9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha di Rumah

0
218
Sumber: gettyimage/health.com

Memiliki postur tubuh yang indah pastinya menjadi impian semua wanita. Namun, melakukan diet saja tidaklah cukup. Anda juga perlu olahraga untuk membentuk otot dan lekuk tubuh idaman.

Salah satu bagian tubuh yang paling sering dikeluhkan adalah paha yang besar. Bagian tubuh ini sering mengganggu penampilan dan membuat kita jadi tidak percaya diri. Selain itu, penumpukan lemak pada paha juga berpotensi membuat kita jadi tidak nyaman saat berjalan. Untuk itulah, cara paling mudah buat mengatasi masalah ini adalah dengan mulai rutin olahraga.

9 Gerakan Olahraga di Rumah ini Ampuh Mengecilkan Paha

Apakah Anda salah satu orang yang sering tidak percaya diri pada bagian paha ini? Bila ya, yuk, simak 9 gerakan olahraga mengecilkan paha yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

1. Squat

Sumber: unsplash.com/@yourhousefitness

Gerakan squat merupakan salah satu latihan terbaik yang dapat membantu menghilangkan lemak berlebih pada area paha. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan berdiri tegak dan melebarkan kedua kaki seukuran bahu. Kemudian, posisikan kedua tangan pada pinggang dan perlahan tekuk lutut ke bawah. Tahan 5 detik dan ulangi latihan ini selama 10 kali.

Jika Anda sudah terbiasa, Anda bisa menaikkan level squat dengan menambah dumbbell saat melakukan gerakan ini. Bila Anda rutin olahraga satu ini, tidak hanya bagian paha dan kaki yang akan terasa kencang, melainkan bokong juga akan turut kencang dan membesar.

2. Squat jump

Gerakan ini mirip dengan squat, tetapi Anda perlu menambahkan gerakan melompat. Caranya, sejajarkan lebar kaki terlebih dahulu hingga setara dengan bahu. Kemudian, letakkan kedua tangan di samping tubuh dan mulai menurunkan tubuh seperti posisi awal gerakan squat. Ketika tubuh berada dalam posisi setengah jongkok, Anda dapat mulai melompatkan tubuh dan mengangkat kedua lengan ke atas untuk memberikan dorongan maksimal.

Baca Juga:   Anjing Poodle: Ciri, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

Pastikan Anda melakukan gerakan ini berada pada permukaan lantai yang tidak licin agar posisi tubuh dapat kembali seperti semula. Untuk menghindari cedera, Anda dapat menggunakan matras yoga antislip saat melakukan gerakan ini.

3. Lunges

olahraga mengecilkan paha dengan lunges
Sumber: unsplash.com/@yourhousefitness

Gerakan ini tidak hanya dapat mengecilkan paha, tetapi juga dapat membentuk otot kaki agar dapat bekerja optimal menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, latihan gerakan ini juga membantu memperkuat otot bokong.

Cara melakukannya juga cukup mudah. Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah berdiri tegak dengan melangkahkan satu kaki ke depan dengan menekuk lutut serendah mungkin. Jika salah satu sisi lutut hampir menyentuh lantai, maka Anda bisa kembali ke posisi semula.Lakukan gerakan ini sampai sepuluh kali baru pindah ke kaki sebelah.

4. Leg lift

Sumber: freepik.com

Gerakan satu ini dapat membantu mengencangkan paha, terutama bagian dalam. Lakukan gerakan ini dengan berbaring di atas matras yoga atau kasur. Kemudian, posisikan kaki setinggi 45 derajat dan tahan selama kurang lebih 15 detik. Ulangi kembali gerakan ini selama 3-4 set.

5. Naik turun tangga

olahraga mengecilkan paha dengan naik turun tangga
Sumber: JGI/Jamie Grill Blend Images / Getty Images

Ternyata, Anda tidak perlu pergi ke luar rumah untuk olahraga. Pasalnya, naik turun tangga juga sangat efektif membakar kalori pada kedua kaki Anda. Jika dilakukan secara rutin, tidak hanya paha dan betis aja yang akan terbentuk bagus, tapi kesehatan paru-paru juga akan ikut membaik.

6. Fire Hydrant

olahraga mengecilkan paha dengan yoga
Sumber: popsugar.com

Gerakan olahraga yang satu ini cukup mudah dilakukan dan efektif mengecilkan paha bagian dalam. Caranya, awali dengan memposisikan lutut dan tangan selebar bahu sembari menjaga posisi pinggul dengan meluruskan satu kaki ke belakang. Tahan posisi ini selama beberapa detik lalu lakukan pada sisi sebaliknya. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali hingga 3 atau 4 set.

Baca Juga:   Nama Kucing Jantan yang Lucu, Keren dan Unik

7. Kardio efektif mengecilkan paha

olahraga mengecilkan paha dengan cardio

Anda juga bisa mencoba melakukan kardio di dalam rumah. Apalagi, saat ini sudah banyak jenis alat olahraga rumahan yang minimalis sehingga tidak memakan banyak wilayah di rumah. Salah satunya adalah olahraga speda statis yang ampuh membakar kardio. Tidak hanya itu, olahraga ini juga dapat mengencangkan otot pada bagian paha dan betis agar tidak bergelambir.

8. Ballerina Plie

Latihan ini memberikan manfaat pada paha bagian belakang dan depan. Caranya hampir mirip dengan gerakan squat, hanya latihan paha ini memfokuskan kaki mengarah ke luar layaknya ballerina. Kemudian, secara perlahan turun dan kembali ke posisi semula setelah 1 menit.

Kunci dari gerakan ini adalah memastikan tubuh tetap berdiri tegak dan tidak membiarkan posisi telapak kaki berubah. Selain dapat mengecilkan paha, gerakan ini juga bisa mengencangkan otot bokong, terutama bila dilakukan secara rutin.

9. Mengecilkan paha dengan lompat tali

olahraga mengecilkan paha dengan lompat tali
Sumber: gettyimage/health.com

Melakukan gerakan lompat tali secara rutin setiap harinya rupanya sangat efektif membakar lemak paha, loh. Anda cukup melakukan gerakan ini selama 20 hingga 30 menit setiap harinya. Apalagi olahraga ini tergolong mudah dilakukan di mana pun dan kapan pun karena ukurannya yang ramping dan praktis.

Itu dia 9 cara mengecilkan paha yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Jangan lupa untuk melakukan gerakan di atas dengan rutin agar memperoleh hasil yang maksimal. Untuk memaksimalkan momen olahraga di rumah, berikut beberapa rekomendasi produk unggulan dari Ruparupa yang dapat Anda coba.

alat olahraga mengecilkan paha

Beli disini

dumbbell alat olahraga mengecilkan paha

Klik disini

Beli disini

Selain menghadirkan produk kebugaran, Ruparupa.com juga menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga dengan kualitas terbaik dari merek ternama Kawan Lama Grup seperti ACE, Informa, dan lainnya. Selamat belanja!