10 Rekomendasi Film Tentang Hari Kemerdekaan Indonesia

0
1924
Bendera Indonesia
Unsplash/@mufidpwt

Setiap tanggal 17 Agustus kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain upacara bendera, biasanya ada berbagai lomba diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah menonton film bertema perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Soalnya, ada banyak film Indonesia menarik yang mengangkat sejarah kemerdekaan Indonesia

Ruparupa Banner

Rekomendasi Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini film sejarah yang bisa kamu tonton untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

1. Soekarno

Film Soekarno yang rilis pada tahun 2013 dibintangi oleh Ario Bayu, Maudy Kosnaedi, Tika Bravani, dan Lukman Sardi. Film ini menceritakan tentang jalan hidup Soekarno dari masa kecil hingga perjuangannya untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Kamu tidak hanya menyaksikan cuplikan kehidupan seorang presiden pertama Indonesia, tetapi juga momen penting semasa hidup Soekarno lainnya.

2. Kartini

Kartini adalah salah satu pahlawan perempuan dari Indonesia yang terkenal akan perannya di dunia pendidikan.

Dalam film ini, aktris Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Kartini. Film ini juga dibintangi oleh Ayushita sebagai Kardinah dan Adinia Wirasti sebagai Soelastri.

Film ini bercerita mengenai perjuangan RA Kartini saat berusaha mendapatkan hak-hak perempuan seperti pendidikan yang layak. Apalagi, saat itu hanya para lelaki saja yang bisa mendapatkan pendidikan.

Film Kartini
Sumber: Netflix

3. Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman adalah pahlawan yang memimpin perang gerilya selama 7 bulan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:   8 Film Thailand Terbaru dan Terbaik Wajib Ditonton

Di film ini, kamu akan melihat bagaimana usaha Jenderal Soedirman yang melakukan perjalanan jauh dan melawan rasa sakit demi bangsa dan negara.

4. Merah Putih

Jika kamu ingin menyaksikan film sejarah tentang perang antara Indonesia dengan Belanda, maka film Merah Putih bisa menjadi pilihan. Film yang rilis pada tahun 2019 ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola, dan Teuku Rifnu Wikana.

Alur film ini bercerita tentang sekelompok teman yang berperang bersama, meski dari latar belakang yang berbeda. Dalam film yang berlatar belakang ketika terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I di tahun 1947, kita akan melihat bagaimana perjuangan mereka saat perang.

Kira-kira bagaimana cara mereka mengatasi perbedaan saat Indonesia dan Belanda sedang panas-panasnya?

Film Merah Putih
Sumber: IMDb

5. Sultan Agung

Kemerdekaan Indonesia erat hubungannya dengan awal mula penjajahan bangsa Belanda atau VOC. Film yang diperankan oleh Ario Bayu ini akan mengajak kamu untuk melihat kisah pecah-belahnya raja-raja di Kerajaan Indonesia karena fitnah dari pihak VOC.

Film Sultan Agung
Sumber: IMDb

6. Darah Garuda

Film Darah Garuda rilis di tahun 2010 dan dibintangi oleh berbagai aktor terkenal Indonesia, seperti Donny Alamsyah, Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, hingga Darius Sinathrya. Film ini merupakan lanjutan dari film Merah Putih.

Dalam film ini, kita akan menyaksikan perjuangan mereka saat adanya Agresi Militer Belanda I di Pulau Jawa pada tahun 1947 silam. Di tengah usahanya dalam bertahan, mereka bertemu dengan para mata-mata, pengkhianat negara, hingga musuh dari Belanda.

Film Darah Garuda untuk kemerdekaan Indonesia
Sumber: IMDb

7. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Siapa yang tak kenal dengan Reza Rahardian? Sebagai salah satu aktor Indonesia yang sukses memerankan peran apa pun. Kali ini, ia membuktikan kehebatan aktingnya dengan menjadi tokoh pahlawan, Tjokroaminoto.

Baca Juga:   8 Film Horor Indonesia Terbaik, Seram dan Mencekam

Film ini menceritakan tentang kehidupan Tjokroaminoto yang ingin membantu bangsa pribumi dari penjajah dengan cara membangun Sarekat Islam untuk mengembangkan pengajaran.

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto
Sumber: IMDb

8. Perburuan

Perburuan adalah film yang menceritakan tentang pasukan Tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang melawan penjajahan Jepang di Indonesia.

Menariknya, kamu akan menyaksikan ketegangan saat tentara Jepang yang berusaha mencari dan membunuh setiap anggota PETA yang mereka temukan di pelosok negeri.

Film Perburuan
Sumber: IMDb

9. Hati Merdeka

Film Hati Merdeka sangat cocok untuk kamu tonton di hari kemerdekaan Indonesia karena bertemakan mengenai serangan Belanda di tahun 1949.

Meskipun sudah merdeka, Indonesia tak serta-merta berjaya, lho. Film ini menceritakan banyak kejadian dan penumpasan yang terjadi selama tahun tersebut.

Film Hati Merdeka
Sumber: IMDb

10. The East

The East merupakan film mengenai seorang tentara Belanda yang memiliki darah keturunan Maluku. Ia harus menekan pemberontakan pasca Perang Dunia II di Indonesia.

Di sisi lain, ia mendapatkan tugas yang membuatnya dilema antara keperpihakannya kepada Belanda atau tanah air sebagai tempat kelahirannya.

Film The East
Sumber: IMDb

Nah, itu dia beberapa film yang bisa kamu tonton untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

Supaya suasan menonton di rumah semakin menyenangkan, temukan berbagai perlengkapan menonton film melalui ruparupa.com.

Kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu siapkan buat nonton di rumah, seperti di bawah ini.

Speaker Sharp
Sharp Speaker Active Cbox-dpro15cb – Hitam

Beli di sini

TV Sharp
Sharp 42 Inci Led Tv Smart 2t-c42bg1i

Beli di sini

Chatime
Chatime 1 Ltr Roasted Milk Tea

Beli di sini

Sofat untuk menonton film kemerdekaan Indonesia
Oakland Sofa Tidur Fabric – Abu-abu

Beli di sini