#AskRuparupacom : Kamar Tidur Dengan Kamar Mandi Dalam

Tanya:

Halo Pak Glenn,

Saya berencana membangun rumah dalam waktu dekat. Saat ini sedang menggarap konsep rumah yang diinginkan. Saya ingin membuat kamar mandi di dalam kamar tidur utama. Mengingat ukuran tanah yang tidak terlalu luas, bagaimana agar kamar tidur tampak lebih luas dan tidak terganggu dengan keberadaan kamar mandi.

Salam,

Sigit – Balikpapan

Jawab:

Hai Pak Sigit.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat agar kamar tidur tampak lebih luas meskipun dengan kamar mandi di dalamnya. Salah satunya dengan menggunakan kaca sebagai dinding kamar mandi.

Biasanya kamar mandi dengan model seperti ini cukup digemari oleh pasangan muda, kamar mandi ini umumnya juga diterapkan di hotel-hotel low budget. Dengan dinding kaca, efek yang dihasilkan cukup bagus, karena kedua ruangan, baik kamar tidur dan kamar mandi, akan tampak lebih luas. Jika Anda merasa terganggu dengan kaca tembus pandang, Anda dapat menambahkan sticker sandblast. Atau bisa juga dengan menggunakan kaca sebagai dinding di satu sisi saja.

Saat mendesain ruangan dengan kamar mandi dalam, perlu diperhatikan arah pintu kamar mandi tersebut. Pastikan arah pintu kamar mandi tidak langsung berhadapan dengan posisi tempat tidur. Selain untuk menjaga privasi, secara visual juga kurang sedap di pandang, baik dari sisi tempat tidur maupun sebaliknya.

Untuk kamar mandi yang berada di dalam kamar, pastikan sirkulasi udaranya tetap terjamin dengan ventilasi yang mengarah ke luar sehingga udara dapat terus berputar. Selain itu Anda juga dapat menambahkan exhaust fan agar aroma tak sedap tidak masuk ke dalam kamar tidur. Dengan exhaust fan dan ventilasi yang cukup, maka udara lembab dari kamar mandi tidak masuk ke kamar tidur sehingga mampu meminimalisir masuknya kuman penyakit yang mungkin bersarang di kamar mandi.

Atau jika areanya memungkinkan, Anda dapat menambahkan walk in closet untuk menghubungkan antara ruang tidur dengan kamar mandi. Cara ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memberikan ruang yang lebih privasi baik di ruang tidur maupun kamar mandi.

Demikian saran dari saya, semoga dapat membantu mewujudkan rumah yang nyaman dan memberikan inspirasi seluruh anggota keluarga.


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here