6 Hal yang Harus Dilakukan saat Hujan Badai

0
493
hujan badai di rumah
Sumber: freepik.com

Musim pancaroba menyebabkan kita tidak lagi bisa memprediksi perubahan cuaca. Musim seperti ini cenderung menimbulkan banyak sekali sumber penyakit, dari flu, demam, batuk, pilek, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya penyakit saja, biasanya memasuki musim penghujan bisa disertai badai dan petir. Tentunya, hujan badai cukup mengkhawatirkan, mengingat banyak pohon dan rumah yang bisa rusak akibat sambaran petir.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan saat Hujan Badai?

Nah, kalau tiba-tiba ada hujan badai saat kamu di rumah, segera lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Matikan semua sumber listrik saat hujan badai

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat hujan badai adalah mematikan semua sumber listrik di rumah. Jika perlu kamu bisa mematikan meteran listrik agar tidak menyebabkan konsleting akibat sambaran petir ke rumah, khususnya pada alat elektronik. 

Kamu bisa memutuskan arus listrik denganmenggunakan sarung tangan tebal agar kamu tidak tersetrum, seperti rekomendasi produk berikut ini.

2. Tidak menyalakan alat elektronik

Selain mematikan sumber listrik, hindari juga menyalakan perangkat elektronik. Bahkan, kita juga harus mengurangi penggunaan handphone. Apalagi kalau handphone sedang dalam pengisian daya, hal itu akan berbahaya.

3. Memeriksa bagian rumah yang rawan bocor

Hujan badai biasanya akan disertai dengan hembusan angin yang kencang. Hal ini bisa menyebabkan pergeseran pada genting rumah. Jadi, kitau perlu memeriksa bagian atap rumah yang sering kali rawan terjadi kebocoran. 

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan cat pelapis anti bocor ke rumah. Namun, bila sudah terlanjur bocor, gunakan ember untuk menampung air. Berikut ini rekomendasi produk yang bisa kamu beli. 

hujan badai Drylok Cat Pelapis Anti Bocor Latex Waterproofer
Drylok Cat Pelapis Anti Bocor Latex Waterproofer

Beli di sini

Ember Plastik 14 Ltr - Hijau
Ember Plastik 14 Ltr – Hijau

Beli di sini

4. Menutup pintu dan jendela rumah saat hujan badai

Kekuatan hujan badai bisa merusak bagian pintu dan jendela rumah. Jadi, saat terjadi hujan badai, kita perlu menutup semua pintu dan jendela dengan rapat. 

Perhatikan juga bagian jendela yang memiliki kaca besar.Tempelkan kertas atau koran bekas di sekeliling sudut kaca yang berongga untuk menahan getaran sehingga tidak akan mudah pecah.. 

Baca Juga:   13 Langkah Membersihkan Rumah Pasca Banjir
hujan badai menutup pintu
Sumber: freepik.com

 

5. Menyiapkan lampu emergency dan power bank

Hujan badai sering kali disertai dengan pemadaman listrik setempat. Untuk itulah, kita harus menyiapkan beberapa peralatan penting saat mati lampu, seperti lampu emergency, power bank, dan sebagainya.

Berikut rekomendasi perlengkapan darurat saat mati lampu yang bisa kamu gunakan.

Apa Lampu Darurat Led 6w - Putih
Apa Lampu Darurat Led 6w – Putih

Beli di sini

Ataru Power Bank Slim 5000 Mah - Pink
Ataru Power Bank Slim 5000 Mah – Pink

Beli di sini

6. Menyiapkan tas siaga bencana

Di beberapa daerah, hujan badai sering kali menyebabkan genangan air tinggi. Untuk mengantisipasi bencana ini, kita perlu menyiapkan tas siaga bencana untuk menyimpan benda-benda berharga. 

Kamu bisa meletakkan tas di tempat yang mudah dijangkau. Berikut ini rekomendasi tas  yang bisa kamu gunakan sebagai tas darurat. 

Ataru 70x27x24 Cm Tas Travel - Cokelat
Ataru 70x27x24 Cm Tas Travel – Cokelat

Beli di sini

Supercase 20 Inci Koper Cotton Candy - Hijau
Supercase 20 Inci Koper Cotton Candy

Beli di sini

Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat badai melanda. Kamu bisa membeli berbagai perlengkapan saat musim hujan, seperti senter, lampu, hingga alat keamanan diri hanya di ruparupa.com.

temukan perlengkapan musim hujan
hemat hingga 50% klik di sini

Di situs ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.