Rasa sakit pada punggung bagian bawah, di salah satu sisi pinggang atau keduanya merupakan salah satu gejala low back pain yang tidak boleh diremehkan.

Banyak faktor yang menyebabkan sakit pinggang, salah satunya adalah karena terjadinya cedera otot atau sendi pada area pinggang. Beberapa penyebabnya sendiri adalah karena gangguan organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang. Selain itu alasan lainnya karena Anda suka mengangkat benda berbobot berat, hingga posisi duduk yang terlalu lama atau salah. 

Promo hari ini

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasinya?

Namun sebelum membahas lebih dalam, mari cari tahu gejala dari sakit pinggang terlebih dahulu. Agar Anda dapat lebih mudah mendeteksi dan mengatasinya dengan cepat.

Kenali Gejala Sakit Pinggang 

Cara mengatasi sakit pinggang
Source: Unsplash

Dilansir dari situs kesehatan yang sudah terakreditasi, maka jika dilihat lebih jauh ada beberapa gejala penderita sakit pinggang yang dapat dialami, dan berbeda-beda tergantung dengan penyebabnya

  1. Merasakan nyeri yang menjalar dari pinggang ke bokong hingga kaki.
  2. Pinggang seperti ditusuk, pegal dan kaku.
  3. Rasa sakit yang meningkat jika duduk terlalu lama atau saat malam hari.
  4. Ada bagian tubuh yang sulit digerakan akibat nyeri di pinggang
  5. Sakit kadang memburuk di malam hari atau saat duduk terlalu lama.
  6. Pinggang merasa sakit jika mengangkat benda berat, berjalan dan membungkuk. 
  7. Mati rasa atau tungkai lemas pada letak saraf yang terjepit.

Pada umumnya rasa sakit yang dialami hanya berlangsung dalam beberapa hari saja atau dalam hitungan minggu, namun untuk beberapa kasus ada yang merasakan lebih dari tiga bulan. 

Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Efektif

Rajin Beraktivitas 

Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengurangi sakit pinggang adalah dengan melakukan olahraga secara rutin minimal 20 menit per/hari. Jangan memaksakan diri pada tahap awal, yang penting biasakan badan terlebih dahulu pada minggu pertama, setelah itu di minggu kedua barulah memulai olahraga yang intens. 

Berbagai jenis olahraga dapat Anda lakukan, mulai dari yang ringan seperti yoga, berenang, atau pilates hingga bersepeda. Namun jika nantinya sudah terbiasa maka kombinasikan dengan jenis olahraga yang lebih berat. Perlu diingat untuk jenis olahraga ini hanya boleh dilakukan 2 hari sekali.Β 

Dengan cara ini Anda bukan saja dapat mengatasi sakit pinggang, akan tetapi juga membuat badan lebih sehat dan menghilangkan lemak membandel dalam tubuh. Serta membantu menguatkan otot pinggang. 

Mengurangi Mengangkat beban 

Faktor lainnya yang menyebabkan mengapa Anda bisa mengalami low back pain adalah kebiasaan mengangkat beban yang berlebihan. Hindari mengangkat beban yang berlebihan, terutama jika sudah melebihi kapasitas yang dianjurkan.

Selain itu perhatikan posisi mengangkat beban yang benar. Mulailah dengan posisi jongkok terlebih dahulu, dan bukan membungkuk. Jadi jika memiliki permasalahan ini cobalah untuk meminta bantuan orang lain, atau menggunakan bantuan media.

Jaga Berat Badan yang Ideal

Untuk mencegah tekanan berlebih pada tulang belakang, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dengan porsi yang secukupnya. Bahkan sekalipun ketika menyantap makanan kesukaan Anda. Karena tanpa disadari berat badan berlebih menjadi salah satu pemicu rasa nyeri, yang dimana sering diabaikan oleh kebanyakan orang. 

Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin

Penyebab lainnya mengapa Anda terus merasakan nyeri pada bagian pinggang, mungkin saja karena kurangnya asupan makanan sehat yang kaya akan kalsium serta vitamin D, yang membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Beberapa jenis makanan alami yang mengandung kalsium dan vitamin D misalnya telur, almond, yoghurt, susu, dan brokoli

Duduk Dalam Jangka Waktu yang Lama

Bagi orang yang bekerja di balik meja tentunya sudah biasa jika mereka kurang bergerak dan duduk seharian. Namun ternyata hal ini menjadi penyebab sakit pinggang yang harus dihindari. Hal ini terjadi karena saat duduk bagian tulang panggul menopang seluruh beban tubuh bagian atas. 

Sehingga cobalah untuk sesekali berdiri, dan menggunakan kursi yang memang baik jika digunakan berlama-lama seperti kursi Ergohuman. Merupakan brand yang memproduksi rangkaian kursi kantor yang menerapkan teknologi ergonomis untuk kenyamanan dan kesehatan penggunanya.

Kursi Kantor

Dibuat menggunakan material yang berkualitas dengan taraf internasional dalam proses pembuatannya, serta lulus uji coba standarisasi internasional “BIFMA.”Selain memiliki kemampuan untuk menopang tubuh secara maksimal, kursi kantor dari Ergohuman memiliki rangka yang kuat serta felksibel sehingga memudahkan pergerakan. 

Baca Juga: Alasan Ergohuman Sebagai Kursi kantor Andalan

Itulah cara mengatasi sakit pinggang yang efektif dan kami anjurkan untuk mulai peduli kesehatan Anda sejak dini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan lupa untuk melengkapi furnitur kantor Anda hanya di Ruparupa. Karena kami mengerti kebutuhan Anda.

Dapatkan juga berbagai insipirasi hunian ideal, ruangan yang nyaman melalui blog kami.

Promo sepeda