Sebagai orang tua Anda akan melakukan berbagai macam hal untuk membuat si Kecil bernafsu untuk makan. Salah satunya dengan menggunakan peralatan makan dengan karakter, bentuk dan warna yang menarik. Namun sayangnya peralatan makan dengan karakter, bentuk dan warna yang menarik ini tidaklah selalu hadir dengan material berkualitas yang aman bagi anak. Lalu apa saja sih yang membuat perlengkapan makan yang aman bagi anak-anak?

Perlengkapan makan yang aman bagi anak

alat makan anak1. Food Grade

Pastikan peralatan dan perlengkapan makan si Kecil terbuat dari material food grade dengan tanda angka 1 – PETE, 2 – HDPE, 4 – LDPE, dan 5 – PP. Adalah Food and Drug Administration atau FDA di Amerika Serikat dan Health Canada dari Canada yang membuat regulasi plastik food grade. Mereka memiliki regulasi yang sama yang mengklasifikasikan material plastik yang termasuk dalam kategori food grade dan non food grade.
Material plastik food grade sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis lagi, disesuaikan dengan material pembuatnya. Plastik food grade harus sesuai standar, tanpa pewarna, bukan terbuat dari plastik daur ulang, dan tidak mengandung zat aditif lainnya yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

2. BPA Free

alat makan anakBPA merupakan kepanjangan dari Bisphenol-A yang merupakan zat kimia sintetis pada peralatan makan dan minum plastik. Namun ternyata menurut penelitian, BPA dapat menjadi zat pengganggu hotmon pertumbuhan anak. BPA sendiri ditandai dengan simbol angka 7 pada peralatan makan plastik atau tanda huruf PC. Jika Anda ingin membeli peralatan makan dan minum yang terbuat dari material plastik, hindari produk dengan tanda angka 7 atau simbol huruf PC ya.

3. PVC Free

PVC atau Poly Vinil Chloride merupakan bahan plastik yang sering digunakan sebagai bahan dasar plastik keras dan tebal seperti pada mainan anak atau pipa air. Bayangkan jika peralatan makan si Kecil terbuat dari material ini? PVC mengandung senyawa kimia yang dikenal sebagai pemicu kanker.

Jadi jika Anda ingin membeli perlengkapan makan dan minum untuk si Kecil, pastikan telah melengkapi 3 persyaratan di atas ya. Karena beberapa perlengkapan makan dan minum yang berkualitas rendah memiliki kemungkinan terkelupas dan memuai saat terkena panas. Padahal, sebagian besar makanan si Kecil berupa bubur dan berkuah bukan? Yuk Mom, cek kembali peralatan makan dan minum yang ada di rumah, dan ganti dengan peralatan makan berkualitas dari Ruparupa.com!

Jangan lupa juga untuk melihat koleksi perlengkapan bayi lainnya dalam koleksi Newborn Registry di Ruparupa.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here