Dewasa ini, apartemen semakin menjadi primadona dalam pilihan pembelian hunian di kota besar. Sebab, harga unitnya masih relatif lebih murah daripada rumah tapak. Lokasi yang umumnya dekat dengan pusat kota dan iming-iming penghematan ongkos perjalanan yang akan Anda dapatkan, menjadi faktor penting yang biasanya dipertimbangkan saat memilih vertical housing ini sebagai rumah atau apartemen pertama. Sehingga tidak sedikit muncul keberadaan para penghuni baru yang rata-rata belum memiliki pengalaman untuk tinggal di hunian bertingkat.

Oiya, pengertian apartemen di sini juga mencakup rumah susun loh. Menurut undang-undang, definisi apartemen adalah rumah susun komersial.

Untuk itu, kami telah merangkum 10 hal penting yang wajib diketahui untuk apartemen pertama Anda. Inilah daftarnya:

1. Registrasikan Penghuni Apartemen Anda

Pentingnya ketersediaan informasi penghuni dibutuhkan pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti: Pencurian, kebakaran, maupun keadaan force majeure lainnya. Cari tahu juga peraturan bagi penghuni, agar Anda tidak dicap sebagai pengganggu di tower yang Anda tinggali.

2. Membuat Daftar Jatuh Tempo Pembayaran Biaya Bulanan Penghuni

Inilah 5 komponen biaya yang wajib dibayarkan oleh seluruh penghuni apartemen:
Maintenance (Iuran pengelolaan)
Biaya pemeliharaan apartemen, seperti: Kebersihan, keamanan, dll, termasuk gaji pengelola. Berkisar Rp 10.000-15.000,- / m2 .
Sinking fund (Iuran dana cadangan)
Biaya perawatan gedung dan area umum, berkisar 10%-15% dari iuran pengelolaan.
– Biaya air & listrik
Tarif dasar listrik apartemen ditetapkan lebih tinggi daripada rumah tapak, karena termasuk bangunan komersial. Ketahui rincian biaya ini dari kantor administrasi atau pengelola.
– Biaya parkir
Setiap apartemen mungkin menetapkan biaya parkir yang berbeda-beda yang akan ditarik setiap bulan atau per enam bulan.
Fitting out (Biaya renovasi & dekorasi)
Biaya ini dibayarkan hanya pada saat penghuni berniat memasang produk tambahan pada unit apartemen yang dibeli, misalnya: kitchen set, pengecatan dinding, cermin dekorasi, dll.

3. Mengetahui loading time

Hal ini dimaksudkan agar penghuni unit yang bersebelahan tidak merasa terganggu dengan kegiatan pindahan atau renovasi dan dekorasi yang sedang berjalan di unit Anda. Biasanya loading time apartemen adalah pada pukul 09.00-15.00.

4. Tidak memelihara hewan peliharaan

Ya, ini adalah aturan dasar di setiap apartemen. Jadi, siapkan diri untuk meninggalkan hewan kesayangan Anda di rumah kerabat ya.

5. Tidak menyimpan barang di koridor

Alasannya sederhana, karena koridor apartemen adalah jalur milik bersama. Jalur ini akan sangat berguna apabila terjadi kebakaran atau force majeure yang mengharuskan evakuasi penghuni.

6. Menyampaikan keluhan dan saran pada Tenant Relations

Hal ini bermanfaat agar Anda dapat memantau sejauh mana keluhan dan saran ditindak lanjuti oleh pihak pengelola.

7. Mengetahui letak sistem proteksi kebakaran dalam unit

Beberapa alat yang biasanya disiapkan di setiap unit apartemen, diantaranya: Smoke detector, sprinkler, heat detector, serta speaker dan fire extinguisher di koridor lantai. Ketahui letak dan cara kerja alat-alat tersebut, sehingga dalam keadaan darurat Anda dapat memaksimalkan manfaat alat ini segera.

8. Membatasi penggunaan kartu akses unit Anda

Kartu akses Anda bagaikan sebuah kunci rumah. Jangan sekali-kali membiarkan penggunaan kartu akses unit tanpa pengawasan dan pengetahuan Anda. Anda tidak mau bukan, apartemen pertama Anda tiba-tiba dimasuki pencuri atau bahkan menjadi target operasi polisi?

9. Mengetahui fasilitas umum lainnya

Fasilitas umum seperti kolam renang, taman, ruang serbaguna, dll adalah hak setiap pengguna. Cari tahu peraturan dasar penggunaan dan pemanfaatannya agar Anda merasa nyaman tinggal disana.

10. Mengisi apartemen dengan interior yang nyaman

Masih bingung dengan apa saja yang harus dibeli untuk pindahan? Tak usah khawatir, karena kami sudah menyiapkan halaman Your First Apartment Checklist. Lihat dan temukan rangakaian furnitur, kebutuhan kamar mandi & dapur minimalis, serta elektronik rumah tangga berkualitas dari berbagai brand ternama seprti Informa dan Krisbow. Jangan takut repot, karena di Ruparupa, Anda bisa belanja online dengan berbagai fasilitas pembayaran seperti cicilan 0% dan gratis pengiriman sampai ke rumah untuk area JABODETABEK.

 

Nah, sekarang Anda sudah siap menjadi penghuni yang smart. Selamat menikmati unit baru Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here