Si kecil sudah mulai masuk sekolah namun masih susah makan? Coba trik sederhana dengan membuat bekal bento yang unik, nikmat dan menggugah selera. Bento adalah makanan bekal, bisa berupa nasi dan ragam lauk pauk yang dimasukkan ke dalam kotak bekal dan disajikan dengan tampilan menarik. Si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan pun tentu membutuhkan ragam makanan dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Karena itulah bento sangat cocok untuk dijadikan bekal anak Anda ke sekolah.

Berikut ini adalah panduan singkat membuat bekal bento praktis untuk dibawa si kecil ke sekolah

Kotak makan untuk bento

tempat bekal anak
Tempat bekal anak

Pilihlah kotak makan untuk bento yang menarik dengan warna-warna cerah atau bergambar tokoh kartun kesukaannya. Selain itu kotak makan untuk bento juga harus sesuai dengan menu yang akan Anda kreasikan. Misalnya bentuknya rumit dan banyak lauk pendampingnya, maka pilihlah kotak makan untuk bento yang besar dan memiliki banyak sekat. Jika bentuknya cukup sederhana, pilihlah kotak yang kecil tanpa sekat. Perhatikan juga kualitas kotak makan untuk bento si anak. Jangan yang mudah tumpah atau mudah terbuka. Lebih dari itu, pastikan kotak makan untuk bento si kecil bebas bahan kimia berbahaya seperti BPA.

Bentuk lucu

Nasi adalah bagian terpenting dari membuat bekal bento, terutama karena nasi mudah dibentuk menjadi beragam bentuk menarik. Gunakan nasi yang masih hangat agar mudah dibentuk. Selain nasi putih, Anda juga bisa berkreasi dengan nasi merah, nasi kuning, nasi goreng atau warna lain sesuai dengan karakter yang nantinya ingin Anda bentuk. Kemudian, bentuklah nasi dengan cetakan sesuai kreasi Anda. Tambahkan taburan nori atau rumput laut kering untuk memberi warna sekaligus rasa yang gurih. Anda juga bisa mengganti nasi dengan kentang atau roti di hari-hari berikutnya.

Menu lengkap

Banyak sekali varian lauk pendamping nasi untuk bekal bento si kecil. Menu favorit anak-anak seperti ebi furai, telor mata sapi, ayam goreng, nugget, atau sosis pasti menggugah selera makannya. Pilih yang memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Anda juga bisa membuat lauk sederhana tampak memikat dengan hiasan yang lucu. Tambahkan juga sayuran pada bekal bento si kecil. Anda bisa membentuk bunga dari wortel atau timun. Gunakan daun selada sebagai alas atau pembatas antar lauk. Masukkan juga buah potong sebagai dessert yang sehat.

Penuh warna

tempat bekal anak
Tempat bekal anak

Karena si kecil lebih mudah tertarik dengan penampilan makanan, maka Anda juga harus memperhatikan pemilihan jenis makanan dan kombinasi warna. Pastikan warna-warni yang segar berasal dari kombinasi sayur dan buah. Misalnya dengan memadukan potongan buah strawberry berwarna merah cerah dan jagung rebus berwarna kuning sebagai pendamping roti lapisnya.

Lebih dari itu, pastikan kotak makan untuk bento si kecil bebas bahan kimia berbahaya seperti BPA.

 

Membuat bekal bento untuk si kecil haruslah menarik perhatian dan menggugah seleranya. Dengan menu yang sederhana, Anda dapat menyiapkan bento praktis yang menarik, sehat dan mengenyangkan. Bayangkan ekspresi anak Anda ketika membuka kotak bekal dengan varian warna dan gizi yang komplit dalam makanannya. Ingin menambah koleksi kotak makan untuk bento si kecil? Temukan beragam jenis kotak makan bebas BPA di sini dan Anda bisa segera berkreasi untuk bekal si kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here