3 Tips Pilih Model Lampu Gantung dengan Ukuran Tepat

0
4239
Sumber: Ruparupa.com

Lampu gantung adalah salah satu dekorasi ruangan yang bisa mengubah suasana dalam sekejap. Namun, dalam memilih lampu gantung tidak boleh sembarangan. Kita perlu memperhatikan ukuran dan model lampu yang digunakan.

Bila tidak, bisa-bisa ruangan akan terlihat lebih sempit dan terasa sumpek. Lalu, bagaimana cara tepat untuk memilih lampu gantung? Seperti apa model lampu gantung yang bisa kita pilih?

Ruparupa Banner

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini,  kami akan membahasnya satu per satu.

Cara Menentukan Lampu Gantung yang Tepat

Untuk memasang lampu gantung di rumah, sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan tiga hal penting berikut ini.

1. Ketahui Model Lampu Gantung

Saat ini, terdapat cukup banyak model lampu gantung yang bisa kamu temukan. Umumnya, model lampu gantung terbagi menjadi 4 macam, seperti berikut ini.

  • Lampu Gantung Kristal

Awalnya, lampu gantung kristal digunakan untuk meletakkan lilin agar terasa lebih terang. Seiring perkembangan zaman, lilin diganti dengan bohlam lampu.

Kristal pada lampu gantung terbuat dari kaca yang memiliki kandungan oksida sehingga bisa memberikan tampilan yang tembus pandang dan prismatik. Inilah yang membuat lampu gantung kristal memberikan efek dramatis

Berikut ini kami punya rekomendasi lampu gantung kristal yang bisa jadi pilihan buat kamu.

jenis lampu gantung
Eglo Basilano Lampu Gantung Hias 6l. Lampu gantung ini siap berikan kesan elegan dan megah ke ruangan.

Beli di sini

ukuran lampu gantung
Eglare Creamy Lampu Gantung Hias Crystal 6l. Lampu gantung kristal ini bisa membuat ruangan tampak mewah.

Beli di sini

  • Lampu Gantung Sputnik

Model lampu gantung berikutinya adalah lampu sputnik, yang memiliki inti berbentuk bulat kemudian bercabang secara tidak beraturan.

Baca Juga:   8 Tips Desain Rumah Minimalis Modern Yang Menawan

Di setiap ujung cabang lampu sputnik terdapat bohlam lampu sehingga bisa membuat ruangan kamu tampak modern dan futuristik. Tidak heran bila jenis lampu gantung sputnik lebih cocok untuk ruangan gaya kontemporer, seperti rekomendasi kami berikut ini.

lampu gantung hias
Hans Lampu Gantung Hias 8l – Amber. Lampu gantung ini bisa buat ruangan jadi lebih menarik.

Beli di sini

 

ukuran lampu gantung hias
Harel Lampu Gantung Hias 9l 77x52x61 Cm – Bronze. Lampu gantung ini cocok untuk ruangan minimalis.

Beli di sini

  • Lampu Gantung Drum

Sama seperti namanya, bentuk lampu gantung satu ini berbentuk tabung tanpa penutup seperti drum. Biasanya, model lampu gantung ini lebih cocok diletakkan pada ruang makan dan area dapur karena bisa memberikan terang yang pas ketika sedang makan.

Berikut ini beberapa rekomendasi lampu gantung drum yang bisa jadi pilihan.

jenis lampu gantung
Briana Lampu Gantung Hias – Gold. Lampu gantung satu ini pas untuk ruangan modern.

Beli di sini

model lampu gantung
Eglo Bridekirk Lampu Gantung Hias D30. Lampu gantung satu ini bisa membuat ruangan lebih nyaman.

Beli di sini

  • Lampu Gantung Geometris

Bentuk lampu gantung satu ini seperti sangkar dan tersusun dari bangun geometris. Lampu gantung ini bisa memberi kesan unik pada ruangan, baik ruang tamu maupun ruang keluarga.

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi lampu gantung geometris yang bisa jadi pilihan buat kamu.

lampu gantung minimalis
Eglo Lampu Gantung Hias Tarbes 3l Long – Tembaga. Lampu gantung geometris dari bahan tembaga ini bisa berikan kesan modern ke ruangan.

Beli di sini

model lampu gantung geometris
Eglare Lampion Lampu Gantung Hias Cage – Gold. Lampu gantung bentuk sangkar ini bisa memberikan aksen unik dan antik ke ruangan.

Beli di sini

2. Pastikan Kamu Mengetahui Ukuran Lampu Gantung

Setelah memilih model, perhatikan juga ukuran lampu gantung tersebut. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.  Sebenarnya, ukuran ideal lampu gantung biasanya tidak lebih besar dari sepertiga ruangan.

Namun, ada cara sederhana lain yang bisa kamu lakukan untuk menentukan ukuran lampu gantung. Melansir dari The Spruce, kamu bisa menentukan ukuran lampu gantung dengan menjumlahkan dimensi ruangan.

Baca Juga:   5 Tips Menata Meja Rias Agar Selalu Rapi

Misalnya, ruangan berukuran 3×5 meter, maka ukuran diameter lampu yang tepat adalah sekitar 60 cm. Berikut ini panduan ukuran lampu gantung yang bisa kamu gunakan.

  • Jika ruangan berukuran sekitar 3×3 meter, maka kamu perlu memilih lampu gantung dengan ukuran diameter sekitar 43-50 cm.
  • Jika ruangan berukuran sekitar 4×4 meter, maka kamu bisa memilih lampu gantung dengan diameter sekitar 55 cm.
  • Jika ruangan berukuran sekitar 5×5 meter, maka kamu bisa memilih lampu gantung dengan diameter sekitar 60 cm.

3. Pasang Lampu Gantung dengan Tepat

Pastikan juga kamu mengukur jarak lampu gantung dengan meja ataupun lantai. Bila kamu meletakkan lampu gantung di atas meja, maka pastikan jarak lampu gantung tidak lebih dari 1 meter dari permukaan meja atau sekitar 76-91 cm.

Ketentuan standar ini mengasumsikan langit-langit rumah kamu setingi 8 kaki atau 243cm. Namun, jika kamu memasang lampu gantung tanpa ada meja, maka pastikan jarak lampu ke lantai lebih dari 3 meter, dengan maksimal panjang lampu gantung adalah sekitar 50 cm.

lampu gantung ruang makan
Eglo Loncino Lampu Gantung Hias 3l – Hitam. Lampu gantung satu ini bisa membuat ruangan terlihat lebih unik.

Beli di sini

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli lampu gantung, mulai dari model, ukuran, dan cara pemasangannya.

Jika kamu sedang mencari lampu gantung yang tepat, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan peralatan rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, percantik rumah kamu sekarang dengan lampu gantung yang tepat.