Ini Perbedaan Jus dan Smoothies yang Sering Tertukar

0
4949
perbedaan jus dan smoothies
Sumber: Pixabay.com

Halo Ruppers, tentunya kamu sudah tidak asing dengan jus dan smoothies, bukan? Keduanya termasuk minuman sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dengan kesegaran yang ditawarkan, keduanya juga menjadi minuman menjadi favorit masyarakat di Indonesia yang beriklim tropis. Sekilas, jus dan smoothies terlihat memiliki tekstur yang sama.

Ruparupa Banner

Ternyata, kedua minuman ini berbeda, lho, Ruppers, meski sama-sama terbuat dari bahan buah dan sayuran.

Apa Bedanya Jus dan Smoothies?

Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah perbedaan dari jus dan smoothies, serta khasiatnya. Apa saja itu? Simak berikut ini. 

Tekstur dan Cara Buat

Jus memiliki tekstur yang cair karena berasal dari sari-sari buah dan sayur yang disaring. Umumnya, jus dibuat dengan menggunakan juicer atau blenderCara membuat jus pun cukup sederhana dan praktis karena tidak memakai campuran bahan lainnya.

Sedangkan smoothies, memiliki tekstur lebih kental karena tetap menyertakan ampas dari buah dan sayur yang telah dilumatkan. Biasanya, smoothies disajikan dengan mencampurkan bahan lain, seperti susu dan madu.

Baca Juga:   Resep Susu Almond Kurma Praktis Buat Takjil Buka Puasa
perbedaan jus dan smoothies
Sumber: Unsplash.com

Kandungan Nutrisi

Karena smoothies menggunakan berbagai bahan lain sebagai campurannya, maka minuman ini tentu memiliki kandungan kalori lebih tinggi daripada jus, yang hanya berisi sari buah dan sayur.

Smoothies juga memiliki kandungan protein lebih banyak karena adanya bahan tambahan, seperti susu dan yogurt.

Meski begitu, baik smoothies dan jus, tetap memiliki kandungan serat yang tinggi. Biasanya, minuman smoothies yang dicampurkan dengan oats dan biji-bijian. Inilah yang  akan memberikan lebih banyak serat ke dalam tubuh. 

Sedangkan jus memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari buah dan sayuran, tanpa ada campuran lainya.

Jadinya, kedua minuman ini memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung pada kebutuhan nutrisi tubuh kamu.

Manfaat bagi Tubuh

Manfaat jus sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan asupan nutrisi. Soalnya, jus memiliki kandungan yang mudah terserap oleh tubuh.

Selain itu, konsumsi jus alami juga dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan menurunkan berat badan.  Tentunya, kamu harus mengonsumsinya bersama dengan makanan yang bergizi.

Sedangkan manfaat smoothies adalah bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan energi, terutama buat kamu yang sibuk. Minuman ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga:   11 Rekomendasi Slow Juicer dengan Teknologi Terbaik

Nah, agar jus dan smoothies dapat tercerna dengan baik oleh tubuh, ada baiknya kamu mengonsumsi kedua minuman ini pada pagi hari saat perut masih kosong, sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum makan.

Usahakan juga untuk segera meminum jus dan smoothies setelah kamu membuatnya. Jadinya, kesegarannya minuman ini pun akan langsung terasa.

jus pagi hari
Sumber: Unsplash

Nah, itu dia perbedaan jus dan smoothies yang perlu kamu tahu. Meski berbeda, keduanya tetap memiliki rasa yang segar dan nikmat sehingga kamu bisa membuatnya kapan pun.

Terlebih, sekarang kamu dapat membuat berbagai resep jus dan smoothies dengan mudah di rumah menggunakan Hurom Slow Juicer, seperti  berikut ini.

slow juicer hurom
Hurom Slow Juicer Black H-200 – Hitam 
Penuhi kebutuhan nutrisi kamu dengan jus dan smoothies menggunakan slow juicer secara efisien.

Beli di sini

hurom slow juicer
Hurom Slow Juicer H-101 – Merah
Jaga kealamian nutrisi dari buah dan sayur dengan menggunakan Hurom slow juicer.

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan Hurom Slow Juicer ini hanya melalui Ruparupa.com, lho. Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan lainnya.

Yuk, perbanyak minum minuman sehat!