Mengenal Macam-Macam Talenan & Cara Memilih yang Tepat untuk Anda

0
1042
Mengenal Macam-Macam Talenan & Cara Memilih yang Tepat untuk Anda

Kita pasti sudah akrab dengan kata talenan. Talenan atau cutting board berfungsi untuk melindungi pisau Anda dan membuat meja dapur tetap bersih. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua talenan sama? Jika Anda bertanya-tanya, manakah talenan yang sesuai untuk kebutuhan Anda saat ini, maka artikel ini diharapkan bisa menjawab semua pertanyaan Anda.

Talenan Termasuk Kitchen Essentials?

Talenan modern hadir dalam beragam bentuk, ukuran, dan material. Talenan dibuat untuk melindungi mata pisau agar tetap dalam kondisi prima

Jadi, jika Anda menginginkan koleksi pisau Anda tidak cepat puntul atau rusak, maka Anda wajib mempunyai talenan sebagai alas memotong bahan makanan Anda.

Apa Material Talenan yang Terbaik?

Material talenan yang terbaik haruslah lembut, tidak kasar, mudah dibersihkan, namun tidak rapuh pada saat digunakan untuk memotong, mencincang, dan memilah bahan makanan Anda. Setiap material talenan yang tersedia di pasaran memiliki keunggulannya masing-masing.

Rekomendasi kami, cocokkan material talenan dengan kebutuhan Anda di dapur:

1. Kayu

Talenan kayu mempunyai beragam manfaat, seperti tidak cepat membuat mata pisau puntul dan beratnya yang membuat alat ini kokoh pada saat digunakan untuk mencincang. Talenan kayu juga mempunyai kemampuan untuk ‘menyembuhkan diri’ loh dari goresan pisau yang terjadi. Goresan dangkal pada talenan kayu akan menutup dengan sendirinya. Ini membuat talenan kayu banyak digemari oleh pecinta masak.

Bahan kayu yang disarankan untuk talenan kayu adalah yang keras dengan pori-pori keci, seperti kayu jati.

WOOD CUTTING BOARDYang harus dipertimbangkan pada saat memilih talenan kayu adalah perawatan yang sedikit merepotkan:

– Talenan kayu bukan untuk dicuci menggunakan mesin cuci piring

– Bersihkan talenan kayu dengan cutting board oil atau beeswax yang berlabel food-safe. Cutting board oil akan membersihkan talenan kayu dari kotoran setelah penggunaan sekaligus memberikan kemilau pada kulit kayunya

– Cara membersihkan pun harus hati-hati, yaitu dengan mengoleskan minyak pembersih tadi pada bagian yang kotor kemudian tunggu beberapa saat untuk terakhir di lap dengan lap bersih

– Untuk pembersihan penuh, gunakan baking soda dan air hangat. Gosok kemudian bilas hingga bersih

2. Plastik

PLASTIC CUTTING BOARDTalenan plastik mempunyai berat lebih ringan dan biasanya hadir dalam berbagai warna yang menarik. Talenan plastik mudah penggunaannya karena aman dicuci menggunakan mesin cuci piring. Namun yang perlu Anda pastikan adalah material pastik yang digunakan harus sudah bebas BPA, sehingga tidak beracun pada saat digunakan untuk memotong bahan makanan.

3. Bambu

BAMBOO CUTTING BOARDUntuk Anda yang suka akan segala sesuatu yang ramah lingkungan, Anda dapat memilih talenan dari bambu. Material bambu memiliki banyak kelebihan yang dapat Anda andalkan, seperti dilengkapi dengan anti bakteri alami dan anti retak, sehingga dapat digunakan untuk penggunaan di dapur dan meja makan.

4. Rubber

Material rubber biasanya hadir pada talenan modern. Untuk Anda yang suka kemudahan, talenan bermaterial ini cocok untuk Anda. Talenan rubber cenderung anti slip, mempunyai ‘kemampuan menyembuhkan diri’ dari goresan pisau, melindungi mata pisau dengan baik, serta mudah dibersihkan menggunakan sabun cuci piring biasa.

5. Silikon

Kelebihan talenan silikon dibandingkan talenan rubber adalah tidak berbau karet dan anti-panas. Favorit untuk pemasak pemula maupun profesional.

Berapa Macam Talenan yang Anda Butuhkan?

Banyaknya talenan yang Anda butuhkan tergantung dari seberapa sering Anda memasak dan menyajikan makanan. Crate & Barrel, salah satu toko furnitur terkemuka dari Amerika menyarankan Anda untuk memiliki setidaknya tiga jenis talenan: Dua talenan besar untuk daging dan memasak, serta satu buah talenan kecil untuk mencincang bumbu, memotong buah, dll.

Akan lebih baik lagi jika Anda dapat mengikuti anjuran restoran profesional untuk menyediakan talenan berdasarkan warna dan peruntukannya:

COLOR-CODING CUTTING BOARD– Biru : Untuk seafood

– Merah : Untuk daging merah mentah

– Hijau : Untuk sayur dan buah

– Kuning : Untuk Daging ternak

– Cokelat : Untuk daging yang telah dimasak

– Putih : Untuk Roti dan produk Susu

Mengapa Talenan Harus Berbeda-Beda?

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontaminasi bakteri dari pisau, tangan Anda, bahkan bahan makanan mentah yang akan Anda masak. Ingatlah selalu, pada bahan mentah, air, dan material talenan, bakteri mudah berkembang biak, sehingga kebersihan dan kehigienisannya harus selalu terjaga.

Sekarang Anda sudah tahu macam-macam talenan yang tepat untuk Anda. Jangan ragu untuk membeli talenan yang berkualitas, karena talenan merupakan salah satu investasi dapur Anda yang berharga.