Seperti Apa Tipe Restoran Favorit Kamu?

0
16707
meja makan tren warna oranye
Tambahkan warna oranye tangelo sebagai aksen untuk membuat ruangan lebih hidup.

Tahukah kamu sesungguhnya ada 6 tipe restoran dalam industri makanan. Tipe ini bisa kamu klasifikasikan dari menu, cara penyajian, serta ada atau tidaknya pelayan.

Awalnya, semua restoran memiliki konsep yang sama, yaitu terdapat meja dan kursi dengan pelayan yang menyiapkan hidangan pada meja.

Ruparupa Banner

Namun, seiring berkembangnya zaman dan adanya makanan cepat saji, kini ada beberapa jenis restoran favorit yang makanannya hanya untuk dibawa pulang atau take away.

Apalagi, kini sudah ada jasa layanan antar makanan. Jadi, restoran tidak melulu harus menyipakan bangku di dalamnya.

Perkembangan ini akhirnya ikut menggeser standar restoran dengan konsep area makan dan tempat duduk atau yang kita kenal dengan sit-down restaurant. Misalnya, pada negara Amerika, konsep seperti ini biasanya mereka kenal dengan nama family style restaurant.

Namun, di Inggris sendiri konsep restoran masih kental dengan tempat makan dengan pelayanannya. Sedangkan untuk fast food dan tempat dengan konsep take away tidak lazim disebut dengan restoran.

Lantas, Apa yang Membedakan Restoran Satu dengan Lainnya?

Setiap negara biasanya memiliki pemahaman jenis restoran yang berbeda satu sama lain. Secara umum, terdapat 6 tipe restoran yang berbeda, mari kita bahas satu per satu.

1. Etnis

Restoran etnis adalah restoran yang menyajikan masakan-masakan lokal atau nasional. Misalnya restoran padang, restoran manado, dan lainnya.

Jika restoran ini berada di luar negeri, bisa juga disebut sebagai Restoran Indonesia, yaitu restoran yang menyajikan berbagai makanan dari suatu daerah atau negara. Restoran jenis ini memiliki penggemarnya sendiri, lho.

Baca Juga:   7 Tips Menata Ruang Makan Berdasarkan Feng Shui
furnitur untuk cafe dan restoran
Ashley Marsilona Kursi Makan – Putih-cokelat

2. Fast Food

Restoran fast food atau cepat saji ini mengedepankan kecepatan pelayanan. Pilihan menu yang tersedia di restoran cepat saji umumnya tidak terlalu banyak.

Selain itu, ukuran restoran cepat saji juga biasanya berukuran kecil, bisa juga hanya berupa kios di pinggir jalan, seperti coffee shop.

Pelanggan juga bebas memilih tempat mereka ingin menyantap hidangan yang mereka pesan. Tidak hanya itu, restoran ini juga mengembangkan fasilitas lainnya, seperti fasilitas drive thru.

Jadi, pelanggan bisa memesan makanan dari dalam mobil tanpa harus masuk ke dalam restoran. Dalam industri F&B, tipe restoran fast food juga disebut sebagai quick service restaurant.

3. Fast Casual

Restoran dengan tipe fast casual adalah tipe restoran yang berada diantara fast food dan casual dining. Pasalnya, restoran ini menyediakan berbagai jenis makanan, namun tidak dengan pelayanan penuh.

Dari sisi harga, makanan pada restoran fast casual juga memiliki rentang harga yang tidak jauh berbeda dengan fast food dan casual dining.

furnitur untuk cafe dan restoran
Kursi bar untuk Restoran Fast Casual

4. Casual Dining

Jenis restoran ini memiliki suasana restaurant yang nyaman. Tidak hanya itu, tempat makan ini berada satu tingkat dibawah restoran tipe fine dining, baik dari sisi pelayanan, jenis, serta harga makanan.

Umumnya, restoran ini  dilengkapi dengan meja bar yang menyediakan menu minuman beralkohol seperti di restoran bintang 5, yaitu beer dan wine.

5. Family Style

Family style restaurant biasa kita sebut juga dengan restoran keluarga. Restoran dengan suasana yang nyaman ini biasanya menyajikan makanan dalam jumlah besar dengan peletakan berada di tengah meja.

Baca Juga:   8 Perabot dan Alat Relaksasi Terbaik Buat di Rumah

Jadi, setiap anggota keluarga dapat mengambil makanan dari tengah dan menikmatinya dalam piring masing-masing. Konsep ini sama persis dengan cara makan di rumah bersama keluarga.

Selain itu, ciri-ciri restoran ini hampir serupa dengan casual dining restaurant, yang membedakan adalah tidak tersedianya minuman beralkohol pada restoran keluarga.

furnitur untuk cafe dan restoran
Kursi untuk Restoran Keluarga

6. Fine Dining

Restoran fine dining merupakan restoran yang memberikan pelayanan penuh kepada pelanggannya. Terlebih lagi dengan menawarkan menu makanan seperti restoran bintang 5 yang unik dan spesifik.

Jenis restoran ini memiliki menu andalannya sendiri, yang berbeda antara restoran yang satu dengan yang lain.

Secara desain, restoran ini juga menawarkan suasana restoran yang mewah dengan desain dan furnitur yang megah.

Tamu yang berkunjung ke restoran ini biasanya memang telah mempersiapkan diri dengan pakaian yang sesuai dan mengikuti tata cara makan internasional.

Dari keenam tipe restoran yang ada, manakah yang jadi pilihan favoritmu? Atau jika kamu berencana membuka peluang usaha di bidang kuliner, restoran tipe apa yang akan kamu buat?

Bila ya, kamu bisa melengkapi berbagai furnitur untuk restoran dengan produk berkualitas dari ruparupa.com.

Temukan perlengkapan restoran
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com juga menjual berbagai dekorasi dan peralatan elektronik berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Krisbow, Selma, dan masih banyak lagi.