7 Gedung Tertinggi di Dunia, Ada yang Sampai 800 Meter!

0
2961
gedung tertinggi di dunia
Sumber: Unsplash/ZQ Lee

Hampir setiap kota besar memiliki gedung dan bangunantinggi yang menjadi ikon dan daya tarik wisatawan. Misalnya, Monas yang menjadi simbol Ibukota Jakarta dengan ketinggian 132 meter. Ada juga Menara Eiffel di Prancis dengan ketinggian 300 meter.

Bahkan, ada gedung tertinggi di dunia yang mencapai 800 meter. Selain memiliki daya tarik, gedung tinggi tersebut menjadi simbol prestasi teknologi karena pembuatannya memerlukan tingkat keahlian tinggi dari para teknisi dan insinyur.

Ruparupa Banner

Bagaimana tidak, setiap ahli yang bekerja di balik pembuatan gedungnya ini harus memikirkan struktur yang kuat buat menahan beban dari angin dan gempa.

Lantas, Apa Saja Gedung Tertinggi di Dunia?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, ini dia daftar gedung tertinggi di dunia dari berbagai negara.

1. Gedung Tertinggi di Dunia – Burj Khalifa

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Unsplash/Jeshur Jacinto

Burj Khalifa yang berlokasi di Dubai telah menjadi gedung tertinggi di dunia selama hampir satu dekade. Ketinggian bangunannya mencapai 830 meter dengan total 160 lantai.

Di dalam gedungnya, ada sekitar 304 kamar hotel, 900 apartemen, dan tempat parkir yang mampu menampung 14.000 mobil. Selain itu, gedung ini juga memiliki sekitar 30 ribu jendela yang dapat mengurangi kebutuhan listrik dengan memanfaatkan cahaya matahari.

Tentunya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan mewah nan megah saat berada di dalam gedung ini.

2. Gedung Tertinggi di Dunia – Shanghai Tower

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Unsplash/Road Trip With Raj

Gedung tertinggi kedua di dunia adalah Shanghai Tower yang ada di China. Tinggi gedungnya sekitar 632 meter dengan jumlah lantai 128. Di dalam gedung ini, ada sekitar 1.100 apartemen, 420 kamar hotel, dan 34 lantai khusus perkantoran.

Uniknya, Shanghai Tower memiliki tempat parkir di bawah tanah yang bisa menampung 4.000 mobil. Gedung ini juga didukung dengan 3.000 panel surya yang terpasang di atap untuk menghasilkan listrik.

Sama dengan Burj Khalifa, Shanghai Tower juga memiliki konsep desain mewah pada bagian dalamnya.

3. Gedung Tertinggi di Dunia – Royal Clock Tower Makkah

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Pexels/Dimas Naufal F

Peringkat ketiga untuk gedung tertinggi di dunia diduduki oleh bangunan Royal Clock Tower yang ada di Makkah. Ketinggiannya mencapai 601 meter dengan total 120 lantai. Gedung ini mencakup 1.000 apartemen, 600 kamar hotel, dan 20 lantai perkantoran.

Baca Juga:   5 Tips Merawat Furniture Putih, Dijamin Awet dan Berkilau

Ciri khas dari gedung ini adalah lambang jam di atapnya yang dapat dilihat dari jarak 20 kilometer. Jamnya memiliki 4.000 lampu LED yang warnanya dapat diatur untuk merayakan acara tertentu.

4. Gedung Tertinggi di Dunia – Ping An Finance Center

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Flickr

Ping An Finance Center adalah gedung pencakar langit yang terletak di Shenzhen, China. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 2010 dan selesai di tahun 2017.

Selain itu, gedung ini memiliki ketinggian sekitar 599 meter dan menduduki peringkat gedung tertinggi keempat di dunia. Isi gedungnya juga beragam, yaitu ada 1.100 apartemen, 500 kamar, dan 30 lantai buat kantor.

5. Lotte World Tower

gedung lotte world tower tertinggi di dunia
Sumber: Pexels/Pixabay

Masih dari negara Asia, kota Seoul yang ada di Korea Selatan juga memiliki gedung tertinggi bernama Lotte World Tower. Gedung ini dibangun selama 6 tahun, sejak 2011 sampai 2017 silam.

Ketinggiannya sekitar 555 meter dengan 123 lantai. Selain kamar hotel, gedung ini juga diisi dengan galeri dan kafe yang makanannya bisa kamu nikmati dari ketinggian ratusan meter.

