Apakah Bayi Harus Mandi Setiap Hari? Ini Jawabannya!

0
1902
Sumber: Unsplash.com

Bayi yang baru lahir, tentu masih memiliki kulit yang sensitif. Untuk itulah, kita tidak bisa sembarangan memandikan bayi. Apalagi, tidak semua bayi suka dimandikan. Inilah yang menimbulkan pertanyaan, apakah bayi perlu mandi setiap hari?

Sebenarnya, memandikan bayi harus disesuaikan dengan usianya. Bila bayi baru lahir sampai mereka belum bisa merangkak, maka kita tidak perlu memandikannya setiap hari. Terlalu sering memandikannya, justru akan membuat kulitnya kering.

Ruparupa Banner

Melansir dari Mayo Clinic, biasanya memandikan bayi 3-4 kali seminggu sampai umurnya satu tahun, sudah cukup menjaga kebersihan bayi.

Hal yang paling penting adalah pastikan membersihkan bayi saat mengganti popok dan ketika bajunya cukup kotor. Selain itu, kamu juga perlu  membersihkan wajah, leher, dan area popok.

Lalu, di sela-sela mandi, Anda juga bisa memeriksa lipatan bayi, termasuk paha, selangkangan, ketiak, dan dagu. Pastikan kamu membersihkannya dengan waslap basah.

Seberapa Sering Bayi Harus Mandi?

Memandikan bayi  memang tidak perlu setiap hari. Agar lebih mudah mengetahui kapan harus sering memandikan bayi, simak berikut ini

1. Bayi berusia 0-3 bulan

Sumber: Unsplash.com

Saat bayi berusia 0-3 bulan, kita tidak perlu memandikannya terlalu sering. Cukup bersihkan bayi 2-3 kali dalam seminggu. Namun, hindari memandikan bayi dengan cara merendamnya.

Kamu bisa membersihkannya memakai washlap yang sudah direndam dengan air hangat. Selain itu, cukup bersihkan selama 5-10 menit, terutama bila bayi kamu memiliki kulit kering dan sensitif.

2. Bayi berusia 3-6 Bulan

Sumber: Unsplash.com

Seiiring tumbuh kembang bayi, kamu bisa mengubah rutinitas mandinya. Pada usia 3-6 bulan, bayi masih cukup dimandikan 1 atau 2 kali seminggu. Namun, jika si kecil ternyata suka bermain air, mungkin kamu bisa memandikannya lebih sering.

Baca Juga:   7 Ide Seru Bermain Play-Doh Bersama Anak

Banyak orang tua yang memanfaatkan waktu mengganti popok dan pakaian untuk memandikan bayi. Hal tersebut dilakukan agar semua bagian tubuh bayi tetap bersih.

Tipsnya, jika kamu memandikan bayi lebih dari 2 kali dalam seminggu, hindari terlalu sering memakai sabun karena berisiko membuat kulit bayi kering.

Selain itu, setelah membersihkan bayi, kamu bisa langsung mengoleskan pelembab khusus bayi, yang bebas pewangi dan pewarna untuk kulit si kecil.

3. Bayi berusia 6-12 Bulan

Sumber: Unsplash.com

Saat bayi sudah bisa mulai menggerakkan tubuhnya sendiri dan mengonsumsi makanan yang lebih padat, kamu bisa memandikannya lebih sering.

Apalagi, di usia ini, mandi menjadi hal yang menyenangkan buat bayi, terutama sebelum mereka tidur. Kamu bisa mengajaknya mandi sembari bermain air di dalam bak mandi, kemudian kamu bilas.

Bagaimana Cara Memandikan Bayi?

Peralatan mandi bayi

Setiap orang tua yang baru memiliki bayi, tentu perlu belajar untuk memandikan bayi. Apalagi, kulit bayi masih cukup sensitif. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah hindari memandikan bayi setelah menyusui dan makan supaya mereka tidak muntah.

Selain itu, pastikan kamu selalu menyiapkan beberapa perlengkapan ini sebelum memandikan bayi.

  • Bak mandi khusus dan gayung  untuk memandikan bayi
  • Kain berbahan lembut atau washlap
  • Handuk dan alas ganti
  • Pakaian dan popok pengganti
  • Permukaan datar, seperti tempat tidur dan sofa.

Langkah Memandikan Bayi

Nah, berikut ini langkah-langkah memandikan bayi di dalam bak mandi khusus bayi yang bisa kamu lakukan.

  1. Isi bak mandi dengan air hangat dengan suhu sekitar 32 derajat celsius. Bila bayi sudah cukup besar, kamu bisa mendudukannya di dalam bak mandi, lalu biarkan bayi bermain air. Sementara itu, kamu bisa sembari memandikannya dengan air dan sabun khusus bayi yang lembut.
  2. Pastikan kamu menopang kepala bayi agar posisinya tetap berada di atas permukaan air.
  3. Kamu bisa membersihkan dari kelopak matanya dengan kapas atau kain katu lembut, yang telah dicelupkan di air hangat. Lalu, bersihkan hidung, telinga, dan wajah.
  4. Jika ingin menggunakan sabun bayi, cukup tuang sedikit saja dan usapkan secara perlahan. Kamu hanya perlu membersihkan bagian telinga, leher, dan kelamin bayi
  5. Lalu, guyur kepala dan seluruh tubuh bayi dengan gayung. Bila sudah, angkat bayi secara perlahan dari bak mandi.
  6. Kamu bisa mengunakan handuk kecil untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat.
  7. Letakkan bayi di atas permukaan datar, yang sudah kamu alaskan dengan handuk atau kain
  8. Lalu, keringkan setiap bagian tubuh bayi secara perlahan-lahan.
Baca Juga:   7 Ide Permainan Nerf yang Seru, Indoor dan Outdoor

Bila bayi sudah berusia di atas 1 bulan, kamu bisa memberikan pelembap dan minyak bayi agar kulitnya tetap lembap.

Itu dia cara membersihkan bayi yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu memiliki peralatan mandi untuk bayi dengan lengkap agar lebih memudahkan kamu saat memandikannya.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari bak mandi bayi, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Selain bak mandi bayi, kamu juga bisa menemukan berbagai perabot rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa rekomendsai bak mandi bayi berkualitas yang bisa kamu gunakan.

Babyloo Bak Mandi Bayi – Kuning. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

 

Babyloo Bak Mandi Bayi Dengan Indikator Suhu – Biru. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Bak mandi bayi ini sudah dilengkapi anti slip sehingga bisa mengurangi risiko bayi tergelincir saat mandi. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini