4 Cara Menata Tampilan Dapur Cantik dan Efisien

0
3503

Menata tampilan dapur memang tidak mudah. Padahal, area ini tidak hanya sebagai tempat memasak, tetapi juga bisa dijadikan sebagai area keluarga berkumpul loh Ruppers. Untuk itulah, dapur yang rapi dan cantik bisa membuat rumah terasa nyaman.

Namun, bagaimana cara menata dapur yang benar?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tampilan dapur terlihat lebih cantik. 

1. Menata peralatan masak sesuai dengan kategori

Setiap dapur pasti memiliki lebih dari satu jenis alat masak. Mulai dari untuk menggoreng, menumis, hingga merebus, memakai alat masak yang berbeda-beda. 

Untuk itu, kita perlu merapikan alat masak di dalam kabinet dapur sesuai kategori. Misalnya, panci dan wajan diletakkan pada bagian bawah kabinet. Sedangkan untuk spatula dan sendok sop, bisa disimpan di dalam laci dapur.

Selain itu, pastikan peralatan masak terawat dengan baik. Jadinya, kamu bisa memiliki dapur yang terlihat lebih rapi dan menawan. 

Kamu juga bisa memanfaatkan alat elektronik dapur untuk waktu memasak lebih cepat dan efisien, lho. 

cara menata dapur di rumah
decorpad.com

 

2. Menata Tampilan Dapur Dengan Penyimpanan Pintar

Setiap ruangan pasti memerlukan tempat penyimpanan, begitu juga area dapur. Dengan penggunaan tempat penyimpanan, area dapur akan terlihat lebih bersih dan terorganisir.

Baca Juga:   6 Tips Membersihkan Kamar Tidur saat ART Mudik

Gunakan tempat penyimpanan yang fungsional sehingga tetap menambah aksen dekorasi pada dapur. Kamu bisa memanfaatkan stoples kaca untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar tertata lebih rapi.

hunker.com

 

3. Menata Tampilan Dapur Dengan Tambahkan Dekorasi

Meletakkan dekorasi dapur seperti lukisan dan tanaman hijau dapat menciptakan kesan ruangan yang estetik dan menyegarkan.

Pilihlah elemen dekorasi yang sesuai dengan tema dapur, seperti minimalis, industrial, dan  lainnya. Kamu juga perlu memperhatikan perpaduan warna yang cocok untuk tema tersebut yah, Ruppers. 

4. Bermain Dengan Lighting

Penataan pencahayaan yang tepat dapat membuat tampilan dapur lebih segar dan terlihat elegan. Letakkan lampu pada titik strategis area dapur.

Kamu juga dapat menggunakan lampu gantung hias dengan pemilihan warna yang tepat. Nah, kami punya rekomendasi lampu gantung hias yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

menata dapur
Eglare Lampu Gantung Hias Cob 15w 3000k

Beli di sini

 

menata dapur rumah
Eglare Boule Lampu Gantung Hias 3l – Satin Nickle

Beli di sini

Apa Saja Barang yang Wajib Ada Di Dapur?

Selain 4 cara di atas, kami juga punya beberapa referensi barang yang wajib kamu miliki di dapur. Jadinya, kamu bisa memasak dengan lebih mudah dan praktis. 

1. Air Fryer

Untuk memperbarui peralatan dapur di rumah,  kamu bisa menggunakan air fryer. Tentu, alat masak satu ini akan memberikan kesan tampilan dapur yang efisien.

Baca Juga:   7 Langkah Mencuci Baju dengan Cepat dan Bersih

Dengan air fryer berkualitas, menggoreng kentang, daging, ikan, unggas dan berbagai macam kue akan lebih mudah.

 
alat masak praktis dapur
Klaz Air Fryer Manual 2.5 Ltr – Hitam

Beli di sini

 

menata dapur lebih efisien
Klaz Air Fryer 3 Ltr – Hitam

Beli di sini

2. Rak Piring

Fungsi dari rak piring ini adalah untuk mengeringkan alat makan yang kamu gunakan. Nah, kamu bisa memilih rak dengan 2 tingkat, yang termasuk penyimpanan pintar.

Kamu dapat menempatkan berbagai piring atau mangkok di rak atas dan bawah. Sedangkan sendok, garpu, spatula, dan peralatan makan lainnya, bisa kamu letakkan pada sisi kanan dan kiri.

Nah, berikut ini rekomendasi rak dapur kekinian yang bisa kamu gunakan di rumah.

Krischef Rak Piring 2 Tingkat – Hitam

Beli di sini

 

 

menata dapur
Spectro Rak Piring 2 Tingkat – Hitam

Beli di sini

 

3. Talenan Dekorasi

Tidak hanya sebagai alas memotong, talenan yang cantik ini tentunya dapat dijadikan sebagai hiasan dapur. Kamu dapat menggantungnya ditembok dapur untuk memberikan aksen dekoratif.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi talenan yang bisa menghias dapur di rumah.

Cooking Coolor 30×20 Cm Talenan Made With Love

Beli di sini

 

Cooking Color 36×20 Cm Secret Ingredient Talenan Kayu

Beli di sini

Nah, Ruppers, di atas adalah beberapa cara untuk menata dapur dan beberapa barang yang tentunya memberikan tampilan dapur yang cantik dan efisien. Yuk, lengkapi barang – barang lainnya untuk menata dapur di rumah hanya bersama Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.