11 Inspirasi Lampu Hias pada Ruang Tamu Kotak

0
2438
Sumber: blog.modsy.com

Tampilan lampu LED yang terpasang pada langit-langit terkesan membosankan dan monoton. Apalagi saat ini telah hadir beragam lampu hias dengan bentuk hiasan yang menarik namun tentunya memiliki pencahayaan yang maksimal pula. Namun, siapa sangka penggunaan lampu hias rupanya dapat memengaruhi tampilan dan suasana ruangan yang kita tempati.

Terutama jika kamu sudah merasa bosan dan ingin mengubah gaya ruang tamu tanpa perlu mengeluarkan biaya renovasi yang besar. Solusinya kamu cukup menggunakan lampu hias untuk mempercantik tampilan ruang tamu mungilmu tanpa perlu merogoh kocek yang dalam.

Ruparupa Banner

11 Inspirasi Lampu Hias pada Ruang Tamu Kotak

Untuk mewujudkan suasana ruang tamu yang nyaman, pastikan kamu memilih tampilan lampu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Artikel dibawah ini akan membahas mengenai inspirasi penataan lampu hias pada ruang tamu kotak. Penasaran bukan? Mari simak terus artikel berikut ini.

Visual yang seimbang

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Kamu dapat mencoba untuk menata dua lampu hias secara simetris untuk menjaga keseimbangan visualnya. Cara penataannya juga cukup mudah, kamu cukup mengapit sofa dengan dua buah lampu hias estetik pada masing-masing sisi. Dengan demikian, kamu dapat memeroleh penerangan yang seimbang diantara kedua sisi sofa.

Tampilan simple dan manis ini sangat cocok diterapkan pada ruangan yang memiliki warna dasar netral yang polos. Pastikan pemasangan kedua sisi lampu terpasang secara proporsional sehingga hasil penerangan lampu hias dengan penutup ini dapat terpancar secara maksimal.

Lokasi utama yang menarik perhatian

Sumber: pinterest.com/delightfull.eu

Melengkapi lampu hias dengan lampu meja mampu menciptakan aksen dan suasana pencahayaan yang terbaik. Selain memiliki beragam ukuran, lampu jenis ini juga memiliki beragam variasi artistik yang dapat kamu sesuaikan dengan konsep ruanganmu. Misalnya pada konsep inspirasi di atas yang menggunakan lampu hias meja dengan bahan keramik serta tone warna kontras. Ruang tamu menjadi lebih rileks, tenang, dan dapat memperbaiki mood ataupun suasana hati yang menempatinya.

Lampu hias arsitektural

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Tidak ada aturan resmi terkait tampilan maupun penempatan lampu hias yang tepat pada ruang tamu. Jadi tidak ada salahnya bila kamu ingin mencoba tampil berbeda dengan bereksperimen pada penggunaan lampu di ruanganmu. Pada inspirasi ini, kamu dapat melihat bahwa penggunaan model kaki penyangga lampu hias yang tampak miring berhasil tampil menonjol dan mencuri perhatian tampilan interior ruang tamu tersebut. Alhasil, lampu bergaya spruntik ini tampak lebih estetik hanya dengan sedikit modifikasi kecil.

Baca Juga:   Fakta Tentang Rumah Adat Kalimantan Tengah

Lampu gantung klasik

ruang tamu kecil konsep gelap
Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Lampu yang satu ini memiliki desain minimalis yang simple, yakni dengan mengombinasikan lampu LED dengan digantung berlawanan arah dan pemasangan ilusi dari ukuran besar ke kecil. Canggihnya desain ini membuat tampilan ruang tamu menjadi estetik bergaya klasik modern. Selain itu, pencahayaan lampu LED ini membuat ruangan gelap tampak standout dengan lampu hemat energi yang lebih tahan lama.

Lampu berdiri yang menjuntai

Sumber: unsplash.com/@spacejoy

Jika kamu tidak menyukai konsep lampu pada langit-langit yang tinggi, maka kamu bisa mencoba menggunakan konsep lampu hias yang dengan bentuk yang unik dan meninggi. Penggunaan konsep warna lampu hias yang tampak berkilau melawan warna dinding membuatnya menjadi menonjol dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Hanya saja dibutuhkan teknik pemasangan khusus pada lampu jenis ini. Dikarenakan pencahayaan hanya berfokuskan pada satu sisi, kamu harus memperhatikan lampu bergaya melengkung ini dapat memberikan pencahayaan pada berbabagai arah agar ruangan tetap terlihat dengan jelas di malam hari.

