5 Fungsi Sertifikat Vaksin Covid-19 yang Sangat Penting

2
11224
fungsi sertifkat vaksin
Source: bisnis.com

Pada beberapa kesempatan Dr Siti Nadia Tarmizi selaku Juru bicara (jubir) pemerintah terkait program vaksin gotong royong , memberikan penjelasan fungsi sertifikat vaksin, serta cara mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID – 19 melalui web atau aplikasi PeduliLindungi

Nadia juga mengungkapkan jika peserta dapat sertifikat vaksinasi setelah menerima vaksin dosis kedua dalam bentuk elektronik dan bukan lagi cetakan.

Sertifikat vaksin dalam bentuk elektronik sendiri merupakan versi modern yang sudah terintegrasi dengan sistem E-HAC (Electronic – Health Alert Card), yaitu Kartu Kewaspadaan Kesehatan.

Nah, dengan adanya Kartu tanda vaksin ini, akan menjadi bukti jika seseorang telah malaksanakan vaksinasi Covid-19, sekaligus menjadi syarat wajib untuk berbagai kegiatan. Salah satunya saat melakukan perjalanan jauh.

Tapi lebih dari itu ternyata masih banyak fungsinya yang harus kamu tahu

Fungsi Sertifikat vaksin COVID-19

 sertifikat vaksin
Source: Kemenag.sumber

Setelah menerima suntik vaksin, segera download sertifikat vaksin covid-19 dan simpan pada memori ponsel. Alasannya karena sertifikat menjadi syarat saat menjalankan sejumlah kegiatan di DKI Jakarta terutama saat PPKM.

Melakukan Perjalanan

cek sertifikat vaksin
Source:pixabay

Dalam aturan baru yang tertuang dalam SK Kadisparekraf DKI Nomor 495 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 COVID-19 di Sektor Usaha Pariwisata.

Baik kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan Pesawat, Kereta Api, maupun Bus harus melampirka sertifikat vaksin COVID-19 sebagai syaratnya.

Selain itu, hasil negatif PCR untuk penumpang pesawat dan antigen untuk bus dan kereta api juga tetap merupakan syarat yang wajib.

Syarat Masuk Mal

Sertifikat vaksin syarat masuk ke mal
Source: Pixabay

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan, menegaskan selama Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4, pemerintah telah menerapkan syarat utama untuk bisa mengunjungi mal adalah harus menunjukan sertifikat vaksin Covid-19.

Uji coba ini telah berlaku terhadap 138 pusat perbelanjaan dan mal yang ada. Serta berlaku untuk seluruh pengunjung dan pegawai  yang keluar masuk mal.

Namun bagi yang belum mendapatkan vaksinasi karena alasan kesehatan atau penyintas Covid-19 wajib menunjukkan surat keterangan dokter, jika tidak ada maka meskipun mempunyai bukti tes punya antigen, tidak dapat diizinkan masuk.

Bukti tes antigen yang dianggap valid jika hasilnya negatif (maks 1×24 jam) atau bukti tes PCR hasil negatif (maks 2×24 jam) beserta KTP. Juga wajib dilengkapi dengan kode QR yang dapat diverifikasi secara digital.

Selain itu masyarakat juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan, dan dalam kondisi sehat.

 Menghadiri Pernikahan

fungsi sertifikat vaksin COVID 19
SOURCE:PIXABAY

Aturan terbaru selama PPKM level 4, Pemprov DKI Jakarta mengizinkan gelaran akad nikah dengan penyesuaian yaitu maksimal tamu undangan hanya 30 orang, sudah mendapat vaksin Corona, serta hanya boleh sampai pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut SK Kadisparekraf juga menuliskan seluruh keluarga/tamu dan petugas wajib melakukan vaksinasi sebelum pagelaran, dan harus terbukti dengan adanya sertifikat vaksin. Kemudian soal penyediaan makanan dalam acara nikah hanya boleh dalam tempat tertutup dan untuk dibawa pulang.

Aturan ini berlaku untuk kegiatan pemberkatan, akad nikah, di hotel dan gedung pertemuan, serta pertemuan yang sudah memiliki izin penyelenggara.

Makan di Resto & Kafe

 surat vaksin syarat makan di resto
Source: unsplash

Selain menjadi syarat perjalanan dan menggelar acara nikah, fungsi sertifikat vaksin Covid lainnya adalah menjadi syarat saat ingin makan di restoran-kafe outdoor di Ibu Kota loh!

Sementara itu kapasitas pengunjung hanya boleh 25 persen dengan batasi waktu makan maksimal 20 menit.

Aturan terbaru lainnya yaitu dine in ini hanya boleh sampai pukul 20.00 WIB, tanpa ada live music dan DJ.

Mengunjungi Salon

Fungsi surat vaksin saat ke salon
Source: Unsplash

Bukan hanya wajib melakukan pelayanan dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Karyawan dan pengunjung yang boleh berkunjung hanya bagi mereka yang sudah melakukan vaksinasi.

Lebih dari itu salon dan barbershop hanya boleh beroperasi jika berada pada lokasi tersendiri dan tidak berada di mal.

