6 Manfaat Bunga Lotus Untuk Kesehatan

0
6335
manfaat bunga lotus
Sumber : freepik.com

Pasti kamu berpikir bahwa bunga lotus dan teratai itu merupakan jenis tanaman yang sama. Tapi kamu salah, kedua jenis tanaman hias ini ternyata berbeda. Bahkan, ciri, bentuk, dan manfaat bunga lotus pun cenderung berbeda dari Teratai.

Lalu, apa perbedaan dari kedua jenis bunga ini? Simak berikut ini.

Ruparupa Banner

Makna Warna Bunga Lotus

Warna bunga lotus ada beberapa macam, seperti merah, putih, biru, dan merah muda. Setiap warna tersebut memiliki makna yang berbeda-beda.

Lotus merah memiliki makna kemurahan hati, gairah, kasih sayang, dan kebaikan. Biasanya, lotus merah sering menjadi karangan bunga untuk orang terkasih atau terhormat yang telah meninggal dunia.

Sedangkan bunga Lotus putih menggambarkan kemurnian hati dan ketenangan pikiran, yang selalu erat dengan kesempurnaan spiritual.

Nah, kalau bunga Lotus biru, memiliki makna pengetahuan dan semangat. Zaman dahulu, orang Mesir mengartikan lotus biru sebagai bunga yang bisa mengendalikan pikiran wanita agar tidak menjadi materialistis dan jiwanya tetap suci.

Terakhir, bunga Lotots merah muda melambangkan kesucian, kehormatan, dan pencapaian tinggi.

Biasanya, menurut ajaran Buddha, lotus merah muda dijadikan persembahan bagi dewa. Atau dalam arti lain, lotus merah mudah akan diberikan kepada seseorang yang mendapat prestasi.

Perbedaan Lotus dan Teratai

Setelah mengetaui makna yang terkandung dalam warna bunga lotus, lalu apa sebenarnya perbedaan bunga ini dengan teratai, yang banyak membuat orang keliru dalam membedakannya?

Baca Juga:   5 Tips Membuat Teras Rumah minimalis

Yuk, kita bahas satu per satu, seperti berikut ini.

1. Kelopak bunga

Bunga lotus cenderung memiliki kelopak bunga yang lebih lebar serta tumbuhnya tidak teratur.

Berbeda dengan kelopak bunga teratai, yang berbentuk lancip dan lebih rapi.

2. Daun

Lotus tidak memiliki daun melebar atau mengambang tepat di atas air, berbeda dengan teratai.

Biasanya, daun lotus cenderung tumbuh ke atas dan tidak mengenai permukaan air.

perbedaan lotus dan teratai
Sumber : freepik.com

3. Biji

Walau terlihat serupa, jika kamu perhatikan, ternyata bunga lotus memiliki biji di dalam bunganya.

Sedangkan pada bunga teratai, tidak memiliki biji di dalam bunganya, tetapi punya warna kuning yang mirip.

Manfaat Bunga Lotus

Setelah mengetahui perbedaan antara bunga lotus dan teratai, ada baiknya kita mengetahui manfaat bunga lotus yang nyatanya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, loh. Apa sja itu?

1. Mengandung Antioksidan

Bunga yang memiliki nama lain Chinese Arrowroot ini mengandung zat kimia alkaloid, fenolat, fenolik, tokoferol, flavonoid, serta saponin yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Kandungan tersebut mampu menghancurkan racun, menjaga kesehatan ginjal, serta bisa membuat tubuh tetpa fit.

2. Bisa Digunakan Sebagai Obat diare

Diare tidak mengenal tempat, usia, dan orang. Tidak heran siapa saja bisa terkena diare. Nah, kamu bisa memanfaatkan bunga lotus sebagai obat diare.

Tidak heran bila kebanyakan obat herbal mengandung lotus sebagai salah satu komposisi di dalamnya.

Kamu juga bisaa merebus biji bunga lotus. Setelah itu, air rebusan tersebut bisa kamu minum untuk menghentikan diare yang kamu alami.

Baca Juga:   14 Jenis Anthurium Favorit dan Populer

3. Melancarkan pencernaan

Akar tanaman lotus mengandung karbohidrat kompleks, yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Kamu bisa merebus akar lotus saat mengalami sembelit atau sulit buang air.

Selain akar, daun lotus juga bisa menjadi ekstrak untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh, serta dapat mencegah obesitas.

4. Mencegah infeksi atau peradangan

Senyawa yang terkandung dalam bunga lotus ini sangat penting karena bisa mencegah virus, bakteri, serta jamur agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Sifatnya yang antivirus dan anti jamur, dipercaya mampu mencegah infeksi dan peradangan, akibat tumbuhnya virus dan bakteri.

5. Mencegah diabetes

Bunga lotus memiliki senyawa etanol yang bisa menjadi insulin alami bagi tubuh, yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

Dalam daun bunga lotus juga mengandung quercetin dan glikosida untuk menghambat enzim tertentu, yang dapat menyebabkan komplikasi bagi penderita diabetes.

6. Melancarkan haid

Sejak zaman dahulu bunga lotus dipercaya mampu menjadi obat yang cukup ampuh dalam melancarkan haid.

Selain menjaga siklus menstruasi, ekstrak daun serta akar lotus juga bisa menjadi obat untuk meredakan nyeri saat haid.

Itu tadi penjelasan mengenai makna, manfaat bunga lotus, serta perbedaanya dengan bunga teratai untuk menambah pengetahuan kamu.

Bagi kamu yang sedang menyukai bunga lotus, kamu bisa menemukan berbagai dekorasi lotus hias buat di rumah, seperti produk di bawah ini hanya di Ruparupa.com.

bunga lotus
Arthome 26 Cm Bunga Artifisial Lotus – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

daun lotus
Arthome 45 Cm Tanaman Artifisial Lotus Leaf Dengan Keranjang – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini