18 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Eefektif dan Alami

1
53834
Cara Mengatasi sakit pinggang

Rasa sakit pada punggung bagian bawah, di salah satu sisi pinggang atau keduanya, merupakan salah satu gejala low back pain, yang berbahaya jika diabaikan.

Banyak yang bertanya, apa sih penyebab sakit pinggang? Lalu, bagaimana solusinya?

Ruparupa Banner

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, melansir dari laman kesehatan Alodok, mengungkapkan bahwa sakit pinggang paling sering terjadi karena posisi tubuh yang salah, cedera otot, mengangkat benda berat, hingga melakukan gerakan berulang.

Tak hanya itu,  penyebab lainnya bisa terjadi karena gangguan organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Kenali Gejala Sakit Pinggang 

Melansir dari webmd.com, ada beberapa gejala sakit pinggang yang kerap terjadi, seperti berikut ini.

  1. Merasakan nyeri yang menjalar dari pinggang ke bokong hingga kaki.
  2. Pinggang seperti ditusuk, pegal, dan kaku.
  3. Rasa sakit yang meningkat jika duduk terlalu lama atau saat malam hari.
  4. Ada bagian tubuh yang sulit bergerak akibat nyeri di pinggang
  5. Rasa sakit sering memburuk di malam hari dan saat duduk terlalu lama.
  6. Pinggang merasa sakit, terutam jika mengangkat benda berat, berjalan, dan membungkuk. 
  7. Mati rasa atau tungkai lemas pada letak saraf yang terjepit.
Cara mengatasi sakit pinggang
Source: Unsplash

 

Pada gejala ringan, penderita akan mengalami rasa sakit hanya berlangsung dalam beberapa hari saja atau dalam hitungan minggu. Namun, untuk beberapa kasus ada yang merasakan lebih dari tiga bulan. 

Cara mengatasi sakit pinggang
Source: verywellhealth

Umumnya, penderita dengan gejala yang lebih berat, bisa mengalami sulit buang air kecil dan air besar, terasa kebas, hingga kesulitan berjalan.

Bila Anda mengalami hal seperti ini, lebih baik segera menghubungi dokter.

18 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif

Sakit pinggang masih bisa atasi dengan beberapa cara, seperti berikut ini.

1. Rajin Beraktivitas 

Berolahraga
Source: Pixabay

Rutin olahraga juga bisa mencegah dan mengurangi sakit pinggang. Cukup lakukan  olahraga secara rutin minimal 20 menit setiap hari, maka dapat membantu meningkatkan kesehatan sejak dini.

Namun, pada tahap awal hindari langsung memaksakan diri dengan angan memaksakan diri pada tahap awal, yang penting biasakan badan terlebih dahulu pada minggu pertama, setelah itu di minggu kedua barulah memulai olahraga yang intens. 

Berbagai jenis olahraga dapat Anda lakukan, mulai dari yang ringan seperti yoga, berenang, atau pilates hingga bersepeda.

Jika sudah terbiasa, maka Anda bisa kombinasikan dengan jenis olahraga yang lebih berat. 

Dengan cara ini, Anda bukan saja dapat mengatasi sakit pinggang, tetapi juga membuat badan lebih sehat dan menghilangkan lemak membandel dalam tubuh, serta membantu menguatkan otot pinggang. 

2. Mengurangi Mengangkat beban 

angkat berat
Source: Pixabay

Faktor lainnya yang menyebabkan Anda bisa mengalami low back pain adalah kebiasaan mengangkat beban yang berlebihan. Hindari mengangkat beban yang berlebihan, terutama jika sudah melebihi kapasitas yang dianjurkan.

Selain itu, perhatikan posisi mengangkat beban yang benar. Caranya adalah dengan posisi jongkok terlebih dahulu, bukan membungkuk. 

3. Jaga Berat Badan yang Ideal

Berat badan ideal untuk menghindari sakit pinggang
Source: Pixabay

Untuk mencegah tekanan berlebih pada tulang belakang, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dengan porsi yang secukupnya. Tanpa disadari, berat badan berlebih menjadi salah satu pemicu rasa nyeri.

4. Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin

manfaat minum susu untuk mengatasi sakit pinggang
Source: Pixabay

Penyebab lainnya mengapa Anda terus merasakan nyeri pada bagian pinggang, mungkin saja karena kurangnya asupan makanan sehat. Pastikan Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D, yang bisa membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Baca Juga:   8 Perlengkapan Kantor yang Wajib Ada di Atas Meja Kerja

Beberapa jenis makanan alami yang mengandung kalsium dan vitamin D, antara lain telur, almond, yoghurt, susu, dan brokoli.