Masuk Pasar

Pasar blok A
Source: Rumah.com

Fungsi sertifikat lainnya yang tidak kalah penting adalah menjadi syarat jika ingin mengunjungi pasar umum. Seperti pasar blok A dan Blok B Tanah Abang. Semua pedagang atau pengunjung wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19.

Dari fakta inilah terlihat bukan kalau sangat penting untuk melakukan vaksin dan memiliki sertifikat Covid tersebut. Terlebih bagi pelaku perjalanan jauh, selain harus menyertakan . hasil tes antigen atau PCR.

Sertifikat vaksinasi yang telah kamu miliki dapat berfungsi sebagai syarat perjalanan dan hanya boleh diperlihatkan kepada petugas yang berwenang.

Nah, sudah jelas bukan apa fungsi sertifikat vaksin, serta kegunaanya yang sangat penting.

Namun untuk bisa mendapatkan sertifikat yang resmi, hanya tersedia bagi mereka yang sudah menerima vaksin covid-19. Sementara itu untuk mengetahui cara cek dan mengunduh sertifikat vaksinasi covid-19 dapat kamu lakukan melalui aplikasi atau web PeduliLindungi. Berikut cara dan langkahnya

Cek & download sertifikat vaksin bagi peserta baru

  1. Masuk ke aplikasi PeduliLindungi
  2. pilih login atau registrasi bagi yang belum memiliki akun.
  3. Cantumkan nama lengkap, NIK serta nomor ponsel yang aktif, yang akan dikirimi kode OTP
  4. Lalu secara otomatis peserta akan dikirimi 6 digit angka, melalui no ponsel yang terdaftar.
  5. Setelah itu kamu secara otomatis akan masuk ke dalam dashboard Pedulilindungi.id.
  6. Selanjutnya untuk mengunduh sertifikat vaksin, klik menu pada pojok kanan atas lalu Pilih menu “sertifikat vaksin”.
  7. Kemudian nama peserta akan muncul dan terbagi atas dua sertifikat, yaitu vaksinasi pertama dan kedua jika telah mengikuti dua dosis vaksin.
  8. Untuk mendapatkan sertifikat vaksin klik gambar sertifikat Tekan “unduh sertifikat”.

Selain melalui aplikasi kamu juga bisa mendapatkan sertifikat vaksin melalui web atau sms yang sangat mudah dengan mengikuti langkahnya disini.

Hindari penggunaan kartu vaksin palsu

Surat Edaran Kementrian Perhubungan, yakni SE 56/2021 yang mengatur tentang transportasi darat, SE 58/2021 tentang transportasi perkeretaapian, dan SE 59/2021 tentang transportasi laut menyebutkan “Pemalsuan sertifikat vaksin serta surat keterangan negatif Covid-19 akan mendapat sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Penumpang yang tidak melaksanakan ketentuan akan mendapat sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang telah diatur dalam UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah oleh UU No 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”).

Selain itu, Ketentuan Hukum Pidana, sebagaimana tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Tentunya, jeratan hukum tersebut berlaku tidak hanya kepada pemakai sertifikat palsu untuk kepentingan perjalanan. Pemakai sertifikat vaksin palsu untuk kepentingan apapun dapat dijerat pasal yang sama. Kesimpulannya adalah pemalsuan sertifikat vaksin merupakan suatu perbuatan pidana yang diancam dengan sanksi penjara.

Sehingga lebih baik ikuti program vaksin dari pemerintah, aga bia mendapatkan sertifikat asli. Sekaligus membantu untuk mengatasi penyebaran virus COVID-19 yang lebih luas lagi. Meskipun memang tidak berarti kalau kamu akan kebal sepenuhnya.

Namun dengan mendapatkan vaksin sejak dini kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya seperti meningkatkan Herd Immunity, kekebalan tubuh, mencegah gejala COVID yang berat, hingga mengurangi risiko kematian.

Tapi ternyata mendapatkan vaksin tidak cukup. Karena kamu harus menjaga kesehatan dengan diri secara mandiri. Dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, berjemur pada waktu yang tepat, serta mengontrol kesehatan tubuh dengan peralatan medis yang berkualitas.

Salah satunya dari Sowell, brand yang mengusung teknologi terbaik sehingga memberikan hasil yang akurat, dan nyaman saat penggunaan. Produk kesehatan ini sendiri tersedia dalam berbagai produk seperti oximeter, alat tekanan gula darah, hingga tensimeter yang memiliki perhitungan cepat dalam hitungan detik, dan terjamin keasliannya.

Produk dari Sowell bisa kamu dapatkan melalui platform Ruparupa, yang menyediakan aneka perlengkapan kesehatan yang sudah teruji klinis, dan terpercaya. Selain itu melalui platform ini kamu juga selalu mengedepankan kenyamanan, keamanan bagi penggunanya dalam bertransaksi.

Jadi tunggu apalagi, ini saatnya kamu bergabung sekarang menjadi Ruppers melalui web atau aplikasi yang tersedia pada smartphone Anda. Nikmati berbagai penawaran eksklusif yang menarik seperti cashback, potongan harga, hingga bebas biaya kirim bagi pengguna yang telah mengikuti syarat yang berlaku.

Rasakan juga pengalaman belanja yang menyenangkan karena kami memberikan berbagai metode pembayaran seperti dompet digital, maupun cicilan dari berbagai bank pilihan.

2 KOMENTAR