6 Cara Merawat Peralatan Makan Berbahan Stainless Steel Agar Awet

0
447
cara merawat peralatan makan

Alat makan yang terbuat dari stainless steel memiliki berbagai kelebihan, antara lain desain yang modern, berkilau, serta bisa dipakai lebih tahan lama. Namun, cara merawat peralatan makan tersebut membutuhkan perhatian ekstra.

Sebab, permukaannya mudah meninggalkan bekas goresan. Bahkan, goresannya pun bisa terlihat sangat jelas dan membuat tampilannya jadi kurang indah untuk dipajang di ruang makan.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Peralatan Makan Stainless Steel?

Untuk merawat peralatan makan berbahan stainless steel, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Bersihkan Secepat Mungkin

Jika kamu sudah selesai menggunakannya, pastikan untuk segera membersihkan alat makan tersebut. Namun, biarkan permukannya agar dingin dahulu.

Soalnya, kalau alat makan stainless steel yang masih panas langsung terkena air dingin, permukannya bisa bengkok atau melengkung. Oleh sebab itu, kamu bisa mendiamkannya selama beberapa menit sebelum mencucinya.

Baca Juga:   12 Rekomendasi Peralatan Makan Bayi Terbaik
cara merawat peralatan makan
Segera bersihkan seluruh peralatan makan kalau sudah selesai digunakan

2. Cuci dengan Air Hangat

Saat mencucinya, kamu bisa menggunakan air hangat. Sebab, air hangat mampu mengangkat sisa minyak dan kotoran dengan lebih efektif. Selain itu, air hangat juga bisa membuat peralatan berbahan stainless steel menjadi lebih awet.

3. Gunakan Spons Lembut Saat Mencuci

Cara merawat peralatan makan berbahan stainless steel tak boleh sembarangan, termasuk dalam pemilihan jenis spons untuk mencuci. Pilih spons atau kain yang permukaannya lembut supaya tidak meninggalkan bekas goresan.

cara merawat peralatan makan
Pilih spons yang teksturnya lembut dan halus

4. Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Kamu juga perlu memakai cairan pembersih yang tepat. Jika ingin menggunakan bahan natural, maka bisa memakai cuka, sari buah apel, dan perasan lemon.

Sedangkan untuk cairan pembersih praktis, pilih yang sudah mengandung bahan kimia alkali atau non-klorida supaya alat makan jadi tahan karat.  Saat membersihkannya, gerakkan kain dengan cara melingkar mengikuti permukaan logam.

cara merawat peralatan makan
Pilih cairan pembersih yang tepat untuk hasil sempurna

5. Hindari Goresan

Jika dibandingkan dengan bahan kayu, stainless steel lebih mudah meninggalkan bekas goresan dan membuat tampilannya menjadi kurang cantik. Jadi, hindari memotong bahan makanan di dekat peralatan tersebut.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Hiasan Dapur dan Ruang Makan Agar Terlihat Menawan

Kalau sudah terkena goresan dan membekas, kamu bisa mengatasinya dengan larutan cuka. Siram larutan cuka ke bagian yang tergores, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, cuci dan gosok kembali dengan cairan pembersih dan bilas sampai bersih.

6. Simpan di Area yang Kering

Tentu, kamu harus menyimpan seluruh peralatan makan yang terbuat dari stainless steel di tempat yang kering. Hindari adanya suhu tinggi, kelembapan, dan kekurangan oksigen karena bisa menyebabkan korosi atau karat.

cara merawat peralatan makan
Letakkan bahan stainless steel di area yang kering supaya awet

Itu dia enam cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat peralatan makan berbahan stainless steel supaya lebih awet.

Miliki alat makan berkualitas
hemat hingga 50% klik di sini

Di situs  ruparupa.com kamu  bisa menemukan berbagai perabot untuk dapur, ruang tamu, dan kamar tidur dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, antara lain ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Tenang, kami juga punya beberapa rekomendasikan peralatan makan berbahan stainless steel yang bisa kamu dapatkan.

cara merawat peralatan makan
Krischef Sendok Sayur Stainless Steel 16 Cm

Beli di sini

cara merawat peralatan makan
Culinart Set 4 Pcs Sendok Takar

Beli di sini

cara merawat peralatan makan
Krischef Mangkuk Nasi Stainless

Beli di sini

cara merawat peralatan makan
Krisbow Piring Stainless Steel 15,5x16x8,7cm

Beli di sini