8 Tradisi Unik Daerah untuk Merayakan 17 Agustus

0
993
tradisi unik agustusan
Sumber: unsplash.com

17 Agustus merupakan momen spesial bagi seluruh warga Indonesia. Sebab, kita akan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Tidak heran bila ada banyak tradisi unik yang dilakukan di setiap daerah di Indonesia untuk merayakannya.

Bahkan, menjelang hari kemerdekaan tersebut, kita pun mulai siap-siap untuk mengadakan berbagai kegiatan seru, seperti upacara bendera, menghias rumah, serta lomba 17 Agustus.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Tradisi Unik Daerah untuk Merayakan Agustusan?

Berikut ini beberapa tradisi unik di setiap daerah di Indonesia yang kerap dilakukan.

1. Bandung: Tradisi Unik Pawai Jampana

Masyarakat Bandung menggelar tradisi pawai jampana setiap tahunnya. Dalam acara tersebut, warga akan menggotong sebuah tandu berisi makanan, hasil bumi, dan kerajinan tangan masyarakat.

Nantinya, para warga akan melakukan pawai dengan iringan lagu-lagu tradisional dan kontemporer. Biasanya, dalam tandu tersebut juga terdapat tumpeng yang akan dibagikan kepada para peserta pawai.

tradisi unik 17 agustusan pawai jampana
Sumber: indonesia.travel

2. Banjarmasin: Tradisi Unik Dayung Perahu

Merayakan kemerdekaan Indonesia tentu kurang lengkap tanpa adanya perlombaan. Nah, salah satu tradisi unik dari Banjarmasin adalah lomba dayung perahu.

Pada perlombaan ini, para peserta akan mendayung perahu naga di sungai Martapura. Rupanya, tradisi ini sudah ada sejak tahun 1924 dan bertujuan untuk melestarikan perahu tradisional yang disebut dengan jukung.

tradisi unik dayung perahu
Sumber: indonesia.travel

3. Semarang: Obor Estafet

Tradisi unik 17 Agustus lainnya dapat kamu temukan di Semarang melalui lomba obor estafet. Dalam lomba tersebut, para peserta akan saling bergantian membawa obor di jalur yang telah tersedia.

Baca Juga:   10 Rekomendasi Film Tentang Hari Kemerdekaan Indonesia

Obor sendiri menyimbolkan semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

4. Malang: Barikan

Tradisi barikan dilakukan pada tanggal 16 Agustus setelah maghrib. Di sini, para warga akan berkumpul di balai warga dengan menggunakan pakaian adat Jawa dan menyantap makanan bersama.

Setelah acara tersebut, mereka akan menyanyikan lagu nasional dan melakukan doa bersama sebagai wujud syukur atas Hari Kemerdekaan Indonesia.

tradisi unik agustusan barikan
Sumber: indonesia.travel

5. Cirebon: Sepak Bola Api

Pertandingan sepak bola yang menjadi salah satu tradisi 17 Agustus ini terdengar cukup unik. Alih-alih memakai bola biasa, para peserta akan menggunakan bola api.

Tentu, mereka yang mengikuti pertandingan ini bukanlah orang-orang biasa karena mereka wajib untuk berpuasa selama 21 hari. Perlombaan ini juga kerap kali diadakan pada saat Ramadan, lho.

sepak bola api
Sumber: commons.wikimedia.org

6. Lombok: Peresean

Tradisi peresean merupakan tradisi dan kesenian tradisional dari masyarakat suku Sasak di Lombok. Selain menguji ketangkasan, tradisi ini bertujuan untuk menguji sikap ksatria dan tali persaudaraan seorang laki-laki.

Dalam pelaksanaannya, para peserta yang disebut dengan pepadu akan bertarung menggunakan tongkat rotan dan perisai dari kulit kerbau. Selain itu, pertarungan ini juga dipimpin oleh seorang wasit yang disebut pekembar.

tradisi unik agustusan peresean
Sumber: commons.wikimedia.org

7. Aceh: Pacu Kude

Tradisi pacu kude di Aceh telah berlangsung sejak tahun 1850. Seperti perlombaan pacu kuda pada umumnya, para peserta akan berlomba memacu kudanya hingga sampai ke garis finish.

Biasanya, tradisi unik ini akan berlangsung hingga seminggu penuh dan melibatkan lebih dari 350 ekor kuda. Sejak tahun 2016, tradisi pacu kude telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Baca Juga:   10 Hadiah Lomba 17 Agustus di Bawah Rp100 Ribu
tradisi unik agustusan pacu kude
Sumber: indonesia.travel

8. Palembang: Telok Abang

Jika kamu sedang berkunjung ke Palembang saat bulan Agustus, kamu pasti akan menemukan banyak penjual mainan berbentuk pesawat dari gabus di pinggir jalan. Mainan ini biasanya dipenuhi gambar bendera merah putih sebagai hiasan.

Tidak hanya itu, mainan ini juga terdapat telur rebus berwarna merah di bagian tengah, yang biasa disebut dengan telok abang. Menarik sekali, ‘kan?

tradisi unik telok abang
Sumber: indonesia.travel

Itu dia beberapa tradisi unik saat 17 Agustus yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Nah, kalau di daerah kamu, biasanya seperti apa sih perayaan Kemerdekaan Indonesia?

Bila kamu sedang mencari perlengkapan lomba untuk merayakan 17 Agustus, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com. Cek juga ide lomba 17 Agustus di sini.

Temukan berbagai peralatan rumah tangga untuk keperluan lomba
klik di sini

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot home living berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Kami juga mempunyai rekomendasi peralatan rumah tangga yang bisa kamu jadikan sebagai perlengkapan lomba, seperti berikut ini.

tali poliester
Krisbow Tali Poliester 8mm X 15mtr
Tali dengan daya tahan tinggi cocok untuk berbagai kebutuhan.

Beli di sini

ember kuning
Red Gorilla 15 Ltr Ember Plastik – Kuning
Ember yang ringan dan ramah lingkungan bisa kamu gunakan untuk perlengkapan lomba.

Beli di sini

bantal
Informa Set 2 Pcs Bantal & Guling Dacron – Putih
Bantal yang empuk dan halus cocok dapat kamu pakai untuk lomba gebuk bantal.

Beli di sini

piring plastik
Komax Piring Plastik 18 Cm 10 Pcs
Piring plastik sekali pakai yang aman dan berkualitas bisa kamu pakai untuk keperluan lomba.

Beli di sini