5. Mengompres Pinggang

Mengatasi sakit pinggang dengan mengompres dengan air hangat
Source: Pixabay

Untuk mengurangi peradangan dan sakit pinggang secara efektif, Anda bisa mengompres bagian pinggang yang sakit. 

Kombinasikan kompresan dingin dan panas secara bergantian, terutama saat mengalami gejala awal pada minggu pertama.

6. Hindari Berbaring Terlalu Lama

efek terlalu lama berbaring
Source: Pixabay

Banyak orang yang aktivitas sehari harinya di dominasi dengan berbaring pada tempat tidur. Jika Anda salah satunya, maka cobalah untuk lebih banyak bergerak agar otot tidak kaku.

Akan tetapi, jika sakit pinggang semakin parah, Ruppers boleh berbaring sebentar.

7. Melakukan Peregangan

gerakan peregangan untuk mengatasi sakit pinggang

Tahukah Anda kalau penyebab rasa sakit yang timbul terjadi salah satunya karena otot  yang tegang.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan stretching secara rutin. Namun, hindair memaksakan diri saat melakukan peregangan. Cukup lakukan secara perlahan.

8. Diet Sehat

menu makanan sehat untuk mengatasi sakit pinggang
Source: Pixabay

Cara mengatasi sakit pinggang berikutnya adalah dengan menurunkan berat badan secara sehat. Pasalnya, bobot tubuh yang berlebih, sering menjadi pemicu utama rasa sakit. Namun, pastikan Anda melakukan diet yang sehat, ya! 

9. Mengonsumsi Buah 

Buah pisang untuk mengatasi sakit pinggang
Source: Pixabay

Melansir dari Everyday Health, Dana Geene, MS, RD, LDN, seorang ahli gizi di Amerika Serikat, mengatakan dengan mengonsumsi buah dan sayuran, maka dapat membantu atasi sakit pinggang.

Hal ini terjadi karena adanya kandungan zat antiinflamasi, yang dapat meredakan peradangan pada sendi serta otot manusia.

Lalu, jenis makanan apa yang bisa menyembuhkan sakit pinggang? Anda bisa mengonsumsi buah ceri, pisang, delima, nanas, dan anggur merah.

10. Meningkatkan Hormon Endrofin

Pijat plus totok wajah
Source: Pixabay

Hormon endorfin adalah hormon yang membantu agar sinyal rasa sakit tidak menuju otak. Jadi, hormon ini berfungsi untuk mengurangi rasa cemas, depresi, hingga sakit pinggang. Untuk meningkatkannya, lakukan pijat, olahraga dan meditasi.

11. Menjaga Suasana Hati

bahagia itu sederhana dan dapat mengatasi sakit pinggang

Suasana hati yang baik dapat membuat Anda lebih semangat melakukan aktivitas. Tentu, cara ini juga bisa menguransi rasa sakit yang berlebihan, loh!

Jadi, meskipun harus bekerja seharian dan dalam tekanan, cobalah untuk melakukan aktivitas positif yang membuat hati bahagia.

12. Tempelkan Koyo

fungsi koyo untuk mengatasi sakit pinggang
Source: Productnation

Untuk meredakan rasa sakit punggung yang berlebihan, Anda bisa menggunakan koyo. Cukup tempelkan koyo pada area yang terasa nyeri, lalu diamkan beberapa sahat. Kehangatan dari koyo, bisa meredakan rasa sakit tersebut.

13. Menggunakan Krim Anti Nyeri

Cream
Source: Pixabay

Selain koyo, Anda juga bisa menggunakan krim anti nyeri, yang sudah dijual bebas. Carilah krim dengan kandungan capsaicin, yang mampu mengatasi osteoarthiritis. Anda juga bisa menggunakan krim menthol yang sejuk pada kulit.

14. Meditasi dan Yoga

Meditasi

Saat merasakan ngilu berlebihan, tentunya akan juga berpengaruh pada emosi seseorang. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan metode relaksasi, yang membuat pikiran mengganti fokusnya terhadap hal-hal yang lebih positif.

15. Minum Obat Dokter

Obat obatan

Obat apa yang bisa menyembuhkan sakit pinggang? Inilah pertanyaan yang sering diajukan.
 
Melansir dari beberapa sumber, Anda bisa memakai obat-obatan yang memiliki kandungan paracetamol, naproxenm,  dan ibuprofen. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa mendapatkan obat yang paling tepat. 

16. Mengonsumsi Obat Herbal

obat tradisional

Banyak yang bertanya, apa ada obat sakit pinggang yang alami? Jawabnya, tentu ada. Nah, Anda juga bisa menggunakan air rebusan obat herbal atau tradisional dengan bahan-bahan alami, seperti berikut ini. 

Baca Juga:   5 Rekomendasi Jenis Kotak Organizer Kantor Terbaik

Jahe

Untuk mengobati sakit pinggang, Anda bisa mengonsumsi jahe, yang mengandung phytochemical. Menurut penelitian, kandungan ini dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan.

Untuk membuatnya iris jahe, lalu masukkan ke dalam air panas. Tunggu selama beberapa menit, air jahe sudah siap untuk Anda minum. 

Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit juga efektif sebgai antiperadangan. Namun, kunyit bukan obat yang berfungsi dalam waktu panjang. Jika perlu, lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Bawang Merah

Mengandung komponen aktif yang baik untuk kesehatan, seperti glikosida, alkaloid, steroid, fenolik dan zat tannin.

Untuk membuatnya, campurkan akar bawang merah, kurma cina dan jahe merah. Lalu, rebus sampai matang. Setelah itu, Anda bisa meminum seduhan ketiga bahan tersebut.

Daun sirsak

Daun sirsak juga bisa mengatasi sakit pinggang. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus 20 lembar daun daun sirsak.

Kumis Kucing

Memiliki zat kima saponin, sinensetin, mioinositol yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.  Cara membuatnya, campurkan akar jahe, kunyit, dan tanaman jenggot. Lalu rebus dan diamkan satu malam sebelum mengonsumsinya.

Rambut Jagung

Bahan yang bisa menjadi popcorn ini, ternyata juga menjadi obat alami sakit pinggang. Rebus rambut jagung bersama dengan adas, jahe merah, dan buah takokak. Lalu, Anda bisa minum campuran tersebut selagi hangat.

Bawang putih

Apakah bawang putih bisa mengobati sakit pinggang? Tentu saja karena mengandung vitamin, kalsium, serta allicin yang bermanfaat untuk kesehatan.
 
Cara membuatnya mudah cukup masukan bahan-bahan, seperti cabai, jahe, larutan alkohol dan bawang putih, fermentasi selama dua minggu. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan campuran ini pada bagian pinggang yang sakit.

17. Berdiri dan Bergerak

Olahraga meringankan sakit pinggang

Untuk kamu yang bekerja di belakang meja cenderung berpotensi sakit punggung bagian bawah yang lebih besar, sehingga atur posisi duduk seperti tidak membungkuk dan berdiri setiap 20 menit sekali. 

Selain itu pastikan untuk memiliki posisi duduk yang benar, agar terhindar dari nyeri otot, leher, dan sakit pinggang.

18. Memilih Tempat Duduk yang Tepat

Bagi orang yang bekerja di balik meja, pasti kurang bergerak karena lebih banyak duduk seharian. Ternyata, hal ini menjadi penyebab sakit pinggang yang sering terjadi.

Penyebabnya, karena saat duduk bagian tulang panggul menopang seluruh beban tubuh bagian atas. 

Jadi, pastikan Anda sesekali berdiri. Lalu, usahakan menggunakan kursi yang dapat menopang tubuh secara maksimal, seperti kursi Ergohuman berikut ini. 

Kursi kantor satu ini menerapkan teknologi ergonomis untuk kenyamanan dan kesehatan penggunanya.

 

Terbuat dari material yang berkualitas dengan taraf internasional dalam proses pembuatannya, serta sudah lulus uji coba standarisasi internasional “BIFMA.”

Selain memiliki kemampuan untuk menopang tubuh secara maksimal, kursi kantor dari Ergohuman juga punya rangka yang kuat, serta felksibel sehingga memudahkan pergerakan. 

Baca Juga: Alasan Ergohuman Sebagai Kursi kantor Andalan

Itulah cara mengatasi sakit pinggang yang efektif. Jangan lupa juga untuk melengkapi furnitur ruang kerja Anda hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online yang menawarkan berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih bnayak lagi. 

Dapatkan juga berbagai insipirasi hunian ideal, ruangan yang nyaman melalui blog Ruparupa.

1 KOMENTAR