6 Manfaat Car Seat Bayi dan Penggunaannya yang Tepat

0
1401
Car seat bayi

Tahukah mengapa Anda membutuhkan car seat bayi saat berkendara? Bukan saja melindungi buah hati jika terjadi kecelakaan di jalan raya, tapi ada juga berbagai manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja itu? 

Manfaat car seat bayi 

car seat bayi

Memiliki dudukan khusus untuk buah hati di dalam mobil merupakan suatu kewajiban bagi Anda yang suka berkendara. Ada beberapa alasan penting yang wajib Anda ketahui tentang penggunaan car seat, seperti berikut ini.

1. Mencegah anak terlempar keluar mobil 

Jika terjadi kecelakaan, mobil akan mengalami guncangan yang hebat. Hal ini dapat menyebabkan orang-orang yang berada di dalam mobil terlempar keluar, baik melewati dasbor depan, pintu, ataupun mengenai kaca belakang. 

Salah satu manfaat car seat untuk anak Anda adalah melindunginya agar tidak terlempar keluar. Jadinya, penggunaan dudukan khusus anak ini, bisa menyelamatkan jiwa buah hati And.

2. Mengurangi cedera dan kematian pada anak 

Seringkali, sebagai orang tua mungkin kita berpikir kalau tidak masalah untuk memangku atau mendekap anak saat mobil melaju dengan kecepatan rendah. Nyatanya, pemikiran ini salah besar karena justru bisa berbahaya buat anak, terlihat dari hukum fisika dasar berikut ini.

Saat terjadi tabrakan, berat badan tubuh akan dikalikan dengan kecepatan mobil. Sebagai contoh, jika Anda berkendara 40 km/jam, maka orang dewasa dengan bobot 50 kg akan memiliki berat menjadi 2000 kg. Bobot yang semakin besar inilah yang bisa meremukan badan anak sehingga ia tidak bisa terselamatkan lagi.

Selain itu, kursi bayi khusus di dalam mobil juga dapat mengurangi tingkat keparahan cedera fatal dan memperbesar harapan hidup anak Anda.

Apalagi, dudukan mobil anak memiliki rancangan khusus, seperti seatbelt dan perlindungan pada kedua sisinya. Inilah yang berfungsi untuk melindungi saat terjadi hal-hal buruk ketika berkendaraan.

Jadi bisa dikatakan, bila Anda memasang car seat dengan benar, maka dapat memberikan manfaat yang sangat besar. Namun, pastikan Anda menggunakan produk yang berkualitas. 

3. Melindungi anak saat mengeksplor dunia luar

Seiring kembang tumbuhnya, anak-anak suka mengeksplorasi, serta belajar tentang dunia di sekitar mereka. Salah satunya mereka alami ketika berkendaraan dengan orang tua.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Alat Cuci Mobil Terbaik Untuk Hasil Bersih yang Maksimal

Tidak heran jika buah hati Anda menyukai posisi duduk yang dekat dengan kaca dan berdiri ketika berada di dalam mobil, hanya sekedar untuk melihat pemandangan di sekitar mereka. 

Namun, hindari membiarkan anak Anda berdiri ketika berada di dalam mobil karena akan sangat berbahaya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan car seat agar dapat memberikan ekstra keamanan. 

Pada awal menggunakan car seat,  si kecil mungkin akan menangis dan meronta. Namun, berikan waktu untuk mereka dan biasakan mereka menggunakan car seat.  Kebiasaan ini lama kelamaan akan membuat anak mengerti dan menjadikan car seat dari hal normal saat berjalan-jalan dengan mobil.

4. Memberikan kenyamanan saat beristirahat

Memang tidak ada yang senyaman pelukan ibu, tetapi bukan berarti Anda harus mendekap mereka saat berkendaraan. Lebih baik letakkan mereka di atas car seat, bukan saja karena alasan keamanan, tapi juga demi kenyamanan mereka saat sedang beristirahat di mobil.

Apalagi, hampir semua produk car seat bayi berkualitas telah memiliki busa yang nyaman dan mengikuti postur tubuh mereka. Keunggulan lainnya dari penggunaan dudukan anak ini adalah bisa melindungi anak dari guncangan saat mobil sedang melaju dan melewati jalanan rusak. 