6. One World Trade Center

gedung tertinggi di dunia
Sumber: Unsplash/Lucas Franco

Gedung tertinggi keenam di dunia adalah One World Trade Center yang ada di kota New York, Amerika Serikat. Gedung ini memiliki tinggi 541 meter dengan total 104 lantai.

Uniknya, lift di gedung ini memiliki kecepatan sampai 37 km/jam, sehingga kamu dapat pergi dari lantai 1 menuju 102 dalam 60 detik.

7. CTF Finance Center

gedung tertinggi di dunia
Sumber: WSP

Pilihan gedung tertinggi lainnya berada di China, yaitu Guangzhou CTF Finance Center. Pembangunan gedungnya memakan waktu sekitar 6 tahun, mulai dari 2010 sampai 2016. Gedung ini memiliki tinggi 530 meter dengan 111 lantai.

Di dalamnya, kamu bisa menemukan pusat perbelanjaan, hotel, perkantoran, dan apartemen mewah.

Rekomendasi Perabot Mewah

Dari tujuh pilihan gedung tertinggi di dunia tersebut, mana yang sudah atau paling ingin kamu kunjungi?

Selain terlihat megah dan menawan dari luar, seluruh gedung di atas juga memiliki gaya desain interior yang mewah. Tak heran, harga satu kamar hotel di Burj Khalifa mencapai Rp400 jutaan/malam.

Baca Juga:   11 Inspirasi Desain Ruang Santai di Rumah, Dijamin Betah Seharian

Tenang, kamu juga dapat menciptakan suasana mewah dan elegan ala gedung-gedung tersebut dengan mendekorasi rumah menggunakan perabot berikut ini.

1. Tempat Tidur

Serene Set Kamar Tidur Queen - Putih
Serene Set Kamar Tidur Queen – Putih

Beli di sini

Kamar hotel dan apartemen yang ada di dalam gedung tertinggi dunia menggunakan perabot modern, seperti set kamar tidur ini.

Satu set kamar tidur ini sudah dilengkapi dengan tempat tidur berukuran 160×200 cm, emari pakaian, nakas, dan meja rias yang warna dan modelnya senada.

2. Meja Tamu

Farlon Meja Tamu - Rose Gold
Farlon Meja Tamu – Rose Gold

Beli di sini

Kamu bisa menonjolkan kesan mewah di dalam ruang tamu dengan memakai meja kaca. Soalnya, kaki meja ini terbuat dari besi berwarna rose gold yang bisa berkilau. Jadi, pantulan sinarnya dapat menambah nuansa elegan.

3. Sofa

Ashley Kexlor Set Sofa Sectional Kanan Fabric 10501 - Abu-abu
Ashley Kexlor Set Sofa Sectional Kanan Fabric 10501 – Abu-abu

Beli di sini

Untuk sofa, pilih yang sudah satu set dengan warna sama. Jika ingin menonjolkan nuansa mewah, pilih sofa warna gelap, seperti abu-abu tua atau hitam, serta memiliki desain klasik dengan dudukan yang empuk.

4. Rak Penyimpanan

rekomendasi rak buku dari besi
Forgan Rak Buku 4 Tingkat

Beli di sini

Gunakan rak penyimpanan yang terbuat dari besi supaya terlihat menawan. Tinggi rak ini mencapai 200 cm dengan material ambalan dari kaca. Ukuran raknya sekitar 153x34x200 cm.

5. Kursi Pijat

Neo Koji Kursi Pijat Compact - Hitam
Neo Koji Kursi Pijat Compact – Hitam

Beli di sini

Perabot mewah lainnya yang bisa kamu letakkan di dalam ruang keluarga adalah kursi pijat. Selain daya tariknya, kursi pijat juga dapat merelaksasi tubuh sehingga mengurangi rasa pegal.

6. Karpet

Karpet 160x220 Cm Twist 543 - Abu-abu
Karpet 160×220 Cm Twist 543 – Abu-abu

Beli di sini

Untuk memberikan rasa hangat di dalam rumah yang besar dan mewah, kamu dapat memasang karpet, terutama di ruang makan. Karpet ini memiliki motif sederhana dengan warna gelap yang tidak mudah kotor.

miliki perabot mewah hemat hingga 50%
klik di sini

Seluruh rekomendasi perabot mewah di atas bisa kamu beli melalui ruparupa. Di situs ini, kamu juga bisa menemukan berbagai peralatan rumah tangga terbaik dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, Pet Kingdom, dan masih banyak lagi.