6 Tips Masuk Sekolah Tatap Muka Dengan Aman

0
506
Sumber: unsplash.com

Berdasarkan SKB 4 Menteri Terbaru, penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) seratus persen sudah boleh dilakukan. Tidak heran bila sejak tanggal 11 Juli 2022 kemarin, banyak anak yang mulai masuk sekolah dan melakukan PTM.

Namun, di masa pandemi COVID-19 yang belum berakhir, kita pun tetap perlu waspada. Apalagi, belakangan ini kasus positif virus Korona mulai meningkat. 

Ruparupa Banner

Melansir dari situs Kemdikbud.go.id, ada beberapa penyesuaian penyelenggaraan PTM berdasarkan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan pemerintah pusat dan capaian vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta masyarakat lansia.

Dalam surat Keputusan Bersama (SKB Empat Menteri) Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/MENKES/1140/2022, Nomor 420-1026 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaraan di Masa Pandemi COVID-19, disebutkan bahwa sekolah tatap muka 100 persen hanya bisa dilakukan untuk satuan pendidikan yang berada di PPKM Level 1 dan Level 2 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lanjut usia (lansia) di atas 60 persen.

Sedangkan untuk satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM Level 3 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lanjut usia (lansia) di atas 60 perse, maka diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan Jam Pembelajaran (JP) sesuai kurikulum.

Hal ini berbeda dengan satuan pendidikan yang capaian vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen, maka hanya bisa melakukan PTM 50 persen setiap hari secara bergantian.

Untuk satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM level 4, maka wajib menyelenggarakan PTM 50 persen setiap hari secara bergantian. Apalagi, bila di wilayah tersebut cakupan vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lansia lebih dari 60 persen.

Baca Juga:   6 Tips Pilih Tas Sekolah yang Tepat untuk Anak Sekolah

Namun, bila vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen, maka masih diwajibkan melaksanakan PJJ.

Sumber: unsplash.com

Lalu, Bagaimana Cara agar Tetap Aman Masuk Sekolah Tatap Muka?

Melihat pandemi COVID-19 yang belum berakhir, sebagai orang tua kita tentu masih merasa khawatir dengan PTM. Untuk itulah, kali ini, kami punya beberapa tips aman agar si kecil dapat sekolah dengan nyaman.

1. Selalu Gunakan Masker

Pertama, pastikan si kecil selalu menggunakan masker agar virus dan bakteri tidak masuk ke dalam tubuh dengan mudah.

Selain itu, sediakan juga masker cadangan di dalam tas sekolah miliknya. Jadi, kalau masker yang digunakan si kecil kotor atau putus, mereka bisa langsung menggantinya dengan masker cadangan baru.

Berikut beberapa rekomendasi masker yang bisa digunakan untuk si kecil.

tips sekolah tatap muka
Nexcare Masker Anti Virus Anak Daily 3 Pcs – Hijau

Beli di sini

tips sekolah tatap muka di masa pandemi
Iris Set 7 Pcs Masker Anti Virus Anak Comfortable & Clean

Beli di sini

 

2. Ajarkan Untuk Selalu Mencuci Tangan

Sumber: unsplash.com

Ingatkan si kecil untuk sering mencuci tangan sebelum makan, setelah memegang masker, atau sesuau yang lain. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasti kalau anak secara tak sadar menyentuh droplet virus lalu mengucek mata, hidung, atau lainnya. 

3. Bawa Tisu dan Hand Sanitizer Sendiri

Untuk perlindungan yang maksimal, lengkapi si kecildengan tisu dan hand sanitizer. Jadi, kalau anak tidak sempat mencuci tangan setiap saat, ia dapat menggunakan hand sanitizer.

Tisu juga bisa digunakan untuk mengelap permukaan meja atau kursi sebelum ditempati. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada droplet virus COVID-19 yang tertinggal. 

4. Bersihkan Semua Barang Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan meja, kursi, atau apa pun yang digunakan bersama-sama, usahakan untuk dibersihkan dengan tisu dan disinfektan terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan rekomendasi tisu basa dan disinfektan berikut ini.

Glint Set 50 Pcs Tisu Disinfektan

Beli di sini

Dr Soap 230 Ml Mauve Semprotan Disinfektan Serbaguna

Beli di sini

5. Bawa Peralatan Belajar Sendiri

Pastikan juga kamu membawakan mereka peralatan belajar sendiri. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kontak fisik dengan temannya. Jadinya, si kecil pun tidak saling meminjam alat tulis.

Sumber: unsplash.com

6. Membawa Bekal Makan Siang

Untuk meminimalisir kontak dengan anak lain, kamu harus membawakan mereka bekal makan siang. Pastikan kamu membawa bekal yang cukup mengenyangkan dengan menggunakan tempat makan yang berkualitas, seperti berikut ini. 

Fuel Tempat Makan Sandwich Tropical – Biru

Beli di sini

Bento Printing Tempat Makan Anak – Biru

Beli di sini

Kris Tempat Makan Dengan Tutup Klip – Pink

Beli di sini

 

Appetite Tempat Makan 2 Kompartemen Dengan Alat Makan Leo – Hijau

Beli di sini

Delicia Tempat Makan Anak 3 Sekat – Hijau

Beli di sini

Itu dia 6 tips agar anak bisa masuk sekolah dengan aman dan nyaman waktu pandemi, sehingga sebagai orang tua, kamu tak perlu terlalu mencemaskan si kecil lagi.

Kalau sedang mencari berbagai peralatan kebersihan, kotak makan, alat tulis, dan keperluan sekolah lainnya, maka kamu bisa langsung mengunjungi laman ruparupa.com

Selain perlengkapan sekolah, ruparupa.com juga menyediakan berbagai macam perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.