Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Cintai dan Pahami Mereka

0
200
Hari Kesadaran Autisme

Tahukah Anda tanggal 2 April adalah hari peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia? Hingga saat ini masih sering terdengar candaan tentang autisme, padahal ini bukanlah sebuah candaan. Bagi mereka yang mengalaminya, autisme merupakan sebuah perjuangan. Mengapa?

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem syaraf pada anak yang mengakibatkan hambatan atau gangguan perilaku, umumnya bisa dideteksi sebelum anak berusia 3 tahun. Tiga perilaku yang menandakan autisme yaitu hambatan komunikasi, ketidakmampuan sosialisasi, dan perilaku autistik.

Berikut beberapa gejala tentang autisme:

  • Tidak bisa komunikasi dua arah
  • Tidak ada atau sangat minim kontak mata
  • Tidak ada reaksi saat diajak main
  • Asyik dengan dunianya sendiri
  • Tertarik pada objek daripada orang
  • Tidak ada reaksi saat dipanggil
  • Tidak peka dengan lingkungan sekitar
  • Tidak atau jarang merasa sakit karena adanya gangguan sensorik

Selain beberapa gejala di atas, masih banyak ciri-ciri autistik yang sering terlewatkan oleh orangtua, karena autisme bersifat spektrum yang cakupannya sangat luas. Jika Anda melihat beberapa gejala pada anak ataupun orang-orang sekitar, kunjungi klinik tumbuh kembang anak. Sebagai orangtua, kita memang harus lebih teliti memperhatikan setiap perkembangan si Kecil. Jika ditangani dengan segera sebelum usia 3 tahun, dengan terapi autisme yang konsisten, maka perilaku autistik dapat ditekan, dan anak dengan autisme mampu menyelesaikan sekolahnya di sekolah reguler.

Yang terpenting, sebagai orangtua harus menerima keadaan anaknya terlebih dahulu, sehingga bisa berkomitmen bersama seluruh keluarga untuk membantu si Kecil menjalani terapi. Terapi autisme membutuhkan komitmen dan dorongan dari seluruh anggota keluarga. Kepatuhan dan kasih sayang merupakan kunci utama untuk mensukseskan terapi autisme.

Komitmen itu penuh dengan pengorbanan dan perjuangan, dengan rasa cinta yang tulus, maka harapan bagi anak-anak untuk sukses terbuka lebar. Sebagai peringatan bagi kita semua, anak-anak itu bukan untuk dikasihani, tapi perlu dicintai dan dipahami. Berhenti bermain kata ‘autis’, karena mereka adalah anak-anak hebat yang hadir ditengah keluarga pilihan, ayo kita berjuang bersama untuk masa depan mereka.

Hari Kesadaran Autisme

Light It Up Blue for World Autism Awareness Day!

Tingkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang autisme dan dukung mereka untuk berkarya.