5 Tips Menata Ruang Tamu Apartemen agar Tidak Sempit

0
1623
menata ruang tamu apartemen agar tidak sempit

Tinggal di apartemen menjadi pilihan buat kita yang beraktivitas di tengah kota. Namun, ruang apartemen tentu tidak sebesar ruangan yang ada di rumah. Bahkan, ada beberapa ruangan yang menyatu, seperti ruang tamu dan ruang makan.  

Biasanya, tipe apartemen cukup beragam, yaitu studio, 1 kamar, 2 kamar, serta 3 kamar. Dengan ukuran luas apartemen yang terbatas, kita perlu lebih cermat saat menata furnitur.

Ruparupa Banner

Bila tidak, bisa-bisa apartemen akan terasa sempit dan kita sulit bergerak. Salah satu bagian yang paling penting di dalam apartemen adalah ruang tamu. Apalagi, area ini menjadi tempat kita untuk menyambut tamu.

Lalu, Bagaimana Cara Menata Ruang Tamu Apartemen Minimalis Agar Tidak Sempit?

Pasti tidak mau ‘kan apartemen jadi sempit karena ruang tamu yang tidak tertata dengan baik? Yuk, ikuti beberapa cara berikut ini.

1. Hindari meletakkan terlalu banyak hiasan

Ukuran ruang tamu apartemen yang terbatas memang membuat kita jadi bingung menatanya. Namun, satu hal yang paling penting diperhatikan adalah pemakaian hiasan.  Hindari menambahkan terlalu banyak aksesori pajangan pada dinding dan meja. 

Soalnya, ruangan yang bersih dan tidak banyak perabot justru bisa membuat ruangan jadi terasa lapang. Meski hanya memakai sedikit pajangan, kamu tetap bisa menciptakan kesan yang mewah di dalam ruang tamu apartemen. 

Baca Juga:   10 Dekorasi Ruang Tamu ala Japandi yang Nyaman
ruang tamu apartemen minimalis
Gunakan perabot dan hiasan yang senada di dalam apartemen kecil agar terlihat rapi.

2. Gunakan perpaduan perabot dan cat dinding warna cerah

Salah satu cara untuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas adalah dengan menggunakan warna terang. Kamu bisa mengkombinasikan cat dinding putih dan perabot pastel ke dalam ruangan untuk memberikan sentuhan lembut sekaligus luas. 

Jika ingin menggunakan perabot kayu, gunakan warna muda dan terang. Kamu juga bisa memakai lantai viny yang terang, seperti corak kayu putih hingga coklat muda.

Nordia Biloxi Sofa Fabric 3 Dudukan

3. Buat ruang tamu lebih hidup dengan unsur alam

Siapa yang suka dengan suasana alam di dalam rumah? Bila kamu salah satunya, kamu bisa menciptakan suasana yang lebih natural di dalam ruang tamu apartemen.

Cukup tambahkan beberapa tanaman hias dalam pot di sudut ruangan atau sebelah sofa ruang tamu seperti ini.

Tanaman Artifisial 70 Cm Monstera Adansonii ruang tamu apartemen
Tanaman Artifisial 70 Cm Monstera Adansonii

Cek di sini

Kamu juga bisa meletakkannya di atas meja tamu dan meja sisi di dalam ruangan agar tampak lebih rapi. Berikut inspirasi meletakkan tanaman hijau di ruang tamu minimalis.

tanaman hias di ruang tamu ruang tamu apartemen
Tanaman Artifisial Sukulen

Cek di sini

Dengan tanaman hias dan unsur kayu, ruang tamu di apartemen kecil modern akan terasa lebih luas sekaligus menyegarkan. Berikut rekomendasi tanaman hias artifisial yang bisa kamu beli. 

Arthome Tanaman Artifisial Rumput Dengan Stand Logam
Arthome Tanaman Artifisial Rumput Stand Logam

Cek di sini

Arthome Tanaman Artifisial Olive
Arthome Tanaman Artifisial Olive

Cek di sini

4. Pilih furnitur sederhana dan fungsional

Hal terpenting saat menata ruang tamu apartemen mungil adalah menggunakan furnitur yang multifungsi dan minimalis. Jadinya, kamu bisa memaksimalkan ruang yang ada sehingga tidak bikin sempit. 

Baca Juga:   Jarang Diketahui, Ini Beda Blender dan Food Processor

Kamu dapat memilih perabot sederhana, tapi memiliki banyak fungsinya. Contohnya, sofa bed, yang bisa menjadi tempat tidur. Ada juga  meja yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan, serta meja tamu extendable. 

Maine Sofa Tidur Fabric 2 Dudukan - Biru
Maine Sofa Tidur Fabric 2 Dudukan – Biru

Cek di sini

Selma Izu Set Meja Sisi - Putih
Selma Izu Set Meja Sisi – Putih

Cek di sini

Marley Set Meja Tamu Sisi - Cokelat ruang tamu apartemen
Marley Set Meja Tamu Sisi – Cokelat

Cek di sini

 

5. Atur pencahayaan

Tahukah kamu kalau ternyata pencahayaan di dalam ruangan juga bisa memengaruhi tampilannya, lho.  Ada dua pilihan pencahayaan yang paling cocok untuk kamu gunakan di ruang tamu, yaitu cool white dan warm white

Jika ingin mengangkat tema minimalis, futuristik, dan monokrom, kamu bisa menggunakan pencahayaan berwarna cool white. Namun, jika ingin membuat ruangan terasa hangat, seperti tema Japandi, bohemian, atau tropis, gunakan warna lampu warm white

Kamu bisa meletakkan lampu lantai minimalis di sudut ruangan. Selain itu, menambahkan lampu dinding dan lampu gantung juga bisa menjadi ide yang menarik, lho. 

Eglare Shelvy Lampu Lantai - Cokelat Kayu
Eglare Shelvy Lampu Lantai – Cokelat Kayu

Beli di sini

Eglo Up2 Lampu Lantai - Putih
Eglo Up2 Lampu Lantai – Putih

Beli di sini

Jadi, tidak sulit untuk menata ruang tamu di dalam apartemen bukan? Kamu juga bisa menemukan berbagai perabot ruang tamu berkualitas hanya di ruparupa.com, lho.

temukan berbagai model perlengkapan ruang tamu minimalis hemat hingga 50%
klik di sini

Melalui situs belanja ini, kamu juga bisa membeli perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, dan lain-lain.