Ini Dia Beda Mesin Cuci Satu Tabung dan Dua Tabung

0
4771
beda mesin cuci satu dan dua tabung

Mesin cuci bertujuan untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga. Apalagi, mencuci baju adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin untuk mencegah pakaian kotor menumpuk.

Namun, memilih mesin cuci yang tepat memang gampang-gampang susah. Banyak hal yang harus kita ketahui, dari kebutuhan, luas ruangan, hingga spesifikasi dari mesin cuci itu sendiri.

Ruparupa Banner

Apalagi, ada dua jenis mesin cuci yang bisa kita temukan di pasaran, yakni mesin 1 tabung dan 2 tabung. Tentu, kedua jenis mesin cuci ini memiliki perbedaan yang perlu kita ketahui.

Bila tidak, bisa-bisa kamu membeli mesin cuci yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah begitu, bukannya semakin mudah, aktivitas mencuci kamu justru akan semakin repot.

Lantas, Apa Beda Mesin Cuci Satu Tabung dan Dua Tabung?

Supaya lebih paham, simak perbedaan kedua mesin cuci tersebut melalui ulasan berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Segi Fungsi dan Tampilan

Dari segi fungsi, mesin cuci 1 tabung atau single tub lebih praktis karena dapat melakukan proses pencucian dan pengeringan secara otomatis hanya dengan 1 tabung saja.

Baca Juga:   5 Kelebihan Meja Bar yang Terlihat Modern dan Minimalis

Secara umum, mesin single tub terbagi menjadi dua jenis, yaitu front loading dan top loading. Mesin cuci top loading mempunyai penutup di bagian atas dan front loading mempunyai penutup di bagian depan.

Sementara itu, mesin 2 tabung atau twin tub mempunyai 2 tabung terpisah yang terletak bersebelahan. Nah, 1 tabung berfungsi untuk mencuci dan 1 tabung lainnya digunakan untuk mengeringkan pakaian sehingga lebih hemat waktu.

Namun, kamu harus memindahkan dulu pakaian dari tabung satu ke tabung lainnya untuk melakukan proses pengeringan.

mesin single tub dan twin tub
Tampilan mesin front loading.

2. Kebutuhan Listrik Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung

Sebenarnya, mesin 1 tabung dan twin tub mempunyai kebutuhan konsumsi listrik yang sama. Namun, mesin 1 tabung akan menggunakan lebih banyak listrik bila fungsi pra-rendam dan pembersihan tabung diaktifkan.

Apalagi, bila mesin memiliki fitur pemanas air, maka alat ini membutuhkan lebih banyak daya listrik, seperti dilansir dari 101 appliance.

kebutuhan listrik mesin
Mesin single tub dan twin tub mempunyai kebutuhan listrik yang sama.

3. Kebutuhan Air

Kebutuhan air untuk setiap jenis mesin cuci berbeda-beda. Mesin top loading membutuhkan 140 L, mesin front loading membutuhkan 60 L, sedangkan mesin 2 tabung membutuhkan 120 L.

Baca Juga:   Apa Itu Mattress Protector? Ini Fungsi dan Tips Memilihnya!

Mesin top loading dan twin tub membutuhkan banyak air karena mempunyai desain tabung vertikal. Jadi, kamu harus mengisi tabung terlebih dulu sebelum memulai siklus pencucian.

kebutuhan air mesin cuci
Mesin top loading dan twin tub memiliki kebutuhan air lebih banyak.

4. Segi Harga

Mesin cuci single tub bisa melakukan proses pencucian dan pengeringan secara otomatis. Hal ini tentu menjadikannya lebih praktis dan mudah. Bahkan, kamu bisa menempatkan mesin 1 tabung di ruang laundry minimalis karena ukurannya yang cukup kecil.

Tidak heran bila harga mesin cuci ini lebih mahal ketimbang mesin twin tub.

harga mesin cuci
Mesin twin tub lebih ekonomis ketimbang mesin single tub.

Nah, itu dia bedanya mesin cuci satu dan dua tabung. Bila sedang membutuhkan mesin cuci, baik itu 1 tabung maupun 2 tabung, kamu bisa dengan mudah menemukannya melalui ruparupa.com.

Temukan berbagai model mesin cuci berkualitas lainnya klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Kami juga mempunyai sejumlah rekomendasi mesin cuci yang bisa kamu pilih, seperti berikut ini.

mesin cuci dua tabung
Sharp Mesin Cuci 2 Tabung 7 Kg Es-t77da-bk
Mampu mencuci pakaian dengan aman dan menjadikannya lebih bersih.

Beli di sini

mesin cuci dua tabung sharp
Sharp Mesin Cuci 2 Tabung 8 Kg Es-t77da-rk – Merah
Mesin twin tub untuk memudahkan dan menghemat waktu mencuci pakaian.

Beli di sini

mesin cuci front loading
Sharp Mesin Cuci Front Loading 8 Kg Es-fl1082b 
Dilengkapi dengan teknologi pencuci yang lebih cepat dan praktis.

Beli di sini

mesin cuci top loading
Sharp Mesin Cuci Top Loading 10 Kg Est1090vk 
Mampu menjaga kelembutan serat kain dan mengeringkan dengan cepat.

Beli di sini