5 Ciri Khas Desain Ruangan Bergaya Industrial yang Estetik

0
4327
ciri khas desain industrial

Desain interior bergaya industrial terinspirasi dari rumah loteng yang berada di tengah padatnya kota besar. Tidak heran kalau desain ini terlihat seakan setengah jadi, tapi tetap estetik.

Tema desain interior industrial mulai menjadi favorit banyak orang, baik di rumah, ruang kerja, bahkan kafe. Soalnya, gaya desain satu ini tidak hanya estetik,   tetapi juga dinilai lebih terjangkau daripada tema interior lainnya, lho.

Ruparupa Banner

Lantas, Seperti Apa Ciri Khas Desain Ruangan Industrial?

Daripada semakin penasaran, simak beberapa ciri khas dari desain ruangan bergaya industrial berikut ini.

1. Langit-langit Tinggi dan Terekspos

Ruang bergaya industrial memiliki langit-langit atau ceailing yang tinggi, tanpa memakai plafon. Inilah yang membuat ruangan jadi lebih terbuka dan terlihat besar karena atapnya yang tinggi. 

Selain kita bisa langsung melihat bagian langit-langit rumah, berbagai pipa dan kabel listrik juga dibiarkan terekspos.  Tidak perlu khawatir terlihat berantakan karena justru hal ini akan memberikan nilai estetika.

2. Biarkan dinding terkesan unfinished

Tidak hanya langit-langit, tapi kita juga bisa membiarkan dinding rumah terkesan unfinished dengan batu bata yang terekspos atau semen tanpa dicat. Walaupun terkesan setengah jadi, desain dinding ini bisa membuat ruangan terlihat keren, lho.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Sofa Tidur 3 Dudukan Informa Terbaik di Tahun 2023

Tenang, kamu tetap bisa menambahkan hiasan dinding yang unik dari bahan metal dan berwarna monokrom, seperti inspirasi berikut ini. 

ciri khas industrial
Jam Dinding 65 Cm Iron Wire R002

Beli di sini

3. Maksimalkan pencahayaan alami

Gaya interior industrial biasanya menonjolkan jendela-jendela besar di ruangan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan saat siang hari. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.  Sedangkan di malam hari, kita juga bisa membiarkan cahaya bulan dan bintang memasuki ruangan.

Namun, kita tetap perlu menambahkan lampu dengan warna warm white atau kuning di beberapa titik rumah untuk memberikan kesan hangat.

4. Pilih perabot serba besi

Umumnya, perabot yang digunakan pada desain industrial terbuat dari bahan besi atau metal. Kita  bisa memakai perabot berwarna hitam, cokelat, abu-abu, dan putih untuk menciptakan kesan mewah.

Baca Juga:   7 Pilihan Warna Sofa Minimalis yang Paling Banyak Dicari

Contohnya, menggunakan coffee table dengan rangka besi berwarna abu-abu di dalam ruang tamu, seperti yang satu ini.

desain industrial Meja Tamu Coffee Table Martian
Meja Tamu Coffee Table Martian

Beli di sini

5. Gunakan dekorasi ala bahan metal atau besi

Ciri khas ruangan industrial adalah dekorasi dari bahan metal atau besi. Misalnya, lampu hias tanpa rangka atau kap, pajangan klasik berbahan besi, bekas kaleng cat yang dijadikan kursi, dan masih banyak lagi.

Berikut inspirasi dekorasi lampu hias dari bahan besi yang bisa melengkapi ruangan bergaya industrial. 

desain industrial Informa Gibson Lampu Lantai 3l
Informa Gibson Lampu Lantai 3l

Beli di sini

Nah, itulah beberapa ciri khas dari desain ruangan bergaya industrial. Keren sekali, bukan?  

Temukan perabot bergaya industrial
hemat hingga 50% klik di sini

Semua perabot di atas bisa kamu dapatkan melalui  ruparupa.com. Situs belanja online ini juga menyediakan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Selma, dan masih banyak lagi.