5 Cara Mudah Cek Kesehatan Mandiri di Rumah

0
2087
Sumber : prod.lumen.ca

Melakukan pemeriksaan di rumah sangatlah penting, terutama bagi kamu yang sudah memasuki usia 30 tahun. Namun, karena adanya pembatasan kegiatan di tengah pandemi covid-19, kita cenderung menjadi takut untuk keluar rumah.

Meski begitu, kamu bisa tetap melakukan cek kesehatan mandiri di rumah saja, loh. Apalagi, sekarang sudah tersedia berbagai alat tes kesehatan yang praktis dan bisa dilakukan sendiri sebagai prediksi awal sebuah gejala penyakit.

Ruparupa Banner

Cara Cek Kesehatan di Rumah

Lalu, penyakit apa saja yang perlu kita waspadai sehingga kita perlu melakukan pemeriksaan? Bagaiaman cara memeriksanya secara rutin?

Berikut kami rangkum beberapa resiko penyakit yang perlu kamu waspadai dan cara melakukan cek kesehatan mandiri di rumah.

1. Rutin cek kadar oksigen dalam tubuh

Salah satu gejala COVID-19 yang kerap terjadi adalah sesak napas. Apalagi, virus korona menyerang area pernapasan. Inilah yang seringkali membuat kadar oksigen di dalam tubuh terus menurun.

Bila dibiarkan, maka dapat menyebabkan kondisi serius hingga kematian. Oleh karena itu, memeriksa kadar oksigen dalam tubuh menjadi hal yang penting, terutama bila kita terkena virus korona.

Nah, sekarang kamu sudah bisa melakukan pemeriksaan kadar oksigen tubuh kamu menggunakan alat kesehatan instan yang disebut oximeter.

Dari alat tersebut, kita bisa mengetahui berapa kadar oksigen dalam tubuh. Biasanya, kadar oksigen yang baik menurut penuturan medis berkisar pada angka 90-100.

Baca Juga:   7 Cara Memilih Alat Cek Gula Darah yang Bagus Dan Akurat

Jika berada di bawah angka tersebut, maka kamu bisa segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Kamu bisa mememiliki oximeter instan untuk memeriksa kadar oksigen dalam diri dengan memakai produk di bawah ini.

cek kesehatan mandiri
Sowell Oximeter Fingertip Sdo-720 – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

2. Fungsi tiroid

Jangan sepelekan fungsi tiroid. Walau tidak terlihat, nyatanya tiroid mampu menunjukkan gejala awal penyakit jika kelenjarnya bekerja terlalu aktif. Kelenjar tiroid mampu menunjukkan gejala serius, seperti osteoporosis dan gangguan jantung.

Cara memeriksa fungsi tiroid cukup mudah, kamu perlu mengambil selembar kertas, lalu letakkan pada punggung tangan.

Bila kertas bergetar terlalu kencang, mungkin saja kamu mengalami gangguan pada tiroid. Tidak hanya tiroid, hal ini juga mungkin saja menunjukkan bahwa kadar gula dalam darahmu menurun.

3. Kesehatan arteri

Arteri berperan sangat penting bagi tubuh kita. Untuk itulah, kita perlu menjaga kesehatan saluran darah di jantung ini.

Kamu bisa melihat kesehatan arteri dari fleksibilitas fisik. Semakin fleksibel tubuh kamu, maka arteri tidak akan menjadi kaku dan sebaliknya.

Cara mengetes fleksibilitas tubuh adalaha duduk dengan punggung menempel pada dinding, kaki berada dalam posisi lurus, lalu rentangkan tangan menjangkau jari kaki.

Jika kamu tidak mampu menjangkau jari kaki, mungkin saja fleksibilitas kamu menurun. Untuk mengatasinya, kamu harus sering melakukan peregangan ringan agar tubuh tidak menjadi kaku.

4. Status apnea tidur

Apnea tidur merupakan kondisi gangguan tidur yang membuat kamu sering bangun dan merasa keinginan buang air kecil yang tinggi. Walau tidak berbahaya, tetapi gangguan ini biasa meningkatkan resiko stroke, depresi, dan diabetes jika tidak diobati.

Baca Juga:   6 Obat Covid Untuk Isolasi Mandiri & Dosis Pemakaiannya

Gejala lainnya dari sleep apnea, yaitu insomnia, sakit kepala di pagi hari, dan kelelahan di siang hari. Jika kamu sering merasakan gejala ini, segera periksakan diri kamu.

5. Cek resiko diabetes

Melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin memang menjadi langkah awal dalam memerangi resiko diabetes.

Selain melakukan tes gula darah, cara ini juga bisa kamu lakukan sebagai tes awal bagi kamu yang memiliki bobot tubuh yang cukup besar.

Caranya dengan mengukur lingkar leher kamu. Jika memiliki lingkar leher lebih dari 34 cm atau lebih besar, ini mungkin saja menjadi indicator awal kamu mengidap diabetes.

Selain itu, kamu bisa melakukan pemeriksaan gula darah menggunakan alat kesehatan, seperti produk di bawah ini.

cek kesehatan mandiri
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Sdg-561 – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

Itu tadi beberapa cara untuk cek kesehatan mandiri di rumah saja tanpa harus bepergian ke luar di tengah pandemi.

Selain praktis dan mudah, cara ini juga bisa menjadi indikasi awal untuk mencegah penyakit serius dalam tubuh.

Berbagai alat kesehatan wajib ada di rumah dari Sowell dapat kamu temukan hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menghadirkan beraneka perabot, kebutuhan rumah tangga, serta keperluan kesehatan dari brand terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Sowell, dan masih banyak lagi.