7 Jenis Piring Beserta Fungsinya Dalam Table Manner yang Wajib Kamu Ketahui

0
1372
Jenis piring dan fungsinya

Ketika menghadiri suatu acara formal atau makan di restoran, ada berbagai jenis piring dan peralatan makan yang kita gunakan. Meskipun terlihat serupa, ternyata setiap piring tersebut memiliki fungsi berbeda-beda.

Apalagi, jenis piring ini punya ukuran yang beragam, tidak seperti piring yang kita gunakan sehari-hari.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, kita harus menyesuaikannya dengan table manner dan hidangan yang disajikan, dari makanan pembuka, makanan pendamping, dessert, dan lain sebagainya. 

Lantas, Apa Saja Jenis Piring Beserta Fungsinya? 

Untuk menjawab rasa penasaranmu, kami telah menyediakan informasi seputar jenis piring yang biasanya akan kamu temukan dalam restoran atau acara penting, seperti berikut ini. 

1. Piring Makan 

Jenis piring ini biasanya terbuat dari bahan keramik dan digunakan untuk menyajikan hidangan utama. Ukuran piring berbentuk bulat ini biasanya berdiameter sekitar 25-27cm. 

jenis piring
Appetite 25 Cm Set 3 Pcs Fujiri Piring Makan – Biru

Cek di sini

Baca Juga:   5 Model Rak Buku Anak untuk Ruang Belajar di Rumah

2. Piring Dessert 

Sesuai dengan namanya, piring ini berguna untuk menyajikan dessert atau makanan penutup, serta bisa digunakan untuk menghidangkan makanan pembuka. Biasanya, piring ini tidak berukuran kecil, yaitu berdiameter 18-21cm.  

macam macam piring
Lumerpa Piring Dessert 19 Cm

Cek di sini

3. Piring Salad

Piring untuk menyajikan salad buah atau sayur ini memiliki dua ukuran. Yang pertama, ukuran besar dengan diameter sekitar 22cm, sedangkan ukuran kecilnya hanya berdiameter 20cm. 

piring salad
Appetite Sanico Piring Salad Rim 20.4 Cm

Cek di sini

rekomendasi piring
Selma 21 Cm Harper Piring Salad – Biru

Cek di sini

4. Piring Sup

Bila kamu ingin menyajikan hidangan berkuah, kamu bisa menggunakan jenis piring ini. Umumnya, piring sup memiliki kedalaman menyerupai mangkuk. Namun, ukuran piring sup lebih besar dari mangkuk, yaitu dengan diameter sekitar 22-23cm.

piring sup
Appetite New York Piring Sup 23 Cm – Putih

Cek di sini

jenis piring makan
Appetite Set 4 Pcs Amber Piring Sup

Cek di sini

5. Jenis Piring Saucer 

Piring berukuran kecil ini  digunakan sebagai tempat saus. Namun, ada juga piring saucer yang punya diemeter cukup besar dan berbentuk pipih sehingga bisa digunakan sebagai tatakan gelas, seperti berikut ini. 

piring saus
Appetite Set 4 Pcs Cangkir & Saucer Savio – Hitam-putih

Cek di sini

6. Piring Saji 

Jenis piring ini memiliki bentuk yang cukup besar karena berfungsi sebagai tempat menyajikan berbagai macam hidangan, dari pasta, lauk pauk, hingga kue. Kamu bisa memakai piring saji dengan tutup agar makanan terhindar dari debu. 

Baca Juga:   5 Cara Praktis Menata Sofa Cokelat di Ruang Keluarga Agar Tampak Estetik
piring saji
Appetite 27 Cm Wadah Saji Dengan Tutup – Hijau

Cek di sini

7. Jenis Piring Platter Plate 

Sedikit berbeda dari piring pada umumnya, platter plate merupakan piring dengan ukuran besar untuk menyajikan hidangan dalam jumlah yang banyak dalam satu piring. 

Biasanya, piring ini memiliki bentuk bulat dengan permukaan rata dengan diameter berkisar antara 25-30cm. 

alat makan
Appetite 34 Cm Eden Piring Saji Oval

Cek di sini

piring makan
Appetite 27 Cm Aqua Piring Makan

Cek di sini

Itu dia beberapa jenis piring beserta kegunaannya yang wajib kamu ketahui. Nah, bila kamu sedang mencari produk serupa, kamu bisa mendapatkannya dari Informa Online di situs belanja online ruparupa.com.

Miliki berbagai peralatan makan minimalis hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com juga menawarkan berbagai peralatan dapur dan perkakas rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.