3 Cara Menggunakan Alat Makan Saat Jamuan Resmi

0
414
Cara menggunakan alat makan mengikuti aturan table manner

Jamuan resmi adalah acara makan formal yang biasanya memiliki tujuan tertentu, seperti pertemuan dengan relasi kerja. Tidak heran bila ada beberapa aturan table manner atau etika makan yang perlu diterapkan, termasuk cara menggunakan alat makan.

Dilansir dari Fort Hays State University, mengikuti aturan table manner mampu menciptakan kesan diri yang baik dan sopan kepada tuan rumah. Umumnya, acara jamuan resmi menghadirkan tiga jenis hidangan, yaitu pembuka, utama, dan penutup.

Ruparupa Banner

Nah, biasanya ada berbagai alat makan yang tersedia di atas meja, seperti sendok, garpu, pisau, piring, cangkir, dan gelas. Soalnya, setiap hidangan tersebut akan menggunakan alat makan yang berbeda-beda.

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakan Alat Makan yang Tepat?

Dikutip dari The Spruce, berikut ini cara menggunakan alat makan agar kamu tidak salah memilih saat menyantap sebuah hidangan.

1. Ikuti Petunjuk Tuan Rumah

Apakah kamu merasa ragu saat ingin memilih sendok, garpu, atau pisau jenis tertentu? Jika iya, kamu bisa mengikuti petunjuk dari tuan rumah. Namun, jika tuan rumah salah menggunakan alat makan, usahakan tetap tersenyum.

Baca Juga:   13 Desain Ruang Makan Outdoor yang Menarik

2. Pilih Alat Makan Dari Bagian Paling Luar

Susunan alat makan mengikuti table manner
Susunan alat makan mengikuti table manner

Biasanya, sendok dan pisau untuk hidangan pembuka dan utama ditempatkan di sebelah kanan dan beberapa jenis garpu berjejer di sebelah kiri.

Nah, kamu bisa memilih alat makan yang berada di paling luar atau ujung dahulu, lalu lanjut ke bagian dalam atau dekat piring utama. Sedangkan untuk hidangan penutup, kamu bisa memilih sendok atau garpu yang ada di bagian atas piring utama.

 

Jika kamu ingin mengadakan acara makan formal di rumah, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi alat makan yang ada di bawah ini.

Cara menggunakan alat makan seperti sendok, garpu, dan pisau
Mikasa Set 20 Pcs Alat Makan Drake

Cek di sini

3. Menggunakan Teknik Makan Tertentu

Mempelajari teknik makan dan menerapkannya dalam acara jamuan resmi bisa menjadi nilai tambah. Berikut ini beberapa cara menggunakan alat makan di hidangan tertentu.

  • Sup

Biasanya, sup disajikan sebagai salah satu makanan pembuka. Kamu bisa menyantap sup dengan jenis sendok yang berbentuk oval dan memiliki mangkuk besar. Lalu, arahkan sendok ke mulut sambil menyeruput tanpa suara dari bagian tepi sendok.

Saat hampir habis, usahakan tidak memiringkan mangkuk untuk mengambil sisa kuah sup dan isinya. Kamu bisa segera meletakkan sendok secara terbalik tepat di atas mangkuk saja.

  • Roti

Sama seperti sup, roti adalah hidangan pembuka yang ringan. Maka dari itu, kamu tidak perlu menggunakan garpu untuk mengonsumsinya. Cara memakan roti saat jamuan resmi adalah dengan menyobek potongan roti secara perlahan mengikuti ukuran satu gigitan.

Baca Juga:   4 Tips Jitu Menata Meja Makan di Ruang Terbuka Agar Tampak Luas
Set tempat roti
Delicia Tempat Roti Stainless Steel

Cek di sini

  • Steak

Kalau mengikuti teknik memotong daging ala orang Amerika Serikat, kamu bisa menempatkan pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri.

Setelah itu, letakkan kembali garpu di tangan kanan, letakkan pisau di piring, turunkan tangan kiri ke bawah meja. Lalu, tusuk daging tersebut menggunakan garpu dan kamu bisa memakannya.

Sedangkan di Eropa, kamu bisa menyantap daging dengan tetap menggenggam pisau.

  • Minum

Nah, jika kamu ingin berhenti sejenak untuk minum, letakkan seluruh peralatan makan yang sedang kamu pegang, lalu minumlah dengan tangan kanan. Setelah itu, taruh gelas tepat di tepi piring kamu.

Set peralatan minum
Appetite 3.2 Ltr Dispenser Minuman Dhanver Dengan Gelas & Stand

Cek di sini

Itulah cara menggunakan alat makan yang bisa kamu terapkan saat menghadiri jamuan resmi.

Kamu bisa mendapatkan berbagai model peralatan makan untuk mengadakan jamuan resmi di rumah dengan mengunjungi ruparupa.com.

Dapatkan berbagai promo menarik untuk perlengkapan makan dengan klik di sini

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai koleksi perabot dari merek ternama milik Kawan Lama Group seperti ACE, Selma, Informa, Toys Kingdom, dan yang lainnya.