10 Manfaat Bersepeda di Pagi Hari yang Wajib Anda Ketahui

0
23371
manfaat bersepeda

Bersepeda memang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan, terlebih jika Anda melakukannya di pagi hari. Simak beberapa dapatkan manfaat bersepeda berikut ini.

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

manfaat bersepeda untuk berat badan
Sumber : unsplash.com

Ingin mengontrol berat badan Anda dengan cara yang mudah dan menyenangkan? Bermain sepeda di pagi hari bisa menjadi salah satu pilihannya.

Bersepeda secara rutin ternyata bisa membantu Anda membakar lemak dalam tubuh. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat agar diet yang Anda lakukan pun jadi lebih maksimal. 

Selain itu, perlu diingat bahwa kalori yang dibakar saat bersepeda, biasanya tergantung dari seberapa lama, cepat, dan jarak yang Anda tempuh, ya, Ruppers!

2. Meningkatkan Stamina

meningkatkan stamina
Sumber : unsplash.com

Manfaat bersepeda untuk tubuh berikutnya adalah bisa meningkatkan stamina. Olahraga yang ringan dan menyenangkan ini juga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Apalagi, kegiatan ini dapat memperkuat jantung dan paru-paru. 

3. Dapat Mengurangi Stress

manfaat bersepeda untuk stress
Sumber : unsplash.com

Pernah merasa suntuk dengan pekerjaan sehari-hari Anda? Mungkin Anda butuh refreshing, nih. Tidak perlu berpikir jauh hingga berlibur ke luar kota atau luar negeri, Anda bisa melakukannya dengan cara bersepeda.

Ternyata, bersepeda secara rutin dapat membantu tubuh memproduksi hormon endorfin, yang bisa memunculkan rasa nyaman dan meningkatkan suasana hati. Yuk, mulai rutin bersepeda agar tubuh semakin sehat dan pikiran pun semakin tenang.

Baca Juga:   Tips Pilih Bearing Khusus Sepeda Motor

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

kemampuan otak
Sumber : unsplash.com

Manfaat bersepeda secara rutin berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan otak. Olahraga satu ini dipercaya dapat eminimalisir penurunan fungsi daya pikir dan risiko demensia. 

Hal ini disebabkan karena ketika kita mengayuh sepeda, peningkatan aliran darah menuju otak pun semakin lancar. Anda hanya perlu melakukan olahraga ini selama 45 sampai 60 menit setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

5. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

sepeda cegah kanker
Sumber : unsplash.com

Bersepeda ternyata juga bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Namun, Anda tetap perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Selain itu, bersepeda juga sangat bermanfaat untuk penderita kanker yang sedang dalam masa pemulihan karena bisa meningkatkan kualitas hidup.

Bila kita rutin bersepeda, maka tubuh kita pun akan lebih sehat dan menurunkan risiko terkena kanker paru-paru dan kanker kolekteral, terutama ketika usia bertambah tua.

6. Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

sepeda untuk jantung
Sumber : unsplash.com

Selain kanker, kegiatan bersepeda juga dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung.

Bila kita bersepeda secara rutin, maka bisa merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, serta meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

Olahraga ini juga dapat menurunkan kadar lemak dalam darah dan memperkuat otot jantung.

7. Manfaat Bersepeda untuk Sistem Pernapasan

sepeda untuk pernapasan
Sumber : unsplash.com

Sering merasa lebih cepat capek saat beraktivitas? Bila ya, maka Anda perlu memiliki sistem pernapasan yang lebih sehat.

Salah satu caranya adalah dengan bersepeda secara rutin, yang dapat berpengaruh secara positif terhadap kesehatan pernapasan.

8. Untuk Meningkatkan Mood

manfaat bersepeda untuk mood
Sumber : unsplash.com

Mood Anda terasa kurang baik akhir-akhir ini? Bila ya, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara sehat, seperti bersepeda. 

Baca Juga:   Serba-serbi Tas Sepeda

Lakukan olahraga satu ini selama 30 menit setiap hariya agar bisa meningkatkan suasana hati dan pikiran Anda.

Saat bersepeda, tubuh akan menghasilkan hormon dopamin, yang berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi gangguan kecemasan. Inilah yang membuat kita jadi lebih tenang dan rileks usai bersepeda. 

9. Dapat Mengatasi Insomnia

sepeda untuk insomnia
Sumber : unsplash.com

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, kegiatan bersepeda bisa menjadi jawaban yang tepat untuk masalah Anda yang satu ini.

Umumnya, insomnia dipicu oleh aktifnya hormon kortisol. Nah, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan  bersepeda selama 20 sampai 30 menit di pagi hari. Cara ini dapat Anda lakukan minimal dua hari sekali agar tidur semakin nyenyak dan berkualitas

10. Menambah Keseimbangan, Kekuatan, dan Koordinasi Otot Tubuh

tubuh kuat
Sumber : unsplash.com

Saat bersepeda, Anda harus mengatur keseimbangan agar dapat mengayuh sepeda dengan lancar dan tidak terjatuh.

Inilah yang membuat olahraga bersepeda bisa meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi otot pada tubuh. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi bentuk latihan yang ideal, terutama bagi penderita osteoporosis, lho.

Nah, itu dia kesepuluh manfaat bersepeda di pagi hari yang bisa Anda dapatkan. Selain menyenangkan, ternyata banyak sekali keuntungan olahraga satu ini.

Jangan lupa, saat bersepeda gunakanlah perlengkapan bersepeda yang tepat agar tetap aman. Anda bisa melengkapi kebutuhan olahraga Anda di Ruparupa.com.

Tidak hanya menjual furnitur dan perlengkapan rumah tangga berkualitas, situs e-commerce satu ini juga menyediakan berbagai peralatan kesehatan dan olahraga lainnya, lho. Ayo segera berbelanja dan dapatkan berbagai promo menariknya!