Dapatkan lampu kualitas terbaik hanya di Ruparupa.com

Lampu gantung tanpa penutup

lampu hias bohlam gantung
Sumber: chiquehomeliving.com

Agar terlihat tidak monoton, kamu dapat mencoba menggantungkan lampu kabel bohlam dengan sedikit variasi menjuntai seperti inspirasi gambar di atas. Model penerangan ini membantu untuk memberikan pencahayaan maksimal pada ruang tamu kotak kamu serta membantu untuk menghidupkan warna furnitur yang gelap. Jika kamu kurang menyukai warna kuning yang warm, kamu dapat mencoba mengganti bohlam dengan warna putih agar ruangan menjadi lebih terang.

Modifikasi lampu dengan kesan arsitektural

lampu hias kesan arsitektural
Sumber: freepik.com/@wuttichai1983

Selain pentingnya pencahayaan, kamu juga perlu memperhatikan tampilan lampu yang kamu gunakan. Misalnya dengan menggunakan hiasan lampu yang menonjolkan sisi arsitektural pada penggunaan material objek untuk mengalihkan fokus perhatian dari ruangan kotak. Untuk memberikan sentuhan dekorasi, kamu dapat mencoba menggabungkan unsur tanaman pada sisi yang berlawanan penempatan lampu.

Eglare Trio Lampu Lantai

Lampu gantung minimalis

lampu hias berbahan metal
Sumber: homedecorbliss.com

Saat kamu mengombinasikan lampu gantung di ruang tamu, kamu perlu memperhatikan penempatan lokasi, desain, dan juga ukuran ketinggian yang sesuai. Pasalnya, ukuran lampu gantung yang terlalu besar maupun terlalu kecil membuat pencahayaan tidak tersebar dengan sempurna. Maka dari itu, kamu dapat membuat gambaran lampu gantung dan modifikasi panjang tali sesuai dengan ketinggian dan luas lokasi ruanganmu ya. Penataan ini perlu diperhatikan secara detail agar kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Baca Juga:   9 Tips Memasang Hiasan Dinding Kamar agar Aesthetic

Penggunaan elemen lampu gantung dan meja yang senada

lampu hias senada
Sumber: blog.modsy.com

Kamu bisa mempercantik tampilan ruang tamu dengan menggunakan dua sumber penerangan yang berbeda. Tidak hanya dari segi penerangan, namun penggunaan kedua lampu yang memiliki bentuk serupa ini juga memiliki desain karakteristik dengan efek pencahayaan yang berbeda. Oleh karena itu, kombinasi pencahayaan ini sangat cocok untuk menjadikan elemen dekorasi ruangan minimalis berbentuk kotak tampak sempurna.

Usahakan lokasi penempatan lampu gantung berada di tengah-tengah langit agar dapat menyebar secara sempurna ke seluruh penjuru ruangan. Sedangkan, untuk penempatannya di meja dapat kamu fokuskan pada sudut ruangan untuk menciptakan kesan dramatis pada ruang tamu.

Lampu gantung LED dengan penutup anyaman

lampu hias dengan anyaman
Sumber: blog.modsy.com

Penggunaan lampu hias di ruang tamu memang memiliki segudang manfaat. Tidak hanya berperan sebagai sumber penerangan saja, melainkan juga membantu untuk menambah tampilan estetika dari ruang tamu. Contohnya seperti inspirasi di atas yang mengelaborasikan penggunaan lampu LED gantung dengan cangkang dari anyaman. Inspirasi ini memberikan tampilan gaya ruang tamu yang penuh kehangatan dan juga menawan. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, tampilan ruang tamu kamu dapat berubah  menjadi lebih cantik dan estetik.

Lampu bohlam dengan penutup kaca

lampu hias bohlam dengan penutup kaca
Sumber: homedecorbliss.com

Untuk mewujudkan tampilan ruang tamu minimalis yang nyaman, kamu bisa mencoba mempercantik ruang tamu kamu dengan menggunakan modifikasi lampu hias bohlam berikut ini. Tidak hanya memiliki desain yang menarik, namun lampu ini juga memiliki penarangan yang baik karena setiap bohlamnya telah didesain khusus untuk memberikan efek pencahayaan pada ketiga sisi ruang baik. Pastikan juga kamu memperhatikan pentingnya penempatan tata letak lampu ini dengan lokasi aktivitas yang sering digunakan di ruang tamu kamu ya.

Itu dia sejumlah inspirasi lampu hias yang dapat kamu coba aplikasikan di ruang tamu kamu. Selain itu, ruparupa.com juga memiliki beragam hiasan lampu menarik yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik tampilan ruanganmu. Berikut merupakan sejumlah rekomendasi lampu hias ala Ruparupa.com.

Eglo Tarbes Lampu Gantung Hias 3l – Hitam
Harel Lampu Gantung Hias
Hans Lampu Gantung Hias 8 Bulb
Calder Lampu Meja
Eglare Lampu Meja Marble