5 Makanan Tinggi Serat Untuk Anak 1-3 Tahun

0
764
Sumber: Unsplash.com

Makanan tinggi serat sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Kebutuhan serat yang tercukupi bisa membantu menurunkan gula darah dan mencegah risiko anak terkena sembelit.

Selain itu, konsumsi serat juga bisa amembuat anak kenyang dalam waktu yang lebih lama dan dapat mengurangi kolesterol dini.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, sebaiknya kita memenuhi kebutuhan serat pada anak melalui buah dan sayur. Menurut para ahli, anak berusia 1-3 tahun setidaknya butuh 14 gram serat setiap harinya.

Jenis Makanan Tinggi Serat Untuk Anak

Lalu, apa saja sebenarnya makanan yang tinggi serat dan baik untuk anak? Simak berikut ini.

1. Buah Beri

Hampir semua jenis buah beri menawarkan serat yang tinggi. Biasanya, buah rasberi memiliki kadar serat paling tinggi daripada jenis beri lainnya, seperti stroberi dan blueberry.

Untuk menarik perhatian anak, kamu bisa menyajikan yoghurt yang dipadukan dengan taburan buah beri warna warni di atasnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat  smoothie buah beri agar anak semakin suka mengonsumsinya.

Apalagi, cara membuat smoothie cukup mudah. Cukup blender buah beri yang ingin kamu buat dengan sayuran sampai halus. Misalnya, buah stoberi dengan pisang dan zucchini . Lalu, sajikan dengan topping seperti granola di bagian atas smoothie. 

Sumber: Unsplash.com

2. Oatmeal

Oatmeal cocok dijadikan sarapan untuk anak-anak. Selain mengenyangkan, oatmeal juga mengandung banyak fiber atau serat yang baik untuk pencernaan si kecil. Umumnya, ada sekitar 4 gram serat dalam 201 gram oatmeal.

Kamu bisa menyajikan oatmeal dengan campuran maple syrup, apel, pisang, kismis, dan bahan lainnya, yang disukai oleh anak-anak.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Playmat Bayi yang Aman

Cara membuat oatmeal cukup mudah dan praktis. Cukup tambahkan air panas  ke mangkuk yang berisi oatmeal siap saja. Lalu, diamkan beberapa menit sampai menjadi kental.

Selain itu, kamu juga bisa memasak oatmeal dengan campuran susu selama 1-2 menit di atas panci atau ke dalam microwave.

Sumber: Unsplash.com

 

3. Apel

Buah apel terkenal kaya nutrisi dan serat. Dalam satu apel kecil, biasanya terdapat kurang lebih 3,6 gram serat.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat anak, kamu bisa memberikannya satu buah apel secara rutin. Agar terasa lebih nikmat, tambahkan selai kacang di atas potongan apel. Dijamin, mereka tidak akan menolak camilan satu ini.

Selain itu, kamu pun bisa membuat jus apel yang segar. Padukan dengan wortel agar khasiat vitamin dan nutrisi yang diperoleh anak semakin besar.

Kamu bisa memakai slow juicer yang langsung memisahkan kulit dan ampas buah dari sarinya. Jadinya, jus pun akan terasa lebih nikmat.

Sumber: Unsplash.com

4. Pisang

Pisang bisa dijadikan menu sarapan dan snack sehat untuk anak. Apalagi, dalam satu buah pisang berukuran sedang terdapat sekitar 3,1 gram serat.

Agar terasa lebih lezat dan bisa membuat anak kenyang, kamu bisa memadukan pisang dengan selai kacang dan roti panggang.

Baca Juga:   Rekomendasi Kebutuhan Peralatan Makan Bayi 6 Bulan

Selain itu, kamu juga bisa membuat banana bread agar rasanya semakin nikmat. Kamu bisa melihat resepnya di sini. 

Sumber: Unsplash.com

5. Pir

Buah satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam satu pir ukuran sedang, terdapat setidaknya 5,5 gram serat.

Untuk membuat anak semakin menikmati buah pir, kamu bisa memotongnya kecil-kecil. Selain itu, kamu bisa membuat jus pir yang segar dengan mencampurkan buah alpukat dan pisang.

Kamu dapat menyajikan pir secara langsung dengan potongan kecil-kecil atau dijadikan jus buah segar.

Selain itu, kamu juga bisa membuat pir panggang. Caranya cukup mudah. Cuci dan keringkan buah pir, lalu kupas kulitnya dan potong menjadi beberapa irisan.

Setelah itu, campur pir dengan mentega cari atau minyak dan kayu manis. Letakan di loyang panganggan dan sebar merata.

Lalu, masukkan ke dalam oven untuk dipanggang selama kurang lebih 30 menit. Pastikan selalu memeriksa oven karena waktu memanggang pir berbeda-beda. Bila sudah jadi, kamu bisa menyajikan pir panggang dengan oatmeal dan yoghurt.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia makanan kaya serat yang pasti disukai anak. Agar waktu makan anak lebih menyenangkan, gunakan peralatan makan yang berwarna-warni dan lucu.

Nah, kami menemukan piring dan sendok makan dengan gambar lucu dan warna warni dari Toys Kingdom hanya di Ruparupa.com, seperti beberapa produk berikut.

Piring makan anak lucu ini didesain khusus untuk memudahkan anak belajar makan sendiri. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Set alat makan dari Edison Mama ini memudahkan anak untuk belajar makan sendiri. Ujung garpu dibuat sedikit melengkung untuk memudahkan anak makan mie. Warnanya yang cerah juga menarik perhatian anak. Beli di Ruparupa,com.

Beli di sini

Set alat makan ini dilengkapi kotak penyimpanan yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini