Mainan Anak

    PILIHAN MAINAN EDUKASI TERBAIK UNTUK ANAK USIA DINI.

    Mainan anak ~ Di era yang semakin berkembang ini, sudah semakin banyak anak-anak usia dini yang menggunakan gadget sebagai mainan sehari-hari. Jika digunakan dengan bijak dan benar maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak anda, namun sebaliknya apabila gadget tidak dipergunakan dengan bijak dapat memberi dampak negatif bagi tumbuh kembang anak anda. Beberapa pengaruh negatif dari gadget yang akan muncul apabila orangtua tidak memberikan arahan dan pengawasan yang tepat kepada buah hati mereka yang pertama adalah bahaya dari paparan radiasi. Dalam beberapa riset yang dilakukan lembaga-lembaga terkemuka, paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi gadget sangat beresiko mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.

    Pengaruh negatif lainnya adalah dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Hal ini akan berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motorik anak. Ketika si kecil terlalu asyik bermain gadget biasanya lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya terganggu. Selain itu, kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi. Selanjutnya adalah dengan maraknya cybercrime,dapat meningkatkan resiko anak bertemu dan berkenalan dengan orang asing. Akibatnya, anak yang tidak bijak dalam menggunakan social media sangat mudah terjebak dalam cyberbullying dan tidak menutup kemungkinan terperangkap dalam jeratan para predator. Setelah mendengar beberapa pemaparan pengaruh negatif penggunaan gadget dengan tidak bijak tentunya diperlukan kontrol dan kebijakan orangtua dalam mengawasi buah hati mereka agar tidak terkena dampak negatif tersebut.

    Selain memperkenalkan anak anda dengan gadget, alangkah baiknya apabila anda memperkenalkan anak anda dengan mainan-mainan edukasi lainnya yang bisa mengasah kemampuan dan motorik anak anda. Berikut ini adalah beberapa contoh mainan edukasi anak serta manfaatnya, yaitu:

    • Mainan Set

    Mainan set bisa berbentuk seperti set mainan hobi, set mainan dapur, mainan set dokter-dokteran, kereta dan diorama berkualitas yang akan membuat momen bermain dengan si kecil semakin seru. Mainan set biasanya diminati oleh anak-anak karena bentuk dan fungsi nya yang sangat bervariasi sehingga menarik minat anak-anak.Manfaat dari memainkan mainan set adalah dapat memperkenalkan bentuk dan warna yang beragam kepada anak, dan dapat mengedukasi anak anda tentang fungsi dan cara menggunakan item-item yang ada, contohnya dengan bermain masak-masakan anak anda jadi mengetahui apa fungsi dan bagaimana cara menggunakan kompor dan apabila anak anda memainkan mainan set dokter-dokteran anak anda dapat mengetahui cara menggunakan stetoskop serta apa fungsinya. Dan dapat mengerdukasi anak anda tentang bentuk dan warna yang bervariasi.

    • Mainan Blocks dan Bricks

    Permainan ini sering kali disebut permainan bongkar pasang. Permainan ini menuntut anak untuk menyusun sebuah bricks-bricks kecil menjadi sebuah kesatuan bentuk sesuai dengan keinginan dan imajinasi anak. Ada beberapa permainan bricks yang sudah memberikan arahan akan dijadikan apa potongan potongan kecil bricks tersebut, tinggal bagaimana anak anda membangunnya menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Nama mainan blocks dan bricks yang paling umum kita dengar mungkin adalah LEGO. Ya perusahaan asal Billund, Denmark ini sangat totalitas dalam memproduksi mainan bricks dan blocks. Mereka juga membaginya kedalam beberapa tingkatan kesulitan berdasarkan jenis dan usia. LEGO juga tidak hanya diincar oleh anak-anak tapi juga orang usia remaja dan dewasa. Ada banyak jenis mainan lego mulai dari yang banyak ditemukan di pasaran hingga mainan LEGO yang langka sehingga anda harus mencarinya ke kota atau bahkan negara-negara tertentu. Kesuksesan LEGO dalam memproduksi mainan blocks dan bricks membuat bahkan LEGO punya museum nya sendiri di Billund di Prague dan berbagai tempat lainnya. Mereka juga terkadang mengadakan event LEGO terbesar di berbagai kota di dunia. Manfaat memainkan blocks dan bricks bagi anak adalah dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Permainan akan mestimulasi daya fikir, imajinasi, dan fantasinya untuk menciptakan sesuatu seperti yang ada dalam pikirannya. Pada saat melakukan permainan, anak juga dapat dihadapkan pada masalah dalam konteks permainannya, semakin lama anak bermain dan semakin tertantang untuk dapat menyelesaikannya dengan baik. Permainan ini dapat mengajak anak untuk selalu kreatif lewat berbagai variasi mainan yang dilakukan. Bila sejak kecil anak terbiasa untuk menghasilkan karya, lewat permainan rancang bangunan misalnya, kelak dia akan lebih berinovasi untuk menciptakan suatu karya, tidak hanya mengikut yang sudah ada saja. Sebenarnya jenis permainan yang merangsang kreativitas sangat banyak hanya kadang tidak disadari oleh orang tua.