5. Melindungi postur tubuh bayi yang baru lahir 

Sayangnya, masih banyak orang tua berpikir jika car seat bayi bukanlah produk yang tepat untuk newborn karena tulang belakang mereka yang masih lembut. Faktanya, kursi mobil khusus bayi ini justru akan melindungi bentuk tubuh mereka sejak dini. 

Tidak heran bila  beberapa negara di dunia, seperti Inggris, Jerman, dan Perancis, mengharuskan anak-anak menggunakan kursi khusus saat berpergian dengan mobil.  

6. Mencegah kerusakan otak bayi dari cedera kepala

Bayi yang baru lahir sangat berpotensi besar mengalami kerusakan otak akibat cedera kepala, yang bisa saja terjadi saat berkendaraan. Pasalnya, tulang tengkorang, leher, maupun tulang belakang bayi belum berkembang sepenuhnya. 

Untuk itulah, car seat bisa melindungi mereka. Namun, pastikan Anda memilih car seat yang sesuai dengan usia anak dan memiliki fitur unggulan, yang dapat menopang tubuh bayi secara sempurna. 

Cara Meletakkan car seat di Dalam Mobil yang Tepat

Car seat bayi

Setelah mengetahui manfaat car seat di mobil untuk anak, maka sekarang kita juga perlu mengetahui cara memasangnya dengan benar. Apalagi, memasang kursi khusus bayi di mobil tidak boleh sembarangan dan perlu memerhatikan beberapa posisi berikut ini, yang sesuai dengan usia mereka. 

Baca Juga:   6 Alat Pembersih Mobil Di Rumah Paling Praktis

Car seat menghadap ke belakang

Bila Anda ingin meletakkan anak yang baru lahir hingga usia 2 tahun di atas car seat, maka Anda harus memasangnya menghadap ke belakang. Hal ini bisa menghindari potensi cedera parah pada leher dan kepala anak ketika berada di dalam mobil, terutama jika terjadi kecelakaan. 

Car seat menghadap ke depan

Jika anak Anda sudah berumur 2-5 tahun, maka Anda boleh menghadapkan kursi bayi ke bagian depan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengencangkan sabuk pengaman dan memastikan posisi duduk yang benar. Cara ini bisa meminimalisir potensi cedera pada anak ketika mobil melaju. 

Harga Car Seat Bayi 

Harga car seat tidak selalu mahal. Biasanya, harga ini tergantung dari kualitas dan fitur yang dimiliki. Namun, hindari membeli yang terlalu murah, tanpa memperhatikan kualitas. Nah, berikut ini kami memiliki beberapa rekomendasi baby car seat terbaik yang bisa Anda beli hanya di Ruparupa.com. 

Ailebebe Kurutto Baby Car Seat  (Rp7.500.000)car seat bayi

Tidak perlu lagi khawatir saat ingin mengajak si kecil berjalan-jalan. Anda bisa memilih kursi bayi dari Ailebebe, yang dapat menjaga kenyamanan anak saat berkendara. Nyaman layaknya dekapan seorang ibu.
Kursi ini juga bisa melindungi mereka saat terjadi rem mendadak. Kelebihan dari produk ini adalah memiliki tiga posisi tempat duduk, yaitu Drive Mode, Relax Mode, dan Sleep Mode, serta dapat diputar 360 derajat. Keren banget, ya!

Ailebebe Zutto Baby Car Seat 3 Style (Rp6.250.000)

Car seat bayi

Beli di sini

Kursi bayi yang satu ini dapat memberikan kenyamanan maksimal untuk buah hati. Selain cocok untuk usia anak dari 0 bulan sampai 7 tahun, kursi ini juga bisa diatur dengan 3 berbeda sesuai keinginan.

Selain itu, produk ini telah menggunakan busa pelindung yang lembut sehingga anak lebih betah duduk berlama-lama selama berkendaraan di dalam mobil.

Sparco Kursi Bayi (Rp1.999.000)

 

car seat bayi

Berikan perlindungan esktra untuk si kecil dengan kursi bayi Sparco, yang memiliki busa lembut. Selain itu, kursi ini telah didesain khusus agar anak tidak terjatuh saat terjadi guncangan dan telah dilengkapi dengan shoulder strap sehingga dapat melindungi anak secara maksimal.
Nah, itulah beberapa rekomendasi kursi bayi berkualitas yang bisa Anda dapatkan secara online melalui Ruparupa.com. Situs belanja satu ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan furnitur terbaik dari brand terpercaya milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi. Segera dapatkan produk favorit Anda di sini!