Cara Mempercantik Desain Rak Buku untuk Rumah Baru

0
1980

Ada banyak desain rak buku yang dapat Anda lakukan untuk menaruh buku Anda. Anda bisa mendesainnya seperti apa saja sesuai dengan gaya Anda. Mendekorasi rak buku adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Yuk, baca artikel ini untuk lihat cara mempercantik desain rak buku untuk rumah baru Anda!

Ruparupa Banner

Sumber: piqsels.com

Tidak semua rak buku harus selalu untuk menata atau berisi buku. Anda bisa taruh pajangan dekoratif dan foto pigura juga. Tema yang Anda tentukan juga bebas. Semua tergantung pada kemauan atau kebutuhan Anda.

Tips Menata Rak Buku

  • Barang / Objek

Apa pun yang Anda letakkan dan susun di rak buku Anda, yang terpenting adalah Anda harus memastikan bahwa barang-barang tersebut masih masuk dalam kategori yang sama. Misalnya, dari warna, gaya, tema, atau kombinasi dari ketiganya.

  • Layering

Tampilan rak buku Anda tidak boleh satu dimensi, karena akan terlihat sangat datar dan membosankan. Sehingga, pastikan untuk melapisi beberapa barang yang lebih kecil di depan barang yang berukuran lebih besar. Letakkan barang-barang tertinggi atau paling lebar di belakang dan yang terkecil di depan. Misalnya, Anda bisa meletakkan beberapa benda dekoratif kecil di depan buku Anda seperti pigura keramik, pot bunga, lilin dan sebagainya.

  • Ukuran dan Skala

Saat menata rak buku, sangatlah penting untuk Anda menemukan keseimbangan dari segi ukuran. Jangan taruh sesuatu yang sangat besar yang memakan semua ruang pada rak buku Anda. Tetapi, jangan taruh sesuatu yang terlalu kecil sehingga tidak dapat terlihat menonjol pada rak buku Anda dan keungkinan dapat hilang saat tersenggol. Anda harus memvariasikan bentuk, ukuran, dan ketinggian semua barang, tetapi cobalah untuk tetap menjaganya agar masih nyambung satu sama lain.

  • Kontras

Dengan adanya sedikit warna yang kontras adalah aspek yang sangatlah penting saat mendekorasi. Jika Anda menata barang-barang dan warna yang terlalu mirip, rak buku Anda bisa menjadi datar. Jadi selalu ingat untuk menambahkan sedikit kontras kepada warna ataupun bentuk barang yang akan Anda pajang.

Baca Juga:   10+ Model dan Tips Menata Kamar Minimalis

Jadi misalnya, jika Anda memiliki koleksi kotak rubiks, jangan lupa untuk tambahkan objek vas bunga berbentuk oval di sampingnya misalnya. Atau jika Anda memiliki koleksi buku bersampul bahan kulit, tambahkan benda dekoratif atau karya seni yang terbuat dari kaca atau logam. Sedikit kontras dapat membantu supaya pajangan Anda tidak terlihat kaku.

Cara Menghias Rak Buku

Jika desain rak buku Anda terlihat sedikit datar dan membosankan, ada beberapa cara untuk mengubah itu dengan cara menghias.

  • Wallpaper / Stiker

Wallpaper / stiker adalah cara yang bagus untuk mendekorasi rak buku Anda. Kalau rak buku Anda berwarna putih polos, mereka dapat menambahkan warna dan pola yang menonjol pada rak Anda. Cara termudah untuk memasangnya adalah dengan mengukur ukuran rak Anda dan memotong sebagian wallpaper ataupun stiker sesuai dengan ukuran rak Anda. Lalu, dengan perlahan dan teliti, bisa langsung Anda tempelkan ke dinding rak buku Anda deh!

  • Cat Warna

Cat adalah cara yang sangat mudah untuk mempercantik rak buku Anda. Dari bahan apapun rak buku Anda terbuat, dengan sedikit cat dan kuas ataupun cat semprot, Anda dapat dengan mudah mempercantik tampilan rak buku Anda. Anda dapat melakukan perombakan total, cukup mengecat interior atau eksterior, atau mencoba mengecat dengan semacam pola (misalnya polka dot). Apa pun gaya dan pola yang Anda inginkan, tinggal Anda cat saja raknya.

Baca Juga:   10 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu cara mempercantik desain rak buku Anda saat membangun atau merenovasi rumah. Untuk membeli perlengkapan stiker untuk Anda tempel pada rak buku Anda, ini adalah rekomendasi produk yang bisa Anda beli di Ruparupa.com:

Yeeto Stiker Dinding Bunga – Putih/Merah Muda beli di Ruparupa.com

Yeeto Stiker Dinding Motif Kota

Cari dan belilah stiker yang terbuat dari material PVC berkualitas dan tidak mudah robek dan juga mudah untuk Anda aplikasikan.

Produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!