    • Kartu dan Puzzle

    Jenis mainan edukatif lainnya adalah permainan kartu dan puzzle. Jenis permainan kartu bisa meliputi kartu uno atau kartu bergambar lainnya.Mainan edukatif seperti puzzle misalnya akan melatih anak anda untuk pantang menyerah dalam menyelesaikan sesuatu. Anak akan dipacu untuk terus berpikir dan mencari-cari jawaban bagaimana untuk menyatukan puzzle-puzzlenya untuk menjadi sebuah kesatuan yang utuh. anda juga bisa memberikan permainan kartu bergambar hewan atau buah-buahan dan lainnya yang dapat mengajarkan si kecil tentang huruf, bagian tubuh, dan cara menyapa. Permainan konstruktif dirancang untuk menggali ke- mampuan anak, termasuk dalam kemampuan berkonsentrasi. Contoh saat menyusun puzzle, anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada didepannya, anak tidak melakukan aktivitas yang lain sehingga konsentrasinya dapat lebih tergali. Tanpa konsentrasi, tidak dapat menghasilkan karya yang memuaskan.

    • Mainan Dorong

    Mainan dorong yang dimaksud dapat berupa mainan troli-trolian atau mainan bantu untuk anak yang baru belajar jalan. Permainan ini dapat melatih otot motorik kasar dan halus anak anda. Dengan mainan dorong, motorik halus dan kasar anak anda akan terlatih. Mulai dari mendorong, meraba, memegang, melempar, mengangkat, dan lain-lain. Pastikan mainan ini memiliki bentuk yang menarik, karena selain membuat si kecil tak cepat bosan, dia juga akan belajar mengenal bentuk-bentuk. Kegiatan-kegiatan bermain dengan mainan dorong berfungsi mengoptimalkan integrasi pada sensorik anak. Mengasah motorik halus, motorik kasar, koordinasi, dan sensorik. Sesuai tahap perkembangan usia, target yang dicapai bukan anak harus mengerti, tetapi mulai mengenal. Berikan stimulus kepada anak, bahkan sejak bayi, untuk mengeksplorasi banyak hal. Itu akan tersimpan dalam memori mereka.

    • Ride On

    Mainan Ride On adalah mainan yang memungkinkan anak anda langsung mengendarainya, seperti skuter, otoped, sepeda, mainan mobil, mobil mainan tenaga aki, mainan motor tenaga aki, sepeda dan jenis mainan Ride on lainnya. Manfaat anak bermain ride on adalah melatih keseimbangan dan konsentrasi anak. bermain skuter roda dua maupun roda tiga dapat menjadi cara terbaik untuk melatih keseimbangan anak. Apa bila anak tidak menyeimbang skuter tersebut maka skuter tidak dapat terkendali dalam arti tidak seimbang. Jadi tidak salah bermain skuter sangat bermanfaat melatih keseimbangan pada anak. konsentrasi sangat dibutuhkan dalam bermain skuter ini. Setiap anak yang bermain skuter ini harus fokus terhadap gerakan kaki dan jalan yang dilalui. Tidak hanya berlaku pada skuter saja tapi manfaat tersebut juga berlaku pada mainan ride on nya. Tentunya mainan ride on dapat menjadi mainan yang paling disenangi anak-anak karena mereka dapat langsung mengendarai mainan tersebut.

    Demikianlah beberapa rekomendasi mainan edukasi untuk anak anda dalam melatih kemampuan dan motorik anak anda. setiap orangtua tentu harus mengawasi dengan bijak permainan yang dimainkan oleh anak anda, karena pengetahuan yang diterima anak anda berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Sekian informasi yang dapat diberikan, semoga dapat menambah wawasan pembaca.

    Ruparupa menjual berbagai macam mainan anak, boneka, aksesoris pesta, jual perlengkapan pesta, dan boneka kain.