#AskRuparupacom: Simplicity Dining Room

0
186
desain ruang makan

Tanya:

Dear Expert, saya ibu muda dengan 2 anak usia bayi dan balita. Saya dan suami sedang membangun rumah setelah sebelumnya tinggal bersama orang tua. Dan saya ingin menanyakan ide ruang makan yang sederhana dan fungsional. Ruang makan saya berukuran kurang lebih 3.5×4 meter dan melekat dengan dapur. Saya ingin memesan kitchen set sederhana dengan warna putih atau natural kayu. Sebaiknya bagaimana penataan ruang makan yang sederhana, fungsional dan aman nantinya? Mengingat saya memiliki 2 anak usia bayi dan balita. Semoga pertanyaan saya terpilih untuk dijawab. Terima kasih.

Rahmadana – Jakarta

Jawab:

Dear Ibu Rahmadana,

Saya akan mencoba membantu Anda mewujudkan ruang makan sekaligus dapur yang sederhana, fungsional dan aman untuk anak-anak. Untuk dinding ruang makan, sebaiknya menggunakan warna-warna natural, tidak jauh dari putih atau warna pastel.

Untuk meja makan, saya selalu merekomendasikan solid wood table. Indonesia memiliki banyak jenis kayu, mengapa kita tidak menggunakan warna-warna kayu dengan kombinasi warna putih misalnya. Jika ingin terlihat lebih formal, dapat ditambahkan kaca pada bagian atas. Namun mengingat Anda memiliki 2 orang anak berusia bayi dan balita, sebaiknya hindarkan penggunaan kaca ataupun furnitur dengan sudut runcing.

Saat memilih furnitur pada ruang makan, Anda juga harus memikirkan cara perawatannya. Kemungkinan tumpahnya makanan ataupun minuman karena tersenggol oleh si Kecil cukup besar. Pastikan jika Anda memilih material kayu sebagai furnitur, pilihlah furnitur yang telah di coating, sehingga lebih mudah dibersihkan. Banyak pilihan finishing untuk material kayu, seperti veneer, finishing gloss atau clear, ketiga jenis finishing itu tergolong mudah dibersihkan.

Untuk kombinasi warna pada ruang makan, sebaiknya tidak terlalu jauh dari warna putih, greyscale atau warna kayu natural. Mainkan tone antara permukaan doff dan gloss, sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan kombinasi warna dan tekstur. Anda juga dapat menambahkan beberapa warna pastel sebagai aksen pada kursi makan dengan upholster, serbet dan lap dapur, ataupun runner.

Perhatikan juga sisi pencahayaannya.

Pencahayaan yang paling baik adalah cahaya natural, sehingga warna makanan dapat keluar dengan tajam. Tambahkan juga lampu gantung tepat di atas meja makan, sehingga bagian atas meja makan serta warna hidangan terlihat jelas. Warna makanan yang tajam secara alami dapat meningkatkan selera makan.

Tema simplicity pada ruang makan dapat dikombinasikan dengan planter. Saat ini cukup banyak pilihan terarium yang ditawarkan. Anda dapat menempatkan terarium pada sudut kitchen set, salah satu rak dapur, atau di atas kabinet. Tambahkan juga mangkuk buah dengan buah asli pada bagian tengah meja. Ciptakan suasana yang mendukung dan menggugah selera makan dengan menghadirkan warna dari makanan itu sendiri.

Karena Anda memiliki anak-anak usia bayi dan balita, sebaihnya hindari penggunaan material kaca pada berbagai furnitur ruang makan yang Anda pilih. Selain itu tingkatkan keamanan pada rak penyimpanan dengan menambahkan berbagai produk keamanan anak atau baby proof. Dengan penambahan produk-produk baby proof ini dapat meminimalisir kemungkinan anak-anak membuka laci atau lemari dan menemukan berbagai benda tajam ataupun berbahaya.

Demikian beberapa masukan dari saya untuk membuat ruang makan sederhana dan ramah Anak.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn