Lampu

    Temukan jenis lampu yang tepat untuk setiap jenis ruangan di hunian Anda

    Cara Membuat Lampu Hias

    Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat rumah kita terlihat lebih menarik dengan dekorasi yang unik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan barang bekas. Pasti kita mempunyai banyak barang bekas yang sudah tidak terpakai dan menumpuk di rumah untuk segera dibuang. Nah, barang-barang bekas tersebut bisa kita olah dan gunakan kembali sehingga memiliki nilai fungsi dan estetika. Salah satu cara memanfaatkan barang bekas adalah dengan membuatnya menjadi lampu hias cantik. Kita bisa memanfaatkan berbagai macam barang bekas, seperti sendok plastik bekas, botol bekas, box bekas, hingga kertas bekas untuk dijadikan lampu yang bisa digunakan sebagai dekorasi rumah. Mau tau bagaimana cara membuat lampu hias mudah dan cantik? Yuk simak berikut ini.

    Terbuat dari benang

    Bahan yang harus disiapkan:

    Benang

    Toples kecil

    Lem serbuk

    Balon

    Cup minuman

    Cara membuat:

    Pertama, tiup balon yang sudah disiapkan dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, taruh benang pada toples dan aduk bersama dengan lem serbuk yang sebelumnya sudah dicampur dengan air.

    Beri tanda pada bagian ujung balon dengan menggunakan cup minuman. Setelah itu, lingkari balon sesuai dengan besar cup minuman.

    Setelah itu, tempelkan benang pada balon secara acak

    Setelah seluruh permukaan balon hampir tertutup dengan benang, diamkan hingga benang mengering

    Jika benang sudah kering, kini saatnya kita mencopot balon yang terdapat pada area dalam dengan cara menusuk balon

    Terakhir, pasang lampu pijar atau lampu warna-warni pada hiasan.

    Lampu hias dari botol dan sendok plastik bekas

    Bahan yang harus disiapkan:

    Botol minuman bekas berukuran 1500ml

    Sendok plastik

    Kertas polio berwarna hijau

    Lem

    Pylox berwarna kuning

    Cara membuat lampu hias:

    Pertama, potong botol menjadi dua bagian dan buang bagian yang ada tutupnya.

    Berikan warna pada bagian kepala sendok dengan warna kuning menggunakan pylox agar terlihat seperti buah nanas. Setelah itu, gunting sendok menggunakan tang ataupun gunting.

    Setelah semua sendok mengering, susun sendok tersebut dengan cara menempelkannya secara beraturan layaknya pola pada nanas.

    Kemudian, potong kertas polio berwarna hijau menyerupai bentuk daun untuk memberikan motif daun pada lampu.

    Tempelkan daun yang sudah kita buat tadi pada bagian atas lampu hias tersebut.

    Terakhir, pasang lampu pada bagian dalam lampu hias nanas ini.

    Lampu hias dari toples bekas

    Bahan yang harus disiapkan:

    Toples bekas

    Kertas kado bermotif

    Silet

    Lem

    Cara membuat lampu hias:

    Kali ini, kita akan membuat lampu hias menggunakan kertas kado dengan motif bintang.

    Langkah pertama, lubangi terlebih dahulu motif bintang yang ada pada kertas kado menggunakan silet.

    Setelah semua bintang terlubangi, tempelkan kertas kado pada toples bekas dengan menggunakan lem

    Terakhir, kaitkan lampu dengan toples dengan cara melubangi tutup toples sebagai tempat masuknya kabel.

    Nah, mudah kan cara membuatnya. Tentu dengan membuat lampu hias sendiri akan menghemat biaya dan bisa mempercantik rumah dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai.

    Cahaya memainkan elemen mendasar yang menjadi bagian penting dalam rumah Anda. Dengan pencahayaan yang tepat, rumah bisa terlihat lebih menarik. Pencahayaan yang tepat akan memaksimalkan tampilan, nuansa dan suasana rumah secara keseluruhan. Berikan fokus yang tepat pada setiap ruang dengan menggunakan beberapa sumber cahaya dalam satu ruangan.

    Indahnya Kamar Tidur Dengan Desain Minimalis

    Kamar tidur merupakan area favorit untuk setiap anggota keluarga. Bukan hanya untuk beristirahat, ruang yang satu ini juga terkadang digunakan sebagai tempat aktivitas utama seperti menonton TV, belajar, dan bekerja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat kamar tidur menjadi nyaman dan siapapun yang tinggal akan merasa betah berlama-lama di sini. Tidak perlu ramai dengan berbagai peralatan rumah tangga, kamar tidur sebaiknya mengusung konsep minimalis melalui warna dan cahaya lampu. Konsep minimalis sangatlah cocok jika ingin diterapkan di ruang tidur karena tipe konsepnya yang sederhana dan tidak mencolok.

    Warna Ruangan

    Memilih warna cat ruangan sama pentingnya dengan memilih furnitur yang ada. Hal ini disebabkan warna-warna kontras seperti putih atau merah muda dapat membuat tampilan minimalis terlihat sempurna. Dari jauh, ruangan juga bisa terlihat lebih luas. Hindari menggunakan warna-warna yang dapat membuat ruangan terlihat ramai, seperti kuning, hijau, ataupun pink. Jikapun ingin menyesuaikan warna dengan ruangan kecil, pilihlah warna yang tidak terlalu gelap atau warna-warna muda. Khusus untuk anak-anak, biasanya mereka memilih warna-warna dengan motif ramai untuk warna cat dinding mereka. Sebagai solusinya, hindarilah menaruh terlalu banyak benda di ruangan anak.

    Set Tempat Tidur

    Hati-hati dalam memilih furnitur jika memiliki ruang makan yang sempit. Usahakan agar Anda memilih tempat tidur lengkap dengan berbagai rak dan meja karena tempat tidur jenis ini membutuhkan sedikit ruang. Jangan memilih set tempat tidur yang memiliki bentuk kompleks karena biasanya set ini akan sulit untuk dibersihkan. Selanjutnya, lihatlah ukuran tempat tidurnya. Usahakan tidak terlalu besar mengingat area tidak dapat menampung banyak barang. Kembali gunakan warna-warna kontras.

    Rak Multifungsi

    Anda memiliki kesulitan menata barang-barang kamar tidur yang terlalu banyak? Rak multifungsi bisa membantu menjawab persoalan Anda. Furnitur yang satu ini sangat dibutuhkan oleh Anda yang ingin menerapkan konsep minimalis. Memilih furnitur multifungsi yang tepat bisa disesuaikan dengan kegiatan apa saja yang banyak dilakukan di ruangan tersebut, lalu kelompokkan. Jika di sudut kanan biasa digunakan untuk makan, maka siapkan sudut kiri khusus untuk lemari penyimpanan.

    Lampu

    Tidak hanya berfungsi untuk menerangi ruangan, lampu ternyata bisa juga memberikan efek luas pada ruangan sehingga kamar tidur yang sempit masih bisa memberikan tampilan megah. Baik secara alami maupun buatan, cahaya yang terang akan memberikan kesan terbuka yang tentu saja membuat ruangan lebih lapang. Untuk cahaya buatan, cahaya downlight bisa dijadikan pilihan untuk menyiasati ruangan yang sempit ini. Jenis ini biasanya digunakan untuk pencahayaan utama di rumah atau yang dikenal dengan istilah ambient lighting. Keunggulan menggunakan downlight adalah pemasangan lampu ini tersembunyi di dinding atau plafon, sehingga tidak memakan space ekstra dan justru membuat rumah terlihat lebih lapang. Tetapi sebelum memasang downlight, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

    Ruparupa menyediakan beragam koleksi lampu mulai dari lampu LED, bohlam, lampu gantung, lampu hias, lampu dinding, lampu meja, lampu taman serta lampu taman untuk berbagai kebutuhan Anda. Setiap produk hadir dengan pilihan daya dan model yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda. Setiap produk yang dijual aman digunakan dimanapun Anda menginginkannya serta merupakan produk original dengan kualitas yang terjamin.