah pada bagian kepalanya dan cenderung berwarna perak dari bagian tengah tubuh hingga ekor.

3. Super Red Magma

Nah, kalau Louhan SRM atau Super Red Magma ini memiliki kualitas yang lebih unggul dari SRD. Jenong ikan louhan ini lebih besar dan mutiara pada tubuhnya lebih baik jika dibandingkan dengan Louhan SRD.

4. Louhan Bonsai yang Berukuran Kecil

jenis louhan bonsai
Sumber : bidjie.flowerhorn

Sesuai namanya, Louhan Bonsai memiliki ukuran tubuh yang kecil dan tidak akan membesar karena kelainan genetik. Untuk warnanya, ikan louhan yang satu ini memiliki warna yang beragam.

5. Kemalau atau “Golden Monkey

jenis louhan kemalau
Sumber : newlifeaquariumandpets

Louhan Kemalau ini kerap disebut juga Louhan Golden Monkey. Ciri khas dari ikan ini yaitu memiliki warna merah pada bagian jenong hingga kepalanya dan cenderung berbintik pada bagian tengah tubuhnya sampai ke ekor.

Baca Juga:   Cara Menghias Aquarium Ikan Hias

6. Louhan Thai Silk yang Berasal dari Thailand

Keunikan ikan louhan yaitu memiliki mutiara pada tubuhnya. Begitu juga dengan Louhan Thai Silk ini. Keunikannya yaitu terdapat mutiara yang menutupi tubuhnya. Semakin rapat mutiaranya maka harganya pun semakin mahal.

7. Jenis Louhan Kamfa atau “Chinghwa

kamfa flowerhorn
Sumber : happyfish.pets

Louhan Kamfa atau Chinghwa ini adalah ikan louhan yang berasal dari Asia Tenggara. Louhan ini juga memiliki ciri-ciri yang sangat khas dan tidak dimiliki louhan lainnya. Yaitu terdapat bintik hitam horizontal pada tubuhnya.

8. King Kamfa

Kamfa jenis ini merupakan pengembangan Kamfa dari breeder Thailand. Jenisnya pun lebih unggul dari Kamfa biasa karena jenongnya lebih besar dan mutiaranya lebih baik.

9. Kamfa Klasik, Termasuk Jenis Louhan Termahal

Mutiara pada ikan louhan membuatnya terlihat mewah, apalagi jika memiliki mutiara hingga kepala atau yang disebut dengan istilah ‘crosshead‘. Namun, berbeda dengan Kamfa Klasik ini. Louhan ini memiliki mutiara yang sedikit. Semakin sedikit, justru semakin mahal harganya. Bahkan jika tidak ada mutiara sama sekali bisa dikatakan sempurna.

10. Louhan Golden Base, Si “Mutasi”

Louhan Golden Base biasa juga disebut ‘mutasi’. Hal itu dikarenakan, pada suatu fase ia akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya berwarna hitam. Lalu, warna hitam tersebut akan memudar dan louhan akan berubah warna menjadi kuning atau merah. Menarik, ya?

11. Jenis Louhan Red Texas yang Juga Bisa Bermutasi

Sama seperti Louhan Golden Base, Louhan Red Texas juga bisa bermutasi, lho. Bahkan mutasi pada louhan ini menjadi penentu kualitasnya. Jika berwarna merah, maka Louhan Red Texas sudah memiliki mutasi tertinggi dan paling banyak diminati.

Baca Juga:   Cara Membuat Aquarium, Pemula pun Bisa!

12. Si Cantik Louhan Golden Red

golden red flowerhorn
Sumber : andretieand

Louhan Golden Red juga masuk salah satu ikan louhan termahal, nih. Sesuai namanya, louhan ini memiliki warna merah keemasan yang menawan.

13. Super Red Synpillum, Jenis Louhan yang Langka di Indonesia

Louhan yang terakhir adalah Louhan Super Red Synpillum. Louhan ini termasuk jenis ikan louhan langka, khususnya di Indonesia. Karena kelangkaannya itulah, harganya cenderung mahal dan fantastis.

Nah, setelah melihat berbagai jenis ikan louhan yang bagus untuk dipelihara tersebut, jenis manakah yang paling tertartik untuk Anda miliki? Jangan lupa sebelum membeli ikan, siapkan kebutuhannya terlebih dahulu, ya. Mulai dari akuarium hingga makanan ikan louhan. Berikut beberapa rekomendasi produk untuk Anda:

Akuarium

Miliki akuarium dengan ukuran yang sesuai untuk ikan louhan Anda. Lengkapi juga akuarium di rumah dengan filter, pompa, dan aksesoris akuarium lainnya sehingga ikan peliharaan Anda dapat hidup dengan nyaman.

Dekorasi Akuarium

Batu kerikil akuarium dapat dijadikan pilihan untuk menambah kesan dekorasi pada akuarium di rumah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan ornamen akuarium seperti tanaman artifisial.

Makanan Ikan

Terakhir, berikan juga gizi yang cukup ikan peliharaan Anda. Miliki makanan ikan dengan kandungan yang sesuai untuk ikan louhan di rumah sehingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih cantik dan menawan, Ruppers!

Semua produk tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu menawarkan berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!