Tips Memilih Keset Kamar Mandi Yang Harus Diketahui

0
4276
memilih keset kamar mandi

Memilih keset kamar mandi mungkin terlihat mudah dan sepele untuk sebagian orang.  Padahal, fungsi keset mandi adalah untuk menyerap air setelah kita mandi sehingga kita tidak mudah terpeleset karena licin. Jadi, tidak boleh sembarangan dalam memilihnya.

Selain itu, keset juga dapat membuat kamar mandi terlihat lebih estetik dan rapi, lho. Lalu, bagaimana cara memilih keset yang tepat?

Ruparupa Banner

Material Keset Kamar Mandi

Saat memilih alas untuk ruang mandi, tentunya kamu harus memperhatikan bahan yang dipakai. Umumnya, ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan, seperti berikut ini.

1. Katun

Katun merupakan bahan yang sangat bagus digunakan untuk alas lantai. Selain lembut, bahan ini juga menyerap air dengan baik. 

Tidak heran banyak orang yang lebih suka menggunakan keset kamar mandi dari bahan satu ini.

Karpet kamar mandi
Krishome 40×60 Cm Set 2 Pcs Keset Kamar Mandi Wave – Biru

Beli di sini

 

Keset Kamar Mandi 50×80 Cm Terra – Cokelat- modern dan minimalis

Beli di sini

2. Microfiber

Selain bahan katun, microfiber juga terkenal dapat menyerap air dan mudah dibersihkan. Keset kaki dengan bahan ini bisa membantu kamu mengeringkan kaki dengan lebih cepat dan membuat lantai jadi tidak licin.

 

Arthome 50×80 Cm Keset Kamar Mandi Microfiber – Cokelat Muda

Beli di sini

Arthome Terry Keset Kamar Mandi 50×80 Cm – Merah

Beli di sini

 

3. PVC

PVC merupakan singkatan dari polivinil klorida atau yang sering dikenal dengan bahan vinil. Nah, bahan keset satu ini biasanya lebih keras dan punya fungsi sebagai anti slip. 

Berikut ini kami punya rekomendasi keset bahan PVC yang bisa jadi pilihan buat kamu. 

Keset Pintu 40×60 Cm Pvc Hexagonal Comb- Tahan air dan tidak licin

Beli di sini

 

Selma 40×60 Cm Keset Kamar Mandi Pvc Mat Weslee Stripe – Pink

Beli di sini

4. Diatomite 

Bahan ini memiliki ciri bahan agak sedikit keras, tetapi memiliki daya tahan serap yang sangat baik. Keset yang terbuat dari bahan diatomite tidak memerlukan perawatan ekstra.

Baca Juga:   Tips Memilih Aksesoris Kamar Mandi Yang Unik Dan Bagus

Cukup mencucinya sesekali dengan cara menyikat bagian atasnya, kemudian tunggu hingga mengering sempurna. Kamu bisa menggunakannya, baik untuk kamar mandi basah ataupun kering.

Cara Memilih Keset Kamar Mandi 

Selain dari bahan, pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan fungsinya. Berikut ini beberapa tips memilih keset kamar mandi agar sesuai dengan kegunaannya.

1. Pilih yang Tidak Licin dan Cepat Menyerap Air

Pertama, jika ingin memiliki produk yang menyerap air dengan cepat dan anti slip, maka bahan microfiber adalah material yang tepat. 

Pembuatan kesetnya sendiri telah dirancang untuk melindungi pengguna dari risiko terpeleset, setelah mandi.

Tatay 70×36 Cm Keset Kamar Mandi Anti Slip – Biru

Beli di sini

2. Pilih yang Bermotif Untuk Estetika

Namun, bila kamu menginginkan kamar mandi terlihat lebih rapi, maka kamu perlu memerhatikan motif dan warna keset tersebut. Cara paling mudahnya adalah memilih keset sesuai dengan tema kamar mandi.

Bila kamar mandi kamu punya konsep serba abu-abu, maka kamu bisa memilih warna yang senada agar terlihat lebih elegan. Namun, bila kamar mandi kamu memiliki tema ceria, maka kamu bisa menggunakan keset yang lebih berwarna.

3. Pilih Keset Sesuai Ukuran

Setiap keset kamar mandi memiliki ukuran yang berbeda-beda. Nah, tips memilih keset kamar mandi berikutnya adalah pastikan kamu menggunakan ukuran yang tepat.

Hindari memakai ukuran keset terlalu besar untuk kamar mandi kecil karena justru akan mengurangi keefektifan dan keindahan ruangan. Agar lebih mudah, kenali beberapa ukuran keset kamar mandi, seperti berikut ini:

  •  Ukuran standard (40 x 60 cm)

Ukuran keset kamar mandi yang sering dipakai adalah ukuran 40 x 60 cm. Ukuran ini tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Kamu pun bisa meletakkannya di sudut kamar mandi mana pun dan bisa membuatnya terlihat lebih menawan.

Baca Juga:   7 Perlengkapan Puasa Wajib Buat Pekerja Kantoran
Keset Kamar Mandi 40×60 Cm Geo Pva – Hitam

Beli di sini

  •  Ukuran jumbo (69 x39 cm)

Bila kamu ingin menggunakan keset untuk menutupi beberapa area sekaligus, seperti wastafel dan pancuran atau bak mandi, maka kamu bisa memilih keset berukuran jumbo satu ini. Jadinya, kamar mandi tidak terlihat berantakan dan lebih estetik.

Keset Kamar Mandi 69×39 Cm Oval Frog And Duck

Beli di sini

Posisi Keset Kamar Mandi yang Tepat

Setelah memilih keset yang tepat, pertanyaan berikutnya adalah di manakita harus mengetahui lemeletakkan keset ini?

Nah, umumnya keset kamar mandi bisa kamu letakkan di posisi setelah pancuran atau bak mandi. Jadinya, setelah keluar dari kamar mandi, kamu bisa langsung mengeringkan kaki, sekaligus menjaga cipratan air tidak tersebar ke daerah lainnya.

Selain itu, kamu  juga bisa meletakannya pada bagian depan westafel untuk memberikan kesan mewah.

Posisi ini juga dapat membuat kamu lebih nyaman saat melakukan berbagai aktivitas, seperti menggosok gigi, mencuci tangan, atau sedang berdandan.

Kamu bisa menempatkannya pada area shower agar tidak licin dan terpeleset. Namun, pastikan kamu memilih keset yang memiliki fungsi untuk menyerap air secara maksimal.

Untuk menemukan semua jenis keset kamar mandi seperti yang direkomendasikan di atas, Kunjungi langsung Ruparupa.com.

Kamu juga bisa menemukan berbagai produk rumah tangga lainnya, mulai dari peralatan masak, perabot, hingga perlengkapan untuk hewan, hanya di situs satu ini. 

Tenang saja, karena kamu bisa membeli perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Infroma, Toys Kingdom, dan sebagianya. Dapatkan  juga aneka promo eksklusif khusus untuk kamu. Selamat belanja!