#AskRuparupacom: Modern Studio Apartment

0
192
interior apartemen tipe studio

#AskRuparupacom : Modern Studio Apartment

Tanya:

Hai Pak Glenn, saya Andi, ingin bertanya tentang bagaimana cara menyiasati apartemen tipe studio agar bisa menghadirkan cukup ruang untuk semua aktifitas harian. Kebetulan saya baru saja menikah, dan sementara masih tinggal di rumah mertua sambil menunggu apartemen selesai serah terima. Tapi jujur saya agak bingung bagaimana menyiasati apartemen tipe studio ini agar nyaman ditinggali berdua dengan istri.  Terima kasih.

Andi – Jakarta

Jawab:

Hai Pak Andi, saya ucapkan selamat atas pernikahannya.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menyiasati apartemen tipe studio adalah mendata aktifitas harian seperti apa yang kira-kira akan dilakukan setiap hari. Perhitungkan hal-hal formal saja, hal-hal yang kita harapkan tapi belum tentu dilakukan tidak usah dimasukkan dalam perhitungan aktifitas harian. Misalnya, jika Anda ingin memasukkan treadmill ke dalam apartemen, padahal jarang atau tidak pernah treadmill, sebaiknya aktifitas itu tidak perlu diperhitungkan.

Pastikan aktivitas sehari-hari yang Anda pilih adalah memang aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Jadi mungkin untuk aktifitas yang dilakukan sekali dalam 2 bulan atau aktifitas lain yang jarang dilakukan, sebaiknya dilakukan di luar. Misalnya olah raga, memasak, dan aktifitas lain.

Setelah mendata aktifitas harian apa yang Anda lakukan, lalu perhatikan furnitur dan equipment apa yang Anda butuhkan untuk mendukung aktifitas harian tersebut. Untuk meja makan misalnya, pilih satu meja yang dapat digunakan untuk berbagai aktifitas, misalnya selain untuk makan, meja tersebut juga digunakan untuk bekerja atau belajar. Meja tersebut bisa di custom menjadi meja flip up, yang melekat ke dinding. Jadi meja tersebut bisa dilipat jika ingin melakukan yoga misalnya. Hindari penggunaan meja floating di tengah ruangan. Untuk televisi, bisa digunakan tv layar datar dan ditempelkan ke dinding menggunakan bracket, sehingga lebih praktis.

Pemilihan furnitur juga berpengaruh, pilih furnitur berukuran kecil dan ramping. Sofa misalnya, cukup tambahkan sofa yang one seater atau two seater saja. Atau malah mungkin tidak usah menggunakan sofa, tapi gunakan banquet seating. Banquet seating ini bagian bawahnya dapat dibuka untuk tempat penyimpanan. Jadi bisa dikombinasikan antara furnitur dan storage, selain banquet seating, bisa juga pada tempat tidur, tambahkan laci di bagian bawah.

Sayangnya Anda tidak menyebutkan luas ruangan, jika ruangan cukup luas dan Anda ingin memisahkan seating area dengan bed room, sebaiknya gunakan furnitur sebagai partisi. Furnitur dalam bentuk rak misalnya. Lalu Anda juga dapat menggunakan rak tersebut untuk menyimpan buku-buku maupun barang-barang lain.

Untuk equipment juga dipilih yang sesuai dengan kebutuhan saja. Misalnya untuk kulkas, tidak perlu yang terlalu besar cukup untuk kapasitas dua orang. Selain itu biasanya setiap apartemen tersedia jasa laundry, gunakan jasa laundry tersebut, sehingga Anda tidak perlu menambahkan mesin cuci.

Untuk apartemen tipe studio memang sebaiknya menggunakan furnitur yang dibuat secara khusus sehingga penggunaan area dapat lebih maksimal dan disesuaikan dengan ruangan yang ada.  Namun jika tidak, Anda tetap dapat memaksimalkan berbagai furnitur dengan pemilihan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu menciptakan suasana apartemen yang nyaman dan menyenangkan untuk Anda dan Istri.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn