15 Konsep Ruang Tamu Modern Minimalis

0
3000
konsep ruang tamu modern

Desain ruang tamu modern minimalis belakangan menjadi tren kekinian. Selain tidak ribet, gaya desain ini juga bisa memancarakan kesan yang lebih elegan. Menciptakan ruang tamu seperti ini pun cukup mudah, lho.

Inspirasi Ruang Tamu Modern Minimalis

Fungsi ruang tamu adalah untuk menyambut kerabat dan teman yang berkunjung ke rumah. Tentu, bila ruang tamu terlihat nyaman, mereka yang mengunjungi kita pun akan merasa betah.

Tidak heran bila gaya interior ruang tamu menjadi salah satu hal yang penting di dalam sebuah rumah. Nah, apakah kamu salah satu yang ingin membuat dekorasi ruang tamu terlihat elegan?

Bila ya, kali ini kami punya inspirasi ide ruang tamu minimalis khusus buat kamu. Simak, yuk!

1Konsep ruang tamu high ceilling

Ruang tamu high ceilling yang tampak lebih luas dan lega.

Atap yang tinggi atau high ceiling bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan megah. Nah, supaya terlihat semakin menawan, sebaiknya kamu menggunakan warna netral pada furnitur yang dominan seperti sofa.

Lalu, tambahkan furnitur meja rendah dan berukuran kecil seperti meja kopi sehingga ruangan tetap terasa lebih luas. Jangan ragu menggunakan karpet motif agar ruangan tidak terlihat monoton dan membosankan.

3Gunakan lantai berwarna cokelat

Gunakan lantai cokelat pada ruang tamu untuk memberikan kesan hangat.

Penggunaan lantai PVC bermotif kayu ini juga dapat menampil kesan tegas pada ruang tamu. Sebagai dekorasi tambahan, kamu bisa menambah api unggun digital untuk membuat ruangan terasa hangat dan damai.

Jangan lupa tambahan bantal sofa berwarna putih, yang empuk agar tamu bisa duduk dengan nyaman sembari berbincang.

4Konsep rustic juga kece

Gunakan perpaduan warna cokelat, putih, dan abu-abu untuk menonjolkan kesan rustic.

Gaya modern minimalis memang selalu identik dengan warna-warna netral, seperti putih, coklat, dan abu-abu. Namun, tidak ada salahnya bila kamu mencoba gaya rustic, yang menambahkan unsur motif kayu.

Perpaduan warna putih dan cokelat bisa menciptakan kesan yang lebih elegan dan membuat ruangan tampak luas.

5Perpaduan motif geometris

Pasang wallpaper dengan motif geometris dan warna gelap untuk membuat ruang tamu tampak mewah.

Biasanya, dekorasi ruang tamu minimalis selalu menggunakan warna netral. Namun, tidak ada salahnya bila kamu mencoba sesuatu yang baru, seperti menggunakan motif geomteris dan warna cerah.

Misalnya, memadukan wallpaper bergaris dengan warna gelap dan sofa cerah, seperti inspirasi di bawah ini. Siapa sangka perpaduan ini justru membuat ruangan terlihat semakin mewah.

6Gunakan perpaduan beberapa elemen

Perpaduan beberapa elemen dan material yang membuat ruang tamu tampak lebih estetik.

Semakin hari, peminat dekorasi minimalis semakin meningkat. Tidak melulu menggunakan warna putih, kamu pun bisa menciptakan ruang tamu modern dengan perpaduan beberapa elemen.

Misalnya, memadukan furnitur dengan tekstur antara kulit, matte, dan velvet seperti ruang tamu yang satu ini. Kamu juga bisa memanfaatkan lantai bermaterial pvc dengan motif kayu untuk mempercantik ruangan.

7Ruang tamu modern futuristik

Sumber: pinterest/@yourspacefurniture.com

Saat ini, kamu bisa lebih mudah bereksperimen untuk menciptakan ruang tamu modern minimalis. Salah satunya memanfaatkan langit-langit ruangan dengan memakai lampu gantung bergaya futuristik.

Lampu berbentuk geometris dan pencahayaan yang maksimal, bisa membuat langit-langit di rumah tampak lebih hidup.

8Bergaya ala drama Korea

Gunakan sofa kain dengan desain mewah dan modern untuk tampilan ruang tamu bergaya drama Korea.

Dekorasi rumah bergaya ala drakor alias drama Korea juga bisa jadi pilihan untuk desain ruang tamu. Cukup padukan warna terang dengan menggunakan bahan sofa katun atau velvet sehingga mampu menampilkan kesan yang mewah.

10Ciptakan ilusi dengan bantuan pencahayaan

Sumber: unsplash.com/@mostafasafadel

Ide desain ruang tamu modern minimalis berikut ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di apartemen bertingkat tinggi. Tren perpaduan furnitur warna monokrom dan permainan pencahayaan yang redup bisa menambahkan keestetikaan ruang tamu.

Bentuk model sofa juga tak harus selalu berbentuk persegi panjang kaki, tetapi kamu bisa coba mempercantik ruangan dengan sofa berbentuk unik dan bean bag. 

11Gunakan tanaman hijau

Buat ruang tamu tampak lebih sejuk dan natural dengan tanaman hijau.

Mendesain ruang tamu yang sempit memang sangat menantang. Namun, kamu bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dengan memakai tanaman hias. Sentuhan kecil ini akan membuat ruang tamu tampak segar dan lebih nyaman.

12Sentuhan tekstur di area dinding

Tambahkan sentuhan tekstur pada dinding ruang tamu dengan batu bata putih.

Ruang tamu minimalis modern yang satu ini menciptakan kesan yang mewah dan elegan secara bersamaan. Kamu bisa memanfaatkan salah satu sisi dinding agar terlihat menonjol dengan memakai wallpaper batu bata putih, seperti inspirasi kami di atas.

13Perpaduan elemen modern dan tradisional

Sumber: unsplash.com/@sidekix

Cipatakan ruangan dengan inspirasi karya seni, seperti motif kayu tradisional yang menghiasi dinding berpadu dengan lampu gantung chandelier kecil. Bahan velvet dan sarung bantal sofa warna warni, menciptakan kesan yang lebih mewah.

14Gunakan kaca di dinding ruangan

Gunakan cermin pada dinding ruang tamu untuk menciptakan kesan luas.

Permainan tekstur dan cermin sangat berperan dalam tren ruang tamu modern minimalis. Apalagi, cermin juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Kamu bisa memakai cermin besar dengan bentuk menarik, seperti inspirasi kami.

15Bermain dengan warna terang

Gunakan kombinasi warna terang untuk membuat ruang tamu tampak cerah dan menawan.

Berbeda dengan gaya ruang tamu minimalis pada umumnya, ruangan satu ini menggunakan perpaduan warna kuning dan emas yang mencolok. Siapa sangka perbedaan warna furnitur bisa menampilkan tampilan yang lebih modern?

Nah, itu dia 15 ide desain ruang tamu modern minimalis yang bisa kamu coba. Kira-kira dari inspirasi tersebut, desain mana yang paling kamu suka?