Ditahun ini, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-72, banyak momen bersejarah dan penting yang telah kita lewati. Jika kita melihat ke belakang, perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan sangatlah panjang. Maka sangat wajar jika kita merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan sangat meriah.

Namun dibalik kemeriahan perayaan tersebut, kita sebagai generasi muda juga harus bisa memaknai kemerdekaan dengan lebih dalam lagi. Terlebih dengan berbagai kemudahan yang kita nikmati saat ini. Lalu bagaimana Cara Anda memaknai kemerdekaan? Berikut ide unik bagi para generasi muda untuk memaknai kemerdekaan, mana yang sesuai dengan Anda?

5 Cara unik generasi muda memaknai kemerdekaan:

1. Traveling ke daerah-daerah di

Siapa yang tidak suka dengan jalan-jalan? Hampir bisa dikatakan semua orang suka dengan aktivitas ini. Tapi coba kita lihat, kemana destinasi liburan kita selama ini? Coba untuk berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia, sangat banyak sekali daerah yang menyenangkan untuk dikunjungi, yang tak kalah indah dengan berbagai destinasi favorit di luar negeri.

Taman Nasional Baluran misalnya, taman nasional di daerah Banyuwangi ini dijuluki sebagai Afrika-nya Indonesia. Atau Raja Ampat dengan gugusan pulaunya dan keindahan bawah lautnya. Dengan berkunjung ke daerah di Indonesia, kita akan lebih mengenali kebudayaan daerah kita sendiri dan sekaligus bisa menyebarluaskan informasi kepada banyak orang tentang keindahan alam Indonesia.

2. Mempelajari kebudayaan Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 pulau. Meskipun tidak semuanya berpenghuni, namun bisa dibayangkan berapa banyak suku yang mendiami pulau-pulau tersebut, lalu coba kita bayangkan berapa banyak kebudayaan yang kita miliki? Sangat banyak!

Lalu jika bukan kita sebagai generasi muda yang ikut mempelajari dan melestarikan kebudaayn tersebut, perlahan-lahan kebudayaan tersebut akan musnah dari peradaban. Maka tak ada salahnya jika kita mulai mempelajari berbagai adat dan kebiasaan daerah kita masing-masing agar tidak punah dan hilang tergerus zaman. Itu salah satu cara untuk memaknai kemerdekaan.

3. Mengunjungi museum dan tempat bersejarah

Tahu kan pepatah tak kenal maka tak sayang? Begitu juga dengan sejarah bangsa. Tanpa kita mengenali sejarah bangsa, bagaimana kita bisa menghargai dan mencintai bangsa ini? Yuk mulai kunjungi museum dan tempat bersejarah di kota kamu. Harga tiket masuk untuk setiap museum juga relatif murah kok, selain bisa jadi salah satu destinasi ekonomis di akhir pekan, Anda juga bisa mengenal sejarah bangsa. Wow paket combo dalam satu kunjungan pasti menyenangkan!

4. Bangga menggunakan produk dalam negeri

Tahukah Anda jika kualitas produk-produk dalam negeri tak kalah hebat dengan produk buatan luar negeri? Ya, sangat banyak produk dalam negeri yang telah menjadi salah satu komoditi ekspor ke mancanegara, mulai dari pakaian, tas, hingga makanan lokal. Bahkan beberapa artis dunia juga ikut menggunakan produk dalam negeri lho! Mulai sekarang yuk gunakan produk dalam negeri, dan bantu para produsen lokal untuk mengembangkan usaha mereka.

5. Dekorasi nuansa Merah Putih

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memaknai kemerdekaan adalah dengan menciptakan suasana yang mendukung, salah satunya dengan dekorasi nuansa kemerdekaan merah-putih di rumah ataupun tempat kerja. Warna ini bisa membakar semangat. Tidak perlu mengubah secara total, Anda bisa tambahkan beberapa dekorasi dengan nuansa merah putih dan voila semangat kebangsaan pun bisa hadir di rumah Anda!

Kira-kira cara apa yang Anda piluh untuk memaknai kemerdekaan? Jika Anda memilih menambahkan dekorasi Merah Putih di ruangan Anda, Ruparupa.com memiliki koleksi dekorasi merah putih yang bisa jadi pilihan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here