5 Tips Memilih Peralatan Makan yang Tepat dan Aman

0
2806
Memilih peralatan makan yang tepat

Memiliki ruang makan yang nyaman dapat membuat kita lebih menikmati hidangan yang ada di depan mata. Tentunya, hal tersebut juga perlu dilengkapi dengan memilih peralatan makan yang tepat. 

Pasalnya, menggunakan alat makan yang aman dan berkualitas dapat memengaruhi selera makan seseorang. Terlebih lagi,  peralatan makan juga merupakan salah satu perlengkapan dapur yang kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja yang Perlu diperhatikan Ketika Membeli Peralatan Makan?

Tidak ada salahnya untuk lebih jeli dalam memilih set alat makan. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. 

1. Perhatikan Bahan Peralatan Makan 

Setiap jenis alat makan dibuat dengan bahan berbeda-beda, seperti plastik, kayu, keramik, stainless steel, dan sebagainya. 

Untuk sendok, garpu, dan pisau, sebaiknya pilih yang terbuat dari stainless steel.  Sedangkan untuk mangkuk, piring, dan gelas, kamu bisa memakai peralatan yang terbuat dari keramik atau porselen.

Baca Juga:   8 Dekorasi Ruang Keluarga Tanpa Sofa, Nyaman Banget!
memilih peralatan makan
Krishome Set Alat Makan Marble 16 Pcs – Hitam

2. Perhatikan Finishing dari Alat Makan 

Kualitas dari produk alat makan dapat terlihat dari hasil cutting dan finishing. Sebab, teknik memoles yang benar akan membuat produk terlihat mengkilap dan tidak meninggalkan jejak air setelah dicuci.

Biasanya, produk berkualitas dipoles secara manual dengan tangan untuk menjamin kerapian hasil akhirnya.

set alat makan
Finishing yang bagus pada alat makan | Appetite Prom Set Alat Makan 12 Pcs

3. Pertimbangkan Beratnya 

Sebaiknya, pilihlah produk dengan bobot standar agar lebih mudah digenggam. Selain itu, beratnya yang seimbang juga akan mencegah alat makan jatuh dari piring.

Soalnya, kalau terlalu berat akan menyulitkan kita ketika menggunakannya. Sedangkan alat makan yang terlalu ringan biasanya mudah bengkok, terutama bila terbuat dari bahan stainless steel. 

memilih peralatan makan yang tepat

4. Pilih Ukuran yang Sesuai 

Tidak hanya bobot, alat makan seperti sendok dan garpu juga memiliki tinggi dan ketebalan yang berbeda-beda. Biasanya, ukuran panjang garpu dan sendok sekitar 15-18 cm. 

Baca Juga:   11 Jenis Sendok dan Fungsinya yang Wajib Ada Di Dapur

Namun, lebih baik pilih peralatan makan yang sesuai dengan kebutuhan agar lebih nyaman saat  menggunakannya.

5. Pilih Desain Minimalis 

Meskipun memiliki fungsi yang sama, desain alat makan cukup beragam. Ada yang memiliki bentuk dan motif unik, ada juga yang polos dan memiliki ujung bundar.

Kamu bisa memilih alat makan dengan desain minimalis. Jadinya, saat menata meja makan, kamu bisa menciptakan kesan yang elegan. 

memilih perlengkapan makan berkualitas
Mikasa Set 20 Pcs Alat Makan Drake

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa tips memilih alat makan yang tepat dan berkualitas. Kamu bisa membeli alat makan berkualitas hanya melalui situs belanja online ruparupa.com

Temukan  perlengkapan dapur minimalis hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Selain itu, situs belanja online ini juga menyediakan perabot rumah tangga dan alat dekorasi